Langsung ke konten utama

15 Penyebab Sering Kentut Secara Berlebihan

Penyebab Sering Kentut - Kentut merupakan salah satu cara yang sangat alami ketika tubuh mengelurakan gas alami. Memang hal ini sudah di kenal sangat memalukan di depan umum karena sangatlah memalukan. Kondisi ini menandakan bahwa usus anda sehat dan struktur pencernaan bekerja dengan baik.

Penyebab Kentut, Kentut, penyakit Perut


Berbicara tentang penyebab sering kentut mungkin sudah banyak di alami oleh semua orang yang termasuk kita, berarti hal ini menandakan bahwa kadaan kita sedang sehat. Namun ketika terjadinya kentut ini secara berlebihan maka tentu saja ini bukan sesuatu yang di anggap bagus. Jika sudah berlebihan berarti tidak normal, sebaiknya anda mengetahi beberapa penyebab sering kentut berikut inilah penyebabnya.

1. Kanker


Penyebab sering kentut yang pertama bisa di sebabkan karena orang tersebut terserang oleh kanker usus besar. kebanyakan orang menganggap bahwa sering kentut adalah hal yang sangat wajar, tetapi hal ini jangan samapai di anggap enteng, pengeluaran angin yang secara terus menerus dengan jangka waktu yang pendek, ini bertanda adanya penyakit kanker di dalam tubuh.

2. Konstipasi


Konstipasi atau bisa juga di sebut dengan sembelit atau yang pada umumnya di namakan kesulitan ketika buang air besar. konstipasi ini dapat menyebabkan penghambatan, tetapi bagi anda yang  mengalami sembelit dapat di pastikan selalu mengeluarkan angin. Dengan adanya sering mengeluarkan gas angin dapat juga di sebabkan konstipasi.

3.  Naik pesawat


Mungkin anda termasuk orang yang pernah menaiki pesawat terbang, di pikiran anda pasti muncul ah masak penyebab sering kentut dapat di akibatkan karena naik trnasportasi udara alias pesawat. Maka dari itu, anda tak perlu heran bila sering kentut pada saat menaiki kendaraan umum semacam ini sebab hal tersbut banyak beranggapan normal.


4. Penuaan


Pasti  terdengar sangat aneh sekali dan tidak masuk akal menerut anda. Orang yang sering kentut di sebabkan karena bertambahnya faktor usia. Dengan adanya bertambah usia apabila tidak di imbangi dengan produksi air liur yang cukup banyak dan berbagai macam cairan lainya. Kemampuan bakteri untuk menjalankan peragian karbohidrat yang masuk di dalam usus dapat menjadi berlebihan.

5. Menelan udara


Salah satu penyebab sering kentut adalah menelan udara secara berlebihan, contoh sebagaiman orang yang melakukan olah raga pernafasan untuk menghilangkan terjadinya sesak nafas. Atau bisa juga di sebabkan karena mengkonsumsi makanan sambil ngobrol kebiasaan ini dapat memasukkan udara ke dalm perut. Jadi anda tak perlu heran kalau lebih sering kentut.


6. Minum bir


Minuman keras sangatlah berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh, pasti semua orang mengetahui hal ini, ternyata terlalu sering mengkonsumsi bir juga bisa menyebabkan seringnya kentut. Selain itu, bir memang sudah di kenal sebagai minuman yang dapat menimbulkan berbagai macam jenis penyakit kronis.

7. Jenis makanan tertentu


Makanan tertentu yang dimaksud adalah kacang-kacangan, plum, apel, kubis, kismis dan brokoli. Akibat mengkonsumsi makanan ini dapat membentuk gas pada saluran pencernaan di dalam tubuh yang di pengaruhi oleh jenis-jenis makanan ini. Sehingga setiap pengonsumsinya sering membuang angin.

8. Makan permen karet


Permen karet lebih sering di konsumsi oleh biragawan, sehingga kebiyasaan mengunyah permen tersebut akan menimbulkan banyak gas pada mulut, hal ini terjadi karena permen karet di buat dengan menggunakan bahan pemanis buatan yang dapat mempengaruhi seringnya kentut.

9. Pemasangan gigi palsu yang kurang tepat


Pemasangan gigi palsu yang kurang tepat bisa juga menimbulkan seringnya buang gas, pada saat anda memasang gigi palsu kurang pas, hal tersebut akan mengakibatkan udara terjebak pada bagian gigi. Dengan adanya kejadian ini udara yang anda telan bisa menjadikan sering buang angin yang di sebabkan udara masuk di dalam tubuh.

10. Menghisap ganja


Anda sudah tau sendiri bahwa ganja merupakan salah satu obat-obatan terlarang, efek samping dari ganja bisa mengganggu pada kesehatan tubuh bagi pengonsumsinya. Menghisap ganja mirip sekali seperti halnya mengunya permen karet, sehingga dapat menyebabkan anda sering kentut.

Baca Juga: 17 Penyebab dan Gejala Infeksi Usus

Penyebab Sering Kentut Secara Berlebihan Lainnya :


11. Anoreksia
12.Gelisah
13. Merokok
14. Pasca persalinan
15. Sistem pencernaan sulit mencerna nutrisi

Beberapa macam penyebab sering kentut diatas dapat anda atasi dengan cara mengatur pola makan agar tidak berlebihan. Jika anda merasa terganggu dengan kentut secara berlebihan maka segera bawa ke dokter untuk dapat memberikan solusi dan obat. Penyakit perut memang sering dialami oleh orang kapan saja.