Langsung ke konten utama

5 Penyebab Mata Ikan yang Menyerang Tubuh

Apa sih penyakit mata ikan itu? Mata ikan merupakan suatu gejala gangguan kesehatan yang disebabkan oleh adanya gesekan dan tekanan yang menyerang kulit Anda. Hal ini menyebabkan terjadinya benjolan yang sering ditemukan pada bagian sela kaki dan juga jari. Mengapa di bagian kulit tersebut? Karena bagian tersebut dapat dengan mudah terluka atau terserang bakteri kotor penyakit.

Selain bakteri, ada juga banyak faktor yang dapat membuat seseorang dengan mudah terserang penyakit mata ikan seperti alas kaki yang digunakan sampai dengan jenis aktivitas yang dijalani setiap hari. Gejalanya sering ditandai dengan kulit yang terasa kasar dan tebal serta rasa nyeri pada benjolan jika benjolan tersebut disentuh.

5 Penyebab Mata Ikan yang Menyerang Tubuh

Pengobatan yang tepat untuk penyakit mata ikan sebaiknya diidentifikasi terlebih dahulu apa penyebab utamanya. Berikut ini ulasannya.

Penyebab Mata Ikan yang Menyerang Tubuh


1. Sepatu yang tidak nyaman


Pentingnya menggunakan sepatu yang sesuai ukuran akan membuat Anda mempunyai kaki yang sehat dan terhindar dari penyakit mata ikan. Sepatu yang tidak pas dan tidak nyaman hanya akan membuat kaki dan jari Anda menjadi lecet serta lebih sering terkena infeksi karena luka lecet yang muncul tersebut.

Cara memilih sepatu yang benar bisa dimulai dari melebihkan satu angka dari ukuran sepatu Anda yang sebenarnya. Hal ini perlu apalagi jika Anda sering menggunakan kaos kaki. Jika Anda mempunyai ukuran kaki 39, maka pilihlah ukuran sepatu 40. Pastikan bentuk sepatu juga pas di kaki Anda karena bentuk kaki setiap orang juga berbeda.

2. Hobi memainkan alat music dengan tangan


Bagi Anda yang hobi bermain gitar atau piano sebaiknya lebih memperhatikan kebesihan tangan Anda. Jika tidak, maka penyakit mata ikan akan lebih mudah menyerang sela-sela jari Anda. Hal ini bisa terjadi jika Anda juga mempunyai jenis tangan yang cendrung lembab dan mudah berkeringat ketika memainkan alat music.

Selain itu, jaga juga kebersihan alat music Anda. Anda bisa mengelapnya dengan alkohol menggunakan selembar tisu. Alat music yang bersih tentunya tidak akan mengotori tangan Anda ketika memainkannya. Bakteri pun enggan menempel, penyakit seperti mata ikan pun tidak akan menyerang dengan mudah.

3. Tidak menggunakan kaos kaki


Pentingnya menggunakan kaos kaki dalam rangka mencegah penyakit mata ikan perlu Anda perhatikan lebih lanjut. Kaos kaki tidak hanya berguna untuk menghangatkan kaki Anda saja, namun juga menyerap kelembaban kaki akibat penggunan sepatu. Sepatu yang tertutup akan lebih mudah membuat kaki Anda berkeringat.

Kaki yang berkeringat pun menjadi celah yang tinggi untuk mata ikan hinggap di sela kaki Anda. Pastikan saja Anda memilih jenis kaos kaki yang memang dapat menyerap keringat dengan baik. Pastikan juga bahannya tidak terlalu tipis ataupun terlalu tebal agar Anda juga nyaman saat memakainya bersamaan dengan sepatu.

4. Rokok


Siapa sangka jika rokok tidak hanya akan merusak paru-paru namun juga membuat Anda lebih mudah terserang penyakit mata ikan. Racun dalam rokok bisa membuat kulit Anda menjadi lebih mudah diserang penyakit kulit, salah satunya yaitu mata ikan.

5. Kulit yang lembab


Beberapa orang mempunyai jenis kulit yang lebih lembab. Hal ini bisa dilihat dari tangan dan kakinya yang selalu basah dan tubuhnya yang mudah berkeringat. Jika tidak teliti mengerinkan bagian tubuh, maka penyakit mata ikan akan dengan mudah menempel.

Jika Anda mempunyai tangan dan kaki yang lembab, rutinlah mencuci kaki dan selalu menggunakan alas kaki jika Anda beraktivitas. Pastikan tangan dan kaki Anda memang sudah kering setelah Anda mandi atau mencucinya sebelum Anda tidur di malam hari atau kegiatan sehari-hari lainnya.

Baca Juga: 10 Tips Memperlancar Buang Air Kecil dengan Alami

Beberapa penyebab diatas bisa dihindari dengan mudah jika Anda menerapkan gaya hidup yang sehat dan juga bersih. Selain itu ada juga beberapa obat tradisional yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan mata ikan seperti menggunakan lemon atau getah pepaya. Jika penyakit ini tidak kunjung sembuh, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk penanganan medis secara tepat.