Langsung ke konten utama

10 Penyebab Telinga Berdengung yang Menyerang Tubuh

Telinga merupakan salah satu indera tubuh yang juga sering mengalami beberapa gangguan kesehatan, terutama rasa berdengung yang membuat tubuh Anda sakit. Ada banyak penyebab telinga berdengung yang Anda rasakan namun para ahli kesehatan menyebutkan bahwa gejala ini bisa diakibatkan oleh banyaknya suara yang datang ke telinga Anda.

Beberapa orang mungkin sering merasakan telinga berdengung yang tidak lama, sehari atau dua hari saja. Namun pada kasus yang lebih parah, telinga berdengung bisa sangat mengganggu kegiatan sehari-hari dan terasa sangat sakit. Nah, hal ini perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut karena bisa jadi merupakan gejala awal dari suatu penyakit yang akan menyerang indera pendengaran Anda.

10 Penyebab Telinga Berdengung yang Menyerang Tubuh

Jika Anda mulai merasakan telinga berdengung akhir-akhir ini, mungkin beberapa ulasan di bawah ini bisa menjadi penyebabnya.

Penyebab Telinga Berdengung


1. Alergi


Salah satu penyebab telinga berdengung yang paling sering dialami yaitu karena alergi. Beberapa indera tubuh kita memang rentan terhadap gejala alergi, termasuk telinga. Telinga yang terkena gejala alergi akan berdengung dan terasa seperi ditusuk oleh jarum.

2. Stres


Penyebab telinga berdengung juga bisa dikarenakan oleh kondisi Anda yang mengalami stress. Stres sendiri tidak hanya mengganggu telinga saja, namun juga bagian di tubuh Anda. Sebisa mungkin hindarilah stress dengan melakukan pola hidup yang sehat.

3. Suara keras


Suara yang terlalu keras juga dapat membuat telinga Anda berdengung sakit. Hal ini terjadi karena gendang telinga menerima dentuman suara yang terlalu keras. Gendang telinga pun akan terasa sakit dan berdengung.

4. Gangguan syaraf


Banyak syaraf yang berkaitan dengan indera di tubuh kita, termasuk telinga. Jika Anda mengalami telinga yang berdengung, bisa jadi Anda terjangkit gangguan kesehatan pada bagian syaraf telinga. Hal ini perlu dicek lebih lanjut oleh dokter.

5. Penyakit meniere


Anda juga perlu berhati-hati terhadap penyakit meniere. Pasalnya penyakit ini merupakan jenis penyakit yang menyerang telinga bagian dalam. Dampaknya membuat telinga Anda berdengung dan terasa sangat sakit.

6. Konsumsi obat mengandung aspirin


Obat dengan kandungan aspirin yang cukup tinggi dengan konsumsi yang cukup sering bisa membuat telinga Anda berdengung. Kandungan aspirin dalam obat amat mempengaruhi kinerja syaraf di telinga Anda.

7. Diet ekstrim


Bagi Anda yang sedang menjalani diet ekstrim dan sering mengalami gangguan kesehatan pada bagian telinga sebaiknya menghentikan diet Anda segera. Penyebab telinga berdengung salah satunya adalah diet yang terlalu keras.

8. Sakit gigi


Syaraf gigi sangat berdekatan dan berkaitan dengan syaraf di bagian telinga. Jadi jika Anda sedang merasakan sakit gigi, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami sakit atau dengung pada telinga. Anda perlu menyembuhkan sakit gigi Anda terlebih dahulu jika ingin mengatasi telinga yang berdengung.

9. Darah tinggi


Siapa sangka jika telinga berdengung juga disebabkan oleh penyakit tekanan darah tinggi. Tak heran jika banyak orang yang mempunyai penyakit hipertensi akan lebih sering mengeluh tentang telinganya yang sakit dan juga berdengung.

10. Cedera


Beberapa akibat dari telinga berdengung juga bisa diakibatkan oleh telinga yang cedera. Hal ini mungkin dikarenakan karena telinga yang kotor atau Anda yang terlalu keras membersihkan telinga. Telinga bukanlah indera tubuh yang bisa Anda bersihkan setiap harinya. Anda cukup membersihkan bagian luar atau daun telinga saja dan beberapa kotoran yang terdapat di bagian dalam.

Jangan gunakan cotton bud untuk membersihkan telinga karena benda ini justru akan membuat kotoran di telinga Anda semakin masuk ke dalam. Anda bisa membersihkan telinga Anda cukup dengan air sedikit setiap Anda mandi dan mengeringkannya dengan tisu segera setelah dibersihkan.



Baca Juga: 11 Bahaya Fat Burner untuk Kesehatan Tubuh

Masih banyak penyebab telinga berdengung yang hanya bisa diketahui oleh ahli medis. Jika Anda mulai merasakan telinga berdengung dan tidak mengetahui penyebabnya, Anda sebaiknya mengunjungi dokter. Mengetahui penyebab suatu penyakit akan lebih baik dalam menentukan obat yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Anda pun akan terbebas dari gejala telinga berdengung dan bisa mencegah efek dari obat yang salah.