Langsung ke konten utama

21 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Diketahui

Perut sebagai bagian tubuh jelas sangat tampak dan berpengaruh pada keseharian dan tingkat kepercayaan diri. Keluhan mengenai perut buncit tidak hanya dirasakan pada seorang wanita saja, melainkan kaum adam juga merasakan hal sama.

Keadaan perut yang buncit akan memperburuk penampilan sehingga tingkat kepercayaan diripun juga menurun. Permasalahan ini jelas memiliki pemicu yang tanpa disadari sering dilakukan. Perut buncit tidak hanya merusak penampilan Anda, namun juga membahayakan kesehatan organ tubuh yang terletak di dalam perut.

21 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Diketahui

Berikut ini beberapa penyebab umum yang dapat mengakibatkan perut Anda buncit :

1. Ngemil


Kebiasaan ini memang sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Makanan ringan yang sangat bervarian dan beraneka rasa mampu mendorong seseorang memilki perut buncit. Apalagi, kebiasaan ini Anda lakukan pada malam hari. Keasikan ngemil sambil menonton tv bisa memperparah keadaan terwujudnya perut yang buncit ini. Kare tanpa sadar, lemak jenuh dalam makanan ringan tersuplai dan menumpuk pada perut Anda tanpa melakukan aktivitas yang sepadan.

2. Pola makan yang tidak teratur


Pola makan juga bisa dikatakans ebagai alasan kenapa seseorang memiliki perut buncit. Kebiasaan makan yang tidak diatur dengan jam makan, maka intensitas Anda terhadap makan justru bertambah. Tambahlagi, keadaan tubuh yang belum tentu memerlukan asupan nutrisi tetapi Anda memakans esuatu maka terjadi penumpukan lemak. Hal yang paling cepat terjadi penumpukan lemak ini ada pada area perut dan pipi Anda.

3. Kebiasaan terlalu larut makan malam


Makan malam yang baik setidaknya pukul setengah 7 malam. Keteraturan makan malam pada jam tersebut dapat mengurangi resiko perut buncit. Tetapi, jika Anda melakukan makan malam diatas jam 10, dan itu merpakan kebiasaan yang biasa dilakukan maka jangan heran perut Anda akan buncit dan lebih parah. Terlalu larutnya Anda makan dan langsung beristirahat menyebabkan segala nutrisi yang ada dalam makanan tidak diproses sebagai tenaga. Alhasil hanya diubah oleh tubuh sebagai lemak jenuh yang beresiko obesitas.

4. Terlalu banyak konsumsi nasi


Kandungan nasi yang memiliki nutrisi glukosa rendah dapat mengakibatkan perut Anda lebih cepat buncit. Anda akan cepat lapar dengan semakin banyaknya Anda mengkonsumsi nasi. Hal ini lebih condong pada lelaki yang memilki porsi makan banyak.

5. Makanan makanan berlemak


Gorengan adalah salah satu makanan berlemak penyebab perut buncut. Minyak penggorreng yang masih banyak menempel pada gorengan masuk kedalam tubuh dan tidak bisa dipecah secara keselurahan. Sehingga makanan ini dikatakan sebagai pemicu perut buncit.

6. Konsumsi banyak soda


Soda memiliki kandungan gas banyak dan glukosa didalamnya. Efek gas ini membuat perut Anda lebih cepat menggembung. tidak sampai pada itu, pada akhirnya perut Anda akan mengembang dari ukuran biasanya yang bersifat permanen.

7. Minuman beralkohol


Minuman ini sejatinya dilarang bagi orang yang tidak ingin memiliki perut buncit. Selain itu, alkohol bisa merusak sistem saraf otak dan gangguan kesehatan lainnya jika dikonsumsi secara berlebihan dengan kadar yang juga tinggi.

8. Konsumsi makanan dengan pemanis buatan secara berlebihan


Pemanis buatan ini bersifat sama seperti gula. bahkan bisa lebih mengganggu kesehatan terutama tenggorokan dan sistem pencernaan. Kelebihan pemanis buatan pada makanan yang Anda konsumsi juga memicu terjadinya perut Anda yang buncit. Jangan sampai anak anak Anda atau siapapun mengkonsumsi makanan yang menggunakan pemanis buatan ini karena makanan dengan pemanis buatan ini biasanya lebih menarik dan berwarna.

9. Merokok


Merokok ternyata selain merusak kesehatan dapat memicu perut Anda buncit. Kebiasaan ini sebenarnya mampu menurunkan berat badan. Tetapi banyak dari perokok yang memiliki perut buncit dan juga paru-paru yang tidak sehat.

10. Makan dengan cepat


Pengunyahan yang dilakukan hanya sebentar dan sudah terbiasa makan cepat menyebabkan sistem pencernaan Anda harus bekerja lebih keras. Karena pembusukan makanan dari proses pencernaan tidak sempurna maka dapat membuat perut Anda semakin buncit dan membesar.

Baca Juga: 19 Manfaat Mengurangi Porsi Nasi Putih ketika Makan untuk Kesehatan

Beberapa penyebab perut buncit lainya dapat Anda lihat dari kebiasaan lain, seperti dibawah ini :

Penyebab Perut Buncit Lainnya


11. Makan dalam keadaan emosi
12. Stress
13. Pola tidur
14. Kurang Aktivitas
15. Stress
16. Lebih sering duduk
17. Makan dalam Porsi besar
18. Kurang berolah raga
19. Malas gerak
20. Tidur setelah makan
21. Banyak minum air es

Penyebab perut buncit dari gaya hidup ini harus segera diperhatikan jika Anda tidak menginginkan kondisi performa Anda terganggu. Perhatikan kebiasaan buruk Anda dan ubah sebelum terlambat jika tidak ingin terkena banyak gangguan kesehatan.