Langsung ke konten utama

21 Penyebab dan Gejala Tetanus

Penyakit tetanus adalah salah satu penyakit yang di karenakan adanya infeksi dari bakteri yang memang menghasilkan racun neurotoxin. Dan dengannya racun inilah yang menyerang dan mengakibatkan kontraksi otot yang sangat menyakitkan terutama akan menyerang otot rahang dan juga otot rahang dan juga mempengaruhi otot- otot dari saluran pernafasan yang membuat jiwa dari penderita pun teracam.

Untuk bakteri penyebab tetanus merupakan clostridium tetani dan bakteri ini akan sangat mudah ditemukan pada tanah, debu dan kotoran hewan. Bakteri ini adalah salah satu jenis bakteri yang hanya bisa dengan mudah berkembang biak pada situasi lingkungan yang kurang oksigen atau biasa di sebut dengan anaerob. Pada saat bakteri ini masuk ke dalam luka yang sangat minim akan oksigen dan membuat spora bakteri pun bisa menghasilkan toksin yang sangat kuat yang kemudian disebut dengan tetanospasmin. Dan toksin ini juga akan sangat mengganggu neuron yang ada di dalam tubuh. Dan berikut ini adalah penyebab dan gejala dari tetanus.

21 Penyebab dan Gejala Tetanus

Penyebab Penyakit Tetanus :


1. Kurangnya melakukan vaksin
2. Adanya bakteri masuk dalam tubuh
3. Adanya luka pada tubuh
4. Cidera pada tubuh
5. Adanya infeksi

Berikut beberapa gejala tetanus yang harus dipelajari jangan sampai salah...

1. Kejang


Gejala yang pertama dari tetanus adalah penderita akan mengalami kejang yang mana kejang ini dapat membuat saraf menjadi kacau karena adanya racun yang masuk kedalam  tubuh. Pada umunya kejang akan datang bersamaan dengan sakit demam yang di derita oleh penderita.

2. Otot kaku


Untuk gejala yang kedua adalah penderita akan mengalami kaku pada otot dan juga persediannya. Untuk konndisi yang seperti ini akan membuat penderita susah dalam berjalan dan susah untuk bergerak juga. Seperti halnya kejang, otot  yang kaku ini adalah salah satu gejala dari racun yang masuk ke dalam tubuh.

3. Lockjaw


Kemudian gejala yang selanjutnya adalah penderita akan mengalami lockjaw atau biasanya orang menyebutnya dengan rahang terkunci. Kondisi ini masih dari akibat dari oto yang kaku tersebut. Untuk kondisi yang satu ini masih dari yang diakibatkan oleh kacaunya sistem saraf yang memang sudah tidak dapat bekerja seperti normalnya. Karena racun yang masuk ke dalam tubuh membuat rahang menjadi sulit digerakkan alias terkunci itu tadi.

4. Sulit menelan


Untuk gejala yang selanjutnya adalah penderita akan mengalami kesulitan dalam menelan makanan ataupun menelan minuman. Akan tetapi, gejala yang satu ini memang tidak banyak yang mengalaminya namun tidak menutup kemungkinan jika Anda nanti mengalami gejala yang satu ini.

5. Sakit kepala


Kemudian gejala yang selanjutnya adalah sakit kepala dan walaupun gejala yang satu ini tidak selalu menjadi tanda bahwa akan mengalami tetanus karena sakit kepala pun juga salah satu gejala dari berbagai masalah kesehatan seperti kurang tidur, demam dan juga kecapekan.

6. Jantung berdebar-debar


Penderita dari tetanus akan mengalami gejala seperti jantung akan dengan mudah untuk berdebar dengan cepat. Ini adalah factor dari otot dan saraf yang terganggu juga bisa berpengaruh buruk terhadap jantung karena saraf dan juga otot dari jantung juga akan terganggu dan ini tentu sangat berhaya untuk penderitanya. Namun jika Anda selalu merasakan berdebar yang berlebihan maka akan lebih baik jika Anda memeriksakannya ke dokter.

7. Demam


Untuk gejala yang berikutnya adalah penderita akan mengalami demam yang cukup panjang karena memang penderita ini akan sangat mudah terserang virus lainnya pada saat tetanus yakni seperti penyakit flu atau masuk angin. Demam yang datang ini di karenakan adanya system saraf yang memiliki gangguan dan membuat penderita pun mengalami demam.

8. Otot melemah


Untuk gejala yang selanjutnya adalah otot dari penderita juga akan mengalami lemah. Dan ini di sebabkan pada saat neurotoksin menginvasi tubuh karena bakteri dari tetanus, seluruh otot pada tubuh pun akan ikut terpengaruh. Dan racun tetanus inilah yang menjadi pemicu yang paling utama dari akibat dari otot yang menegang dan juga melemah.

9. Kesulitan bernapas


Susah untuk berbafas juga menjadi salah satu gejala dari tetanus yang memang gejala yang satu akan sangat berbahaya karena bisa saja dapat mengakibatkan kematian.

10. Infeksi paru-paru


Penderita juga akan mengalami gejala dari infeksi paru- paru dan itulah sebabnya jika banyak penderita yang mengeluh sakit pada dada dan tidak dapat bernafas. Dan jika sudah seperti harap untuk segera di bawa ke rumah sakit agar mendapatkan perawatan yang tepat dan juga intensif.

Baca Juga: 31 Penyebab dan Gejala AIDS

6 Gejala Tetanus Lainnya :


1. Sakit tenggorokan
2. Cepat marah
3. Tekanan darah tinggi
4. Sensitif terhadap sentuhan
5. Akan terserang diare
6. Buang air besar disertai darah

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai tetanus, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....