Langsung ke konten utama

16 Jenis, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Urtikaria atau Biduran.

Penyebab dan Gejala Urtikaria atau Biduran - Urtikaria adalah istilah dari penyakit biduran pada kulit. Penyakit ini merupakan reaksi kulit yang ditandai munculnya bilur kemerahan ataupun putih yang rasanya gatal. Kemunculan bilur bisa hanya sebagian badan namun kadang bisa menyebar ke seluruh tubuh. Tentunya banyak yang penasaran apa sebenarnya penyebab dan gejala.


Jenis, Penyebab dan Gejala Urtikaria atau Biduran.


Biduran bisa menyerang bagian wajah, tenggorokan, daun telinga, bahkan. Ruam-ruam ini kadang hilang dan muncul kembali dan berlangsung berhari-hari. Sebelum membahas tentang penyebab dan gejala urtikaria/biduran, penting juga diketahui macam-macam jenis urtikaria.

1. Urtikaria akut


Urtikaria jenis ini terjadi dalam masa kurang dari 6 minggu. Dengan gejala dan ciri yang sama dengan biduran lainnya, jenis ini hanya beda dalam hal lamanya biduran.

2. Urtikaria kronis


Jenis ini termasuk jarang terjadi. Urtikaria kronis adalah biduran yang berlangsung lebih dari 6 minggi. Penyakit biasanya sering kambuh selama beberapa bulan bahkan kadang sampai beberapa tahun.

3. Urtikaria fisik


Urtikaria fisik merupakan reaksi alergi akibat stimulasi fisik yang bersinggungan langsung dengan kulit. Misalnya ketika dalam suhu dingin, sinar matahari, terkenan tekanan suatu benda, bahkan hanya karena keringat.

4. Urtikaria dermatografisme


Biduran jenis ini terjadi akibat menggaruk kulit berlebihan. Sehingga kulit menampakkan reaksi alergi.

Baca Juga : 15 Obat Herbal Biduran Alami Paling Ampuh


Penyebab Urtikariab :


Ada beberapa hal yang menjadi penyebab urtikaria dan sebagiannya bisa memperparah kondisi biduran yang sedang diderita. Penyebab itu adalah:

1. Infeksi


Penyebab pertama biduran atau urtikaria adalah terjadinay infeksi kulit. Karena itu bagi orang yang sedang mengalami infeksi kulit, sebaiknya rajin menhaga kebersihan kulitnya, terutama bagian yang terinfeksi.

2. Alergi udara panas atau dingin


Paparan suhu panas ataupun dingin juga berpotensi menjadi penyebab urtikaria. Hal ini sering terjadi pada orang yang memiliki kulit sensitif atau orang yang memang alergi terhadap udara dingin atau panas. Kulit yang tak mampu menahan panas atau dingin akhirnya menunjukkan reaksi alergi berupa biduran.

3. Akibat konsumsi obat-obatan tertentu


Beberapa jenis obat antibiotik dan obat anti inflamasi non steroid ternyata juga menjadi pemicu timbulnya urtikaria. Karena itu konsumsi terhadap obat-obat jenis ini haruslah dengan resep dokter. Selain itu hindarilah sering mengonsumsi obat jenis ini atau menggunakannya dalam jangka panjang. Karena efeknya tentu kurang baik dan kadang bisa menjadi pemicu munculnya urtikaria.

4. Kontak dengan penyebab alergi


Terdapat banyak perkara yang menjadi penyebab munculnya biduran ketika kulit kita bersentuhan langsung dengannya. Pemicu biduran pun bisa berasal dari gigitan serangga.

5. Melakukan pemicu yang memperparah urtikaria


Selain penyebab utama urtikaria yang harus dihindari, ada beberapa pemicu urtikaria ataupun semakin parah. Yang harus dihindari dan merupakan penyebab urtikaria semakin parah misalnya minuman keras yang beralkohol, minuman yang mengandung kafein dan suhu yang panas.

6. Makan makanan tertentu


Beberapa jenis makanan seperti makanan laut, anakan tawon dan beberapa jenis makanan tradisional ada yang menjadi penyebab atau pemicu biduran.

Baca Juga : Cara Efektif Mengobati Biduran Agar Cepat Sembuh


Gejala Urtikaria atau Biduran :


1. Gatal-gatal kulit


Gejala paling umum saat seseorang terkena biduran adalah rasa gatal dan ruam kemerahan. Ketika ruam yang gatal itu digaruk justru menjadi lebih parah. Karena itu hindarilah menggaruk-garuk kulit yang sedang biduran agar tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya ataupun menulari ke anggota keluarga Anda.

2. Kulit kemerahan


Selain rasa gatal yang sangat, urtikaria juga ditandai dengan munculnya kemarahan pada kulit. Kadang warnanya agak keputihan. Kulit yang telah berwarna merah keputih-putihan tersebut merupakan gejala awal yang akan diikuti rasa gatal.

3. Terdapat ruam pada kulit


Ruam yang muncul pada kulit juga salah satu gejala urtikaria. Ruam yang gatal dan berwarna merah itu kadang hilang dengan sendirinya.

4. Rasa gatal, perih dan menyengat


Jika tidak segera diobati, urtikari bisa berubah menjadi semakin parah. Rasanya bukan gatal lagi tetapi perih dan menyengat.

Beberapa jenis, penyebab dan juga gejala biduran diatas dapat anda pelajari sebagi pedoman ketika terkena penyakit tersebut. Intinya yaitu anda harus menjaga kulit agar tetap sehat agar terhindar dari penyakit kulit.