Langsung ke konten utama

12 Penyebab Hipotermia Yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Hipotermia - Hipotermia merupakan salah satu keadaan berbahaya yang di sebabkan oleh hamparan udara dingin. Hal ini dapat terjadi pada seseorang yang sering mendaki gunung dengan memakai pakaian yang salah. Selain itu, para penderita hipotermia ini juga dapat disebabkan karena terlalu lama di tempat dingin atau bisa juga di akibatkan oleh pakaian dalam keadaan basah tetap dipakai.

Penyebab Hipotermia, Hipotermia


Berbicara tentang hipotermia yaitu suatu kondisi suhu tubuh seseorang mengalami turun secara spontan. Biasanya suhu tubuh seseorang normalnya sekitar 35-36 derajat, pada saat orang mengalami hipotermia suhu tubuh menjadi turun dari kisaran tersebut. berikut inilah berbagai macam yang dapat menyebabkan hipotermia.

1. Obat-obatan tertentu


Sering mengonsumsi berbagai macam obat-obatan sebenarnya sangatlah tidak baik bagi kesehatan. hal ini disebabkan karena dapat menyebabkan hipotermia pada pengkonsumsinya. Obat –obatan yang dimaksud seperti opiat, sedatif, antidepresan dan analgesik.


2. Faktor usia


Selain obat-obatan yang bisa menyebabakan hipotermia, faktor usia juga dapat mengakibatkan hal ini terjadi. Memang hipotermia sudah di kenal oleh kalangan masyarakat lebih mudah menyerang usia lanjut dan bayi. Sebab, orang yang sudah berusia lanjut untuk mengendalikan suhu tubuh sudah mengalami pengurangan. Kalau bayi, masih belum memiliki kemampuan untuk mengatur suhu tubuh dengan sempurna di karenakan masi dalam pertumbuhan.


3. Penyakit terntentu yang berpengaruh pada memori


Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang dapat mempengaruhi memori seseorang. Beberapa orang yang mengidap penyakit ini biasanya tidak menyadari kalau dia telah kedinginan. Jika seseorang terjangkit alzheimer terkadang mereka tidak mengerti apa yang harus dikerjakan dengan maksut, ketika terserang kedinginan tak ada reaksi otomatis untuk mengatasinya.


4. Pengaruh dari penyakit tertentu


Hipotermia ini bisa di sebabkan karena beberapa penyakit yang mencoba menggangu struktur operasi pengatur suhu tubuh manusia. Seperti halnya stroke, anoreksia nervosa dan hipotiroidisme beberapa penyakit ini yang dapat memberikan pengaruh.


5. Minuman keras


Anda sudah pasti tahu bahwa minuman beralkohol atau minuman keras memiliki pengaruh yang besar bagi kesehatan anda.Meskipun banyak yang mengetahui hal ini, tapi masih banyak juga  pengonsumsinya. Sebenarnya minuman keras memiliki kemampuan menjadikan pembuluh darah mengembang sehingga akan menyebabkan kebanyakan darah di permukaan kulit. Kondisi tersebut dapat menjadikan panas tubuh meningkat.

6. Berada di tempat dingin terlalu lama


Berada di tempat dingin yang lama bisa juga dapat mengakibatkan hipotermia seperti halnya reflesing ke pemandian yang airnya sangat dingin atau ke pegunungan. Jika anda sering melakukan hal tersebut sangatlah rentan terhadap penyakit hipotermia.


7. Kecelakaan jatuh ke air


Kebanyakan orang mengira bahwa jatuh pada air tidak berefek samping sama sekali. Tetapi penyakit ini lebih gampang menyerang pada orang yang jatuh ke laut dari pada dikolam. Hal ini disebabkan karena suhu air laut memiliki hawa yang dingin dari pada kolam. Jika tak diselamatkan secepatnya pasti akan membawa pada kondisi yang memburuk.


8. Obat-obatan terlarang


 Obat-obatan terlarang dapat memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan seperrti minum keras, dua-duanya sangat berbahaya sekali bagi tubuh. Obat-obatan tidak terkandung alkohol di dalamnya namun juga bisa mengakibatkan seseorang tak sadarkan diri. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan tak sadar akan cuaca dingin di sekelilingnya dan keadaan yang dialami pada saat itu.


9. Mengenakan pakaian tipis di udara dingin


 Udara yang dingin dapat memicu terjadinya hipotermia, apalagi pada saat musim dingin atau bisa juga di ruangan yang memiliki suhu yang sangat rendah, dengan adanya kondisi ini anda harus memakai pakaian yang tebal. Sebab, pada saat suhu sangat dingin anda menggunakan pakaian yang tipis dengan jangaka waktu yang lama tanpa menggunakan penghangat bisa menyebabkan penyakit tersebut menyerang anda.


10. Tubuh dalam kondisi basah terlalu lama


Sewaktu ke adaan tubuh anda basah serta mengalami kedinginan dalam jarak yang sangat lama, lalu anda tidak secepatnya pergi untuk mengganti pakaian yang basah dengan baju kering atau tidak sempat untuk mengerikan tubuh anda, hal ini dapat memudahkan anda terkena hipotermia.

Baca Juga: 15 Bahaya Mendaki Gunung bagi Kesehatan Tubuh

2 Penyebab Hipotermia Lainnya :


11. pendingin udara yang terlalu berlebihan
12. Pemanas ruangan yang tidak berfungsi dengan baik

Jika anda termasuk orang yang menderita hipotermia anda dapat menganalisa penyebab terjadinya penyakit tersebut. Tetaplah menjaga pola hidup sehat ketika berada di tempat yang mempunyai udara dingin agar anda terhindar dari berbagai macam penyakit.