Langsung ke konten utama

8 Penyebab Sakit Kepala Akut dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Kepala Akut - Sakit kepala akut merupakan salah satu suatu kondisi yang rasa sakitnya di dalam kepala yang munculnya secara tiba-tiba. Rasa sakit kepala dapat di sebabkan oleh perpindahan, penarikan, peradangan atau distensi dari struktur pada kepala dan leher yang sensitif terhadap rasa nyeri.  Sakit kepala pada umunya bersifat primer yang merupakan penyakit tanpa ada dasarnya seperti migrain, tension dan juga yang lainya.

sakit kepala akut


Berbicara tentang sakit kepala akut dapat menyerang  anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit ini bisa datang secara tiba-tiba kemudian mudah hilang dengan sendirinya, namun bisa juga datang terus menenerus yang sangat lama dan membuat semakin gawat. Berikut inilah salah satu penyebab sakit kepala akut yang dapat anda ketahui.

1. Sindrom kombinasi


Sindrom kombinasi merupakan salah satu sakit kepala gabungan, antara sakit kepala yang dapat di sebabkan oleh ketegangan dan migrain. Biasanya jenis sakit kepala seperti ini yang terkena adalah jaringan kepala yang dapat di akibatkan oleh penyumbatan aliran darah dan bisa juga pembuluh arteri sekeliling kepala yang muncul, yang disebabkan oleh stres dan emergensi otot kepada tubuh tercantum pada otot leher belakang.

2. Migrain abdominal


Selanjutnya sakit kepala migrain. Migrain dapat terjadi karena kurangnya tidur, stres dan bisa juga di sebabkan oleh kelelahan, hampir semua orang-orang terkena penyakit ini. Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala akibat sakit kepala akut, biasanya dapat ditandai dengan sakit kepala sebelah. Ketika penyakit ini memasuki keparahan maka akan menyebabkan sampai mual, kesulitan bicara, halusinasi, muntah dan yang lain.

3. Sakit kepala klaster


Pada saaat anda sakit kepala kemudian kepala anda seperti terbakar, di tusuk beberapa jarum, kemudian  merasakan berdenyut-denyut yang sangat sakit dengan jangka waktu cukup lama sehingga  mengalami kesulitan untuk konsentrasi, duduk dan membuat kalimat yang anda katakan tidak teratur, ini yang dinamakan sakit kepala klaster. Jika hal tersebut terjadi secara terus menerus maka akan menyebabkan sakit kepala akut.

4. Sindorm kombinasi


Sakit kepala migrain dan sakit kepala yang disebabkan ketegangan inilah yang dinamakan sindrom kombinasi atau bisa juga disebut sakit kepala gabungan. Hal ini di sebabkan karena adanya penyumbatan aliran darah dan pembuluh arteri di sekeliling kepala muncul yang di akibatkan oleh stres serta ketegangan otot di dalam tubuh, yang menyerang otot leher pada bagian belakang.

5. sakit kepala hormon


Sakit kepala hormon ini hanya di miiliki kaum hawa tidak pada laki-laki. Hal ini dapat terjadi pada saat seorang wanita mengalami haid atau sedang mengandung. Ketika seorang wanita sedang mengandung atau mengalami menstruasi maka hormon di dalam tubuhnya akan selalu berubah-ubah sehingga dapat mempengaruhi suasana hati mereka dan kemungkinan besar akan mengalami kestresan.

6. Sakit kepala sinus


Sakit kepala sinus merupakan salah satu jenis-jenis sakit kepala yang disertai rasa nyeri dan dapat menyerang ke area wajah seperti batang hidung, dahi dan bisa juga menjalar ke tulang pipi. Hal ini di sebabkan karena adanya infeksi di dalam tubuh yaitu jaringan sinus atau gangguan di dalam proses pernafasan.

7. Hemicrania continua


Hemicrania continua adalah dimana rasa sakit tersebut hanya sebelah, seperti halnya migrain. Namun, perbeda’anya ini berlangsung secara terus menerus disertai dengan naik turunya sakit pada kepala, kemudian mata mengeluarkan air dan memerah pada sisi yang terasa sakit, kelopak mata menurun serta pupil mata membesar karena kelelahan. Sakit kepala tersebut bisa semakin memburuk apabila muncul tanda-tanda seperti migrain.

8. Sakit kepala rebound


Terjadi munculnya penyakit ini dapat di sebabkan karena menggunakan obat pereda nyeri terlalu berlebihan. Jika anda sering menggunakan obat pereda nyeri secara terus menerus ataupun obat ergotamine untuk menghilangakan sakit kepala migrain dengan secara dratis, kemungkinan besar akan menyebabkan sakit kepala rebound.

Baca Juga : 24 Jenis Makanan Penyebab Sakit Kepala yang Terus Menerus


Sakit kepala secara terus menerus memang sangat menggangu aktifitas keseharian anda. Kenali dulu penyebanya agar anda tahu cara mengobati sakit kepala akut tersebut. Jika hal penyakit kepala ini terjadi pada anda dan tidak kuncung sembuh, segerelah untuk pergi kedokter demi kelangsungan hidup anda.