Langsung ke konten utama

14 Penyebab Migrain Sebelah Kanan yang Sering Terjadi

Penyebab Migrain Sebelah Kanan - Migrain merupakan salah satu sakit kepala yang melanda pada satu bagian tertentu. Migrain dapat menyerbu bagian anggota kepala seperti depan, belang, kanan dan bisa jug kiri. Kebanyakan penyakit migrain pada umumnya yang diserang terutama kali adalah kepala bagian kanan, kemudian dengan jangka waktu lama bisa menyebar pada belahan bagian kepala lainya. Jika anda termasuk orang yang mengidap migrain pada bagian kepala sebelah kanan jangan samapi dianggap enteng. 

Migrain Sebelah Kanan


Berbicara tentang penyakit migrain jika di biarkan dengan jangka waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit yang kronis. Penyakit pada seluruh kepala ini tidak sama halnya dengan migrain. Kondisi migrain lebih menyakitkan dari pada sakit kepala biasa. Hal ini di sebabkan karena sakit kepala biasa menumpuk pada satu bagian terntentu tanapa adanya terbelah-belah pada bagian lain. Berikut inilah berbagai macam yang bisa menyebabkan migrain sebelah kanan.


1. Gejala penyakit kluster


Migrain merupakan salah satu sakit kepala sebelah dengan kata lain di namakan sakit kepala kluster yang dapat menebar ke mata. Penyebab  sakit kepala ini biasanya berhubungan dengan kerja otak yang dinamakan hipotalamus. Bagian dari otak yang memiliki sejumlah nukleus beserta sistem yang dimiliki, inilah yang di namakan hipotalamus. Sakit kepala kluster dapat diakibatkan karena olah raga yang terlalu berat. Ciri-ciri sakit kepala kluster dapat di tandai mata merah dan terasa perih.


2.  Hermicrania continua


Sakit kepala sebelah seperti ini dapat di tandai dengan terjadinya intensitas sakit yang terus menerus setiap hari taka ada henti. Kondisi ini biasanya beserta dengan hidung tersumbat dan mengeluarkan air lalu mata mengalami kemerahan dan rasanya sakit di bagian kepala. Mata mengalami kesayuan dan pupil mata mengecil. Sakit kepala sejenis ini biasanya hanya menyerang kepala sebelah kanan saja. Jika anda mengalami hal ini segeralah untuk pergi kedokter terdekat untuk di periksa.

3. Gejala penyakit infeksi pada jaringan otak


 Dalam bahasa kedokteran infeksi pada bagian otak di namakan meningitis. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang bisa mengakibatkan kematian, sehingga sangat berbahaya sekali bagi semua orang. Penyakit tersebut biasanya menyerbu saraf otak serta menyerang bagian tulang belakang. Peradangan yang disebabkan meningitis yaitu bagian saraf tulang belakang mengalami pembengkakan. Kondisi ini bisa menyebabkan para penderita mengalami pingsan karena menahan rasa sakit. 

4. Gejala penyakit migrain kronis


penyakit migrain kronis dapat menyerang siapa saja ketika tidak mempunyai waktu tidur yang normal. Migrain kronis bisa ditandai dengan rasa sakit yang terus menerus serta tak kunjung sembuh. Maka dari itu jangan menganggap enteng sakit kepala sebelah karena bisa membahayakan sehingga dapat terjadi kronis dan membuat kepala sangat sakit sekali.

5. Gejala tumor otak


Salah satu penyakit yang sangat berbahaya di dunia adalah tumor otak. Penyakit ini belum ditemukan obatnya, penderita tumor otak sering merasakan rasa sakit yang tidak tertahankan serta rasa sakitnya tak bisa dikendalikan. Bagi penderita tumor otak biasanya di beri obat yang dapat menghilangkan rasa sakit dengan dosis paling atas. Selain itu, para penderita di berikan obat penenang yang sangat keras.

Sakit kepala sebelah kanan janganlah anda diamkan begitu saja, sebab bisa juga memicu gejala tumor otak. Penyakit ini tidak bisa anda diamkan dengan harapan akan sembuh dengan sendirinya. Sebaiknya anda pergi ke dokter untuk mengobatinya, hal ini sangat penting bagi anda jika sakit kepala migrain tak sembuh-sembuh.

6. Tekanan pada rongga kepala meningkat dan menurun


Migrain atau sakit kepala sebelah kanan bisa juga di akibatkan karena tekanan pada rongga kepala bertambah dan bisa juga sebaliknya yaitu berkurang. Hal ini dapat terjadi karena berkurangnya istirahat dan tubuh kekurangan asupan nutrisi sehingga tidak bisa menjaga menormalkan sistem kerja otak. Selain itu, tekanan yang dialami rongga kepala juga dapat di akibatkan oleh pikiran yang tidak selalu tetap dan bisa juga stress. Maka dari itu, penyakit tersebut sangat membahayakan jika anda sepelekan.

7. Cidera pada otak


Banyak hal yang dapat menyebabkan migrain sebelah kanan salah satunya adalah otak mengalami cidera. Dapat di contohkan seperti para penderita yang pernah mengalami kecelakaan, kemudian kepala terbentur yang bisa menyebabkan darah menggumpal di dalam otak dan tidak bisa berhembur.

8. Tumor otak


Sakit kepala sebelah kanan bisa juga di sebabkan karena tumor otak. Penyakit ini sangat berbahaya pada saat menyerang seseorang, sehingga harus melakukan pengobatan dengan rutin.


9. Depresi


Ketika anda mengalami depresi, ternyata hal ini dapat memicu terjadinya  sakit kepala sebelah kanan. Bagi orang yang sering mengalami stress sangat peka terserang depresi.


10. Insomnia


Insomnia yaitu mengalami kesulitan pada saat menjelang tidur, orang yang sering mengalami kesulitan untuk tidur dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan. Bagaimanapun jenis yang mengganggu tidur ini yakni  akan mengakibatkan tidur terganggu dan tidak dapat pulas, sampai sering mengalami pusing. 

Baca Juga:  17 Gejala dan Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

4 Penyebab Migrain Sebelah Kanan Lainya :



11. Cemas
12. Obesitas
13. Konsumsi kafein
14. Obat sakit kepala

Migrain memang sering dialami oleh semua orang. Rata - rata orang terkena migrain itu di bagian kepala sebelah kanan. Jika anda salah satu orang yang terkena penyakit kepala tersebut, maka analisa lah penyebabnya. Lihat dan baca berbagai macam penyakit lainya.