Langsung ke konten utama

21 Penyebab dan Gejala Sirosis Hati

Penyakit sirosis hati atau banyak orang yang menyebut dengan hepatis, penyakit ini adalah salah satu penyakit liver yang menahun yang mana penyakit ini akan merusak sel- sel yang terdapat pada jaringan hati yang sehat. Jaringan hati yang sehat inilah yang akan diganti dengan jaringan parut yang tidak sama sekali tidak memiliki fungsi seperti jaringan hati yang masih normal dan sehat. Akibat dari kerusakan hari oleh sirosis ini sangat susah untuk di sembuhkan karena penyebarannya yang sangat cepat ke hati dan kondisi inilah yang menyebabkan penderita gagal hati.

Penyakit sirosis hati merupakan salah satu kondisi yang mana hati akan terus mengalami kerusakan secara perlahan mengalami kerusakan yang akan terus menerus seperti itudalam jangka waktu yang menahun ataupun kronis. Karena di dalam hati yang terkena sirosis akan mengalami pergantian sel jaringan menjadi jaringan parut dan yang menjadikan system kerja hati akan menurun. Hati merupakan salah satu organ dalam yang terbesar di dalam tubuh. Organ hati adalah pabrik metabolisme yang terdapat pada tubuh karena memiliki peran yang sangat penting dalam mengubah makanan menjadi energi setelah makanan dicerna dan diserap ke dalam darah. Dan berikut  ini adalah penyebab dan juga gejala dari sirosis hati.

21 Penyebab dan Gejala Sirosis Hati

Penyebab Penyakit Sirosis Hati :


1. Penderita diabetes
2. Penderita obesitas
3. Penderita kelesterol tinggi
4. Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi
5. Terlalu banyak minum alcohol

Gejala Sirosis Hati harus diketahui sejak dini. Untuk itu, mari kita pelajari bersama...

1. Kulit tubuh berwarna kuning


Penderita sirosis hati pasti akan mengalami gejala yang satu ini karena gejala ini memanglah gejala yang mudah. Gejala yang satu ini adalah kulit tubuh akan berubah menjadi warna kuning. gejala ini adalah gejala yang sama pada penderita penyakit kuning. Dan akibat dari sirosis hati  ini akan membuat penumpukan blirubin di dalam aliran darah penderita yang kemudian membuat kulit ubuh berwarna kuning.

2. Memar


Untuk gejala yang selanjutnya adalah penderita akan dengan mudah sekali mengalami memar pada tubuhnya. Dan luka memar ini akan sangat dengan mudah di temukan pada orang yang mengalami sirosis hati. Ini dikarenakan hati yang tidak berfungsi dengan semestinya seperti dalam masalah pembekuan darah pada saat terluka.

3. Merasakan nyeri perut


Apabila Anda merasakn nyeri yang  terjadi pada perut maka bisa jadi hal itu adalah salah satu gejala sirosis hati. Kondisi ini tentu saja sangat lah tidak nyaman jika di rasakan oleh penderita. Hal ini adalah penyebab dari kerusakan hati yang membuat banyak cairan yang menumpuk pada perut dan membuat perut pun menjadi buncit serta menjadikan aliran darah menjadi terhambat.

4. Mual


Penderita sirosis hati pasti akan merasakan gejala yang namanya mual, mual sendiri pun banyak muncul sebagai gejala awal penyakit dan termasuk sebagai gejala dari penyakit sirosis hati. Kondisi ini merupakan penyebab dari banyaknya cairan yang menumpuk di perut sehingga dapat menekan empedu dan membuat penderita akan sering merasakan mual.

5. Mudah lelah


Apabila seseorang sangat mudah sekali terserang lelah maka harus di waspadai karena bisa jadi itu adalah awal dari sebuah gejala penyakit yang serius seperti halnya penyakit sirosis hati. Hal ini disebabkan aliran darah yang tidak lancar mengalairi tubuh sehingga tubuhpun sangat mudah merasakan lelah.

6. Tidak nafsu makan


Gejala yang selanjutnya adalah penderita dari sirosis hati akan mengalami penurunan nafsu makan. Dan hal yang seperti ini adalah salah satu penyebab dari ulu hati yang akan sakit jika ada minuman dan juga makanan yang tertelan.

7. Berat badan berkurang


Gejala yang selanjut adalah penderita ini akan mengalami penurunan berat badan yang cukup drastic dan hal ini di sebabkan dengan hilangnya nafsu makan dari penderita. Banyak dari penderita yang memang akan memiliki banyak cairan di dalam perut sehingga penderita tak dapat menerima asupan makanan.

8. Gangguan pencernaan


Penderita sirosis hati juga akan mengalami gangguan pencernaan karena banyaknya cairan yang terdapat di dalam perut penderita. Dan hal ini akan membuat penderita akan semakin kehilangan berat badan karena tidak adanya nutrisi yang masuk.

9. Pendarahan


Pendarahan adalah gejala dari sirosis hati yang mengenai bagian perut. Ini adalah akibat virus hepatitis telah menyebabkan kerusakan dan gangguan pada pencernaan.

10. Gatal


Gejala berikutnya adalah penderita akan mengalami gatal- gatal karena mengalami perubahan hormone.

Baca Juga: 21 Penyebab dan Gejala Tetanus

6 Gejala Sirosis Hati Lainnya:


1. Mengalami gangguan endokrin
2. Mengalami gastrointestinal
3. Pendarahan gusi
4. Mengalami anemia
5. Menstruasi ekstrem
6. Muntah darah

Sekilas informasi mengenai 21 penyebab dan juga gejala dari sirosis hati di atas smeoga bermanfaat. Anda dapat membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....