Langsung ke konten utama

16 Penyebab Mual di Pagi Hari Perlu Anda Ketahui

Penyebab Mual di Pagi Hari - Mungkin bagi anda perut mual pada saat pagi hari setelah terbangun dari tidur merupakan hal yang biasa. Rasa mual pada perut di pagi hari dapat di sebabkan oleh berbagai macam faktor. Akibat perut mual di pagi hari merupakan salah satu isyarat bahwa orang tersebut menjalani hal yang seharusnya tidak di kerjakan pada saat sebelum tidur.

Penyebab Mual di Pagi Hari, Gejala Mual di Pagi Hari, Cara Mengobati Mual di Pagi Hari, Sakit Perut, Mual


Berbicara tentang perut mual di pagi hari hal ini bisa juga menjadi penyebabnya, karena jaringan di dalam perut mengalami terasa nyeri karena salah satu kebiasaan gaya hidup sebelum tidur makan terlebih dahulu. Disini saya akan memberi tahu beberapa penyebab yang dapat menyebabkan perut anda mual di saat bagun tidur di pagi hari. Berikut inilah berbagai penyebab mual di pagi hari.

1. Keracunan makanan


Penyebab mual di pagi hari yang pertama dapat di sebabkan karena keracunan makanan. Jika anda terbiasa mengkonsumsi makanan yang berbumbu berat sebelum tidur bisa mengakibatkan tekanan jaringan perut dan gangguan proses di dalam pencernaan untuk bekerja cepat mencerna makanan yang barusan anda makan.

2. Radiasi kemoterapi


Selain keracunan makanan yang bisa menyebabkan mual di pagi hari ada juga penyebab lainya yaitu di karenakan radiasi kemoterapi. jika anda salah satu orang yang sering melakukan kemoterapi kanker, jadi pemancaran yang terkena pada tubuh akan membekas. Hal ini di sebabkan karena sinar kemoterapi memiliki daya yang sangat kuat, sehingga bisa menimbulkan kerusakan jaringan tubuh lainya, salah satunya adalah perut.

3. Alergi


Alergi merupakan salah satu gangguan pada kulit yang sebagian besar di alami oleh seseorang. Orang yang sudah di larang mengkonsumsi makanan karena bisa menyebabkan alergi namun tetap saja di makan, pada saat anda bangun pagi akan menghadapi alergi makanan yang dapat mengakibatkan perut anda mual, muntah dan kepala pusing.

4. Stress ringan dan berat


Semua orang pasti pernah mengalami stress ringan maupun berat, dengan adanya hal ini bisa menyebabkan saraf serta aliran darah di sekeliling kepala mengarah pada bagian perut yang mengakibatkan tekanan pada saat tidur di malam hari. Kondisi di pagi hari anda akan mengalami muntah dan di iringi mual.

5. Kerusakan saraf perut


Keruskan safar perut bisa di sebabkan oleh berbagai macam sesuatu, bila anda salah satun orang yang mempunyai luka berbentuk oval di akibatkan oleh lapisan lambung atau usus atau bisa juga di namakan irritable bowel syndrome yang dapat mengakibatkan muntah dan mual.

6. Sakit kepala berulang


Sakit kepala ini ada berbagai macam nama seperti sakit kepala sebelah atau yang di kenal migrain dan berbagai macam nama sakit kepala yang lain. Apa anda termasuk orang yang mengalami sakit kepala ketika bangun dari tidur di pagi hari serta di iringi sakit kepala yang berulang ulang? Kalau jawaban anda iya. Maka keadaan ini bisa memicu ketegangan otot perut dan mengakibatkan mual serta anda akan merasakan rasa tidak nyaman di bagian bawah.

7. Cidera kepala


Cidera pada kepala dapat di sebabkan karena berbagai hal. Orang yang mendapati kecelekaan atau bisa juga benturan keras maka bisa menyebabkan cedera yang pada saat itu dapat mempengaruhi saraf, pembuluh darah serta sistem aktifitas otak. Dengan adanya keadaan ini bisa menyebabkan anda mengalami muntah beserta perut mual.

 8. Rendahnya gula darah


Mual di pagi hari setelah bagun tidur bisa di akibatkan oleh seseorang yang mempunyai kadar gula yang sangat rendah di dalam tubuh. kondisi tersebut pada saat bangun dari tidur pada pagi hari perut akan mengalami kemualan dan tubuh terasa lemas. Apabila anda salah satu orang yang memiliki kadar gula yang rendah atau kurang berhati-hatilah karena dapat mengakibatakan anda jatuh tidak sadarkan diri setelah mual mual.

9. Flu perut


Ternyata bukan hidung saja yang bisa mengalami flu. Akibat mual di pagi hari ini bisa di sebabkan karena flu perut. flu perut adalah otot yang ada di dalam  perut mengalami ketegangan dan nyeri pada saat anda tidur dalam keadaan tanpa pakaian yang di akibatkan terkena kipas angin. Angin buatan yang menyerbu tubuh anda saat malam hari selama delapan jam bisa mengganggu kestabilan suhu badan dan aliran darah, hal ini akan menicu timbulnya masuk angin dan flu perut bila di biarkan begitu saja.

10. Mengkonsumsi obat-obatan


Berhatilah-hatilah bagi anda yang sering mengkonsumsi obat-obatan untuk menghilangkan rasa nyeri sebelum tidur, hal ini dapat menyebabkan mual di pagi hari pada saat anda terbangun. Zat kimia yang terdapat pada obat-obatan bisa mengakibatkan penumpukan serta pengendapan zat kimia di dalam jaringan perut seperti lambung, dan sistem pencernaan, zat tersebut bisa melukai jaringan perut. Sehingga terbangun dari tidur saat pagi perut akan terasa mual.

Baca Juga:  16 Efek Buruk Pil KB yang Berbahaya untuk Kesehatan Tubuh


6 Penyebab Mual di Pagi Hari Lainnya :


11. Adanya pembentukan batu empedu
12. Dehidrasi
13. Infeksi lambung
14. Makanan pedas
15. Garam
16. Migrain

Mual saat pagi hari sangat membantu aktifitas kerja anda, apa lagi jika sakit perut tersebut sampai berlebihan. Banyak sekali faktor yang memicu perut anda jadi mual ketika pagi hari, maka dari itu jagalah kesehatan tubuh, makan-makan yang bergizi serta pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit.