Langsung ke konten utama

18 Penyebab dan Gejala Kram Kaki Serta Seluruh Tubuh

Penyebab dan Gejala Kram - Kram merupakan salah satu hal yang tidak asing di telinga masyarakat. Meskipun kram adalah bukan hal yang berbahaya tapi juga membuat seseorang berbahaya karena tidak dapat di gerakan pada saat menyerang di salah satu organ tubuh seperti tangan, perut dan kaki. Kram adalah penyakit yang terjadi ketika bagian otot mengalami ketegangan sehingga dapat menimbulkan rasa sakit pada tubuh yang bersifat sementara. Ketika mengalami kram yang harus anda lakukan yaitu melakukan pemijatan.

Kram, Otot, Perut, Kaki, Penyebab Kram, Gejala Kram, Penyakit,


Banyak gejala yang timbul ketika anda tiba-tiba mengalami penyakit kram tersebut. Namun gejala yang mungkin sering orang alami ketika mengalami kram yaitu.


Gejala Kram :


1. Terasa kebas pada bagian kaki atau tungkai
2. Sering kesemutan
3. Kaki tiba-tiba tidak bisa bergerak
4. Kaki terasa berat

Berbicara tentang penyebab sering kram tidak hanya terjadi pada satu bagian saja, namun kram tersebut dapat di alami pada bagian tubuh seperti tangan, kaki dan perut. Maka dari itu, sangatlah penting bagi anda mengetahui beberapa penyebab seringnya kram terjadi. Jika anda ingin mengetahui beberapa penyebeb terjadinya kram berikut inilah.

Penyebab Kram :


1. Kekurangan air

Penyebab sering kram yang peertama bisa di sebabkan kekurangan air mineral atau bisa juga disebut dengan dehidrasi. Dehidrasi bisa menimbulkan otot-otot yang ada di dalam tubuh tidak lemas di sebabkan kekurangan air sehingga otot-otot dapat mengalami kekakuan dan tegang. Hal ini yang dapat menyebabkan anda sering kram.

2. Melakukan kegiatan monoton

Mungkian anda termasuk orang yang sering melakukan kegiatan monoton, jadi begini melakukan kegiatan secara monoton dengan jangka waktu sangat panjang bisa mengakibatkan mudah kram, terutama akan menyerang pada kaki dan tangan.

3. Overdosis obat

Selain melakukan kegiatan monoton penyebab sering kram ini bisa juga di sebabkan karena overdosis pada obat. Memang pada dasanya obat sangatlah memiliki manfaat, namun jika obat tersebut ada tidak kecocokan dengan tubuh anda, kondisi ini bisa menyebabkan kekakuan pada otot sehingga tubuh bisa mengalami mudah kram.

4. Kurangnya konsumsi kalsium

Semua orang sangatlah membutuhkan kalsium di dalam tubuhnya, jika di dalam tubuh seseorang kekurangan kalsium maka akan memudahkan pengeroposan pada tulang. Selain itu, kalsium memiliki manfaat lain bagi otot yang bisa membantu melenturkan otot-otot pada tubuh sehingga tidak mudah terserang oleh kram.

5. Tekanan berat pada saraf

Di dalam tubuh manusia terletek beberapa saraf yang berhubungan dengan kram. Dengan adanya tekanan berat pada saraf dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan saraf otot menjadi tegang semakin lama akan menimbulkan kram. Apabila sudah mengalami kram sangat disarankan untuk melakukan peranggangan supaya mempercepat kesembuhan.

6. Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang di kenal dengan kencing manis oleh masyarakat. Gejala diabetes yaitu para penderita mengalami ketegangan pada otot, sementara otot yang mengalami kekakuan dengan jangka waktu yang lama dapat mengakibtakan kram pada tangan dan kaki.

7. Cidera

Cidera kebanyakan di alami oleh pemain sepak bola dan para pendaki gunung, pada saat para pecinta alam mendaki pasti menggunakan kaki di dalam melangkah. Keadaan tersebut bisa mengakibatkan kram atau ketegangan pada otot, terutam akan menyerang bagain perut dan bisa juga mengenai kaki.

8. Kehamilan

Mungkin untuk ibu hamil yang saat ini selalu mengalami kram. Hal ini di sebabkan karena berat badan anda bertambah yang menyebabkan tumpuan pada kaki akan semakin banyak beratnya. Apalagi kalau otot kaki tidak kuat untuk menahan beban berat pasti akan menimbulkan kesemutan pada bagian tangan dan kaki.

9. Infeksi

Infeksi adalah sesuatu yang sangat berbabahya sekali jika di aalami oleh seseorang dan juga bisa menyebabkan kematian. Kram pada kaki dan tangan atau bisa juga menyerang perut, hal ini juga dapat di akibatkan oleh infeksi yang berada di tubuh anda.

10. Dingin

Daerah gunung pasti memiliki suhu yang sangat dingin ataupun bisa di karenakan hujan yang terus menerus, ternyata suasana dingin bisa menyebakan kram terjadi pada anda. Suhu yang dingin dapat menimbulkan otot-otot tubuh anda tegang dan terasa kaku di sertai dengan nyeri ketika suasana dingin teraji sehingga anda dapat mengalami kram.

Baca Juga: 20 Penyebab, Gejala dan Terapi Syaraf Kejepit

Selain 10 penyebab seringnya kram, ada juga 4 penyebab yang harus anda ketahui berikut inilah penyebabnya.

11. Suplay darah kurang
12. Penyakit hati
13. Penyakit ginjal
14. Suplay darah yang tidak memadai

Berbagai macam gejala dan penyebab kram yang dapat anda ketahui, memang kram bukan hal yang sangat berbahaya, tapi pada saat anda berenang kemudian mengalami kram inilah yang sangat membahayakan diri anda. Oleh karena itu, tetaplah menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan tubuh terutama pada tangan, perut dan kaki..