Langsung ke konten utama

20 Penyebab dan Gejala Malaria

Malaria merupaka salah satu penyakit yang di sebabkan oleh gigitan nyamuk. Penderita yang mengalami infeksi malaria ini dapat terjadi hanya dengan satu gigitan pada nyamuk. Dan apabila penderita tidak ditangani dengan benar maka penderita penyakit ini bisa sampai meninggal. Untuk penyakit malaria memnag sangat jarang sekali menyebar dari satu orang ke satu orang lainnya. untuk penyakit malaria ini akan menyebar dan menular melalui kontak secara langsung dengan darang perderita malaria, kemudian janin yang masih dalam kandungan juga dapat terkena jika sang ibu terkena malaria.

Untuk pendeirta penyakit malaria yang berada di Indonesia sendiri juga masih banyak yang mengalami malaria. Akan tetapi, di karenakan Negara Indonesia ini sudah bekerja sama dengan beberapa Negara dalam memberantas malaria menjadi lebh sedikit namun tak menutup kemungkinan jika malaria masih dapat menyerang Negara Indonesia. Dan berikut ini adalah penyebab dan juga gejala dari malaria.

20 Penyebab dan Gejala Malaria

Penyebab Penyakit Malaria :


1. Tinggal pada daerah tropis
2. Daya tahan tubuh yang lemah
3. Nutrisi dan gizi yang tidak cukup
4. Lingkungan tempat tinggal
5. Kurang menjaga kebersihan

Gejala Malaria harus dikenali sejak dini agar korban bisa dicegah lebih cepat....

1. Demam yang berkepanjangan


Untuk gejala pertama adalah penderita akan mengalami demam yang berkepanjangan dan demam dapat mencapai 38 derajat celcius. Biasanya demam ini akan terjadi selam 3 hari dan panas tidaka akan turun walaupun sudah di beri obat demam dan juga obat anti biotik. Bahkan penderita juga dapat mengalami kejang- kejang.

2. Muncul bintik- bintik merah


Tak hanya demam yang tinggi, penderita ini juga akan mengalami timbul bintik- bintik merah  yang terdapat pada sekujur tubuhnya. Biasanya bintik- bintik ini tidak dalam jjmlah yang sedikit dan bintik ini juga memiliki warna merah tua pada orang dewasa dan merah mudah anak- anak.

3. Perut terasa nyeri dan mual


Untuk gejala yang selanjutnya adalah penderita akan mengalami nyeri dan juga mual dan akan mengalami muntah jika sudah tidak tahan dengan rasa mual. Dan untuk tubuh dari pendeirta juga akan terasa sangat tidak nyaman dengan adanya rasa mual cenderung akan datang kembali setelah 2 sampai 5 menit menghilang dan begitu seterusnya.

4. Seputar mata terasa panas


Karena penderita ini mengalami demam yang sangat panas maka juga akan mempengaruhi suhu dari sekitas mata dan juga kelopak matanya. Tidak hanya merasa panas, mata juga akan sakit jika digunakan untuk mengedipkan mata. Dan ini tentu akan menimbulkan penderta terserang penyakit mata.

5. Kepala pusing


Kemudian gejala berikutnya adalah penderita juga mengalami sakit kepala karena terjadinya penegangan yang terjadi pada otot seperti penegangan pada kepala dan otot leher. Karena kepala penderita akan terasa pusing yang datang dan pergi dalam waktu yang tidak beraturan membuta penderita hilang konsentrasi.

6. Tubuh terasa pegal luar biasa


Karena demam yang tinggi ini akan mengakibatkan otot menegang dan juga mengerut yang kemudian akan membuat aliran darah menjadi tersedat dan dapat memicu rasa yang pegal yang luar biasa. Biasanya nyeri akan terasa pada area punggung dan juga bahu belakang yang nyeri jika digerakkan atau tidak digerakkan.

7. Persendian nyeri


Gejala selanjutnya adalah persendian akan terasa nyeri dan juga akan sakit ketika akan di gerakkan. Ini karena adanya racun dari malaria yang masuk kedalam persendian dan juga akan merusaknya. Dengan adanya rasa nyeri pada persendian ini akan mengakibatkan pendeirta kesulitan tidur.

8. Terjadi pendarahan pada rongga hidung


Penderita malaria jika sudah mencapai suhu 40 derajat celcius maka akan terjadi peradangan pada rongga mulut dan juga hidung dan inilah yang mengakibatkan darah akan keluardan terus mengalir. Dan keadaan ini dapat di artikan jika adanya gangguan pada saluran pada pernafas.

9. Tubuh berkeringat dingin


Penderita malaria ini juga akan mengalami berkeringat yang berlebih pada saat tidur karena parasit malaria ini bisa merusak jaringan yang terdapat pada kelenjar keringat yang membuat tubuh yang dalam keadaan demam akan berkeringat yang berlebihan justru keluar. Tubuh justru terasa dingin dan menggigil untuk beberapa menit bahkan ada yang sampai hampir satu jam.

10. Muntah- muntah


Penderita dari malaria ini juga akan mengalami muntah- muntah karena memang perut penderita malaria sering merasakan nyeri dan sepertitertekan sesuatu. Dan perut dari pendeirta juga akan menjadi kembung dan rasa tidak nyaman pada bagian lambung dan ulu hati dapat menyebabkan muntah.

Baca Juga: 17 Penyebab dan Gejala Keringat Dingin


5 Gejala Malaria Lainnya :


1. Nafsu makan hilang
2. Terserang sesak nafas
3. Tubuh menjadi dehidrasi
4. Menjadi sulit berbicara
5. Terserang anemia

Nah, demikianlah informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 20 penyebab dan juga gejala malaria. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....