Langsung ke konten utama

21 Penyebab dan Gejala Stroke Ringan

Penyakit stroke ringan merupakan adanya masalah yang terdapat pada fungsi otak, namun hal itu hanyalah sementara terjadi karena hal ini terjadi ketika sebagian dari otak kekurangan aliran darah. Dan karena kondisi inilah yang menyebabkan gejala stroke yang hanya berlangsung singkat. Beda dengan stroke yang berat, stroke ringan ini tidak sampai merusak jaringan otak. Akan tetapi, pada saat stroke ringan menyerang, maka gejalanya akan sama persis dengan gejala stroke berat, sehingga banyak orang yang mengira bahwa itu adalah stroke ringan.

Akan tetapi, banyak dari penelitian yang mengatakan bahwa jika seseorang pernah mengalami stroke ringan maka penderita tersebut juga akan berlanjut menjadi stroke berat. Dan itulah sebabnya jika harus melakukan pengobatan sejak dini jika tidak mau terkena stroke berat. Sebenarnya gejala dari stroke ringan ini hanya sekilas saja dan mungkin akan hilang sebelum membawanya ke dokter. Karena gejala yang hanya sekilas datang dan juga  tak dapat merusak jaringan maka banyak orang yang meremehkan hal ini. Karena dengan adanya stroke ringan inilah yang artinya sirkulasi darah yang ada pada tubuh Anda mengalami masalah. Dan berikut ini adalah penyebab dan juga gejala dari stroke ringan.

21 Penyebab dan Gejala Stroke Ringan


Penyebab Stroke Ringan :


1. Karena factor riwayat medis
2. Karena factor sari kelebihan berat badan
3. Disebabkan karena factor usia
4. Faktor genetik
5. Gaya hidup yang tidak sehat

Berikut gejala stroke ringan yang harus Anda peljari...


1. Merasakan pusing


Untuk gejala pertama yang muncul adalah penderitaakan mengalami sakit kepala ataupun pusing, dan gejala yang satu ini adalah gejala yang sangat mudah untuk ditemukan. Perlu Anda ketaui bahwa pusing dari gejala stroke ringan ini adalah pusing vertigo. Dan memang benar jika vertigo adalah salah satu gejala yang erat sekali dengan stroke.

2. Merasakan bingung


Gejala yang selanjutnya adalah penderita akan merasakan bingung, dan kondisi yang seperti ini di sebabkan karena stroke ringan menyerang syafaf otak sehingga penderita pun akan mengalami kebingungan seperti orang yang linglung.

3. Pandangan kabur



Pandangan mata yang kabur juga menjadi salah satu gejala yang ada pada gejala stroke ringan. Kondisi yang seperti ini adalah adalah akibat dari vertio, karena penderita juga mengalami vertigo jadi membuat penderita akan sering merasakan mata yang berkunang- kunang. Dan hal yang seperti harus segera Anda periksakan ke dokter untuk perawatan yang lebih maksimal.

4. Hilang keseimbangan


Gejala yang berikutnya ini adalah, penderita akan mengalami hilang keseimbangan dan gejala ini akan sering muncul pada saat penderita berjalan- jalan dan tiba- tiba penderita ini akan berpegangan pada tembok atau lainnya. Dan hilangnya kesimbangan ini di karenakan penderita mengalami vertigo.

5. Lemah


Seseorang sering merasakan lemah maka bisa menjadi salah satu indikasi dan juga gejala dari stroke ringan. Dalam kondisi yang seperti ini, penderita mengalami syaraf yang tidak dapat berfungis dengan baik karena terganggunya jaringan danjuga sel- sela yang ada di dalam tubuh. Sehingga tubuh pun sangat lemah.

6. Mati rasa pada sebagian tubuh


Gejala yang akan di rasakan oleh penderita adalah, penderita akan mengalami yang rasanya mati rasa pada sebagian tubuh atai hanya pada sisi tubuh. Seperti halnya gejala stroke lainnya yakni bagian yang terkena mati rasa ini sama sekali tidak akan merasakan sakit pada saat terbentur ataupun di cubit.

7. Sering kesemutan


Penderita yang sering merasakan kesemutan adlah salah satu gejala dari stroke ringan yang mana kesemutan ini akan terasa pada pergelangan tangan dan juga kesemutan pada kaki. Dan kesemutan inilah yang membuat penderita akan sama sekali tidak dapat menggegam tangan ataupun juga tidak dapat berjalan.

8. Mengalami kelumpuhan


Walaupun ini adalah penyakit stroke ringan namun penderita juga akan merasakan kelupuhan yang mana akan menyerang tanagn dan juga kakinya. Akan tetapi, dalam kondisi yang seperti ini kelumpuha yang akan di derita oleh penderita hanya akan menyerang dalam waktu satu hari ataupun beberapa jam saja.

9. Bicara mulai tidak jelas


Kemudian gejala stroke ringan lainnya adalah penderita ini akan mulai berbicara dengan tidak jelas. Ini di karenakan penderita sudah kehilangan yang namanya kelenturan dari otot bicara sehingga membuat penderita tidak jelas jika mengucapkan sesuatu.

10. Hilang kesadaran


Kemudian untuk gejala yang berikutnya adalah penderita ini akan sangat dengan mudah kesadaran. Untuk kondisi yang seperti ini akan terjadi karena penderita ini sering merasakan pusing dan juag hilang kesadaran.

Baca Juga: 34 Penyebab dan Gejala Bibir Hitam

7 Gejala Stroke Ringan Lainnya :


1. Tidak bisa berbicara
2. Susah menelan
3. Mengeluarkan feses dan air seni
4. Sering lupa
5. Perubahan perilaku
6. Susah berjalan
7.Tubuh kaku

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai stroke ringan. Anda bisa membaca artikel terkait penyakit dan kelainan lainnya....