Langsung ke konten utama

17 Penyebab dan Gejala Keringat Dingin

Keringat dingin atau biasa di sebut daforis dalam dunia medis adalah suatu kondisi yang mana penderita ini tidak normal dalam hal kesehatannya. Dan keringat yang ditandai dengan keluarnya keringat yang sangat berlebihan kemudian tubuh juga terasa kedinginan padahal penderita sedang berkeringat. Kondisi yang seperti ini memang tidak normal maka Anda pun juga harus tahu apa penyebab dan juga gejala dari keringat dingin. Karena bisa jadi dengan adanya keringat dingin ini menandakan jika Anda akan terkena masalah kesehata yang sangat serius.

Untuk orang yang normal, tubuh akan mengeluarkan keringat pada saat suhu yang terdapat pada lingkungan terasa panas dan juga karena di bawah teriknya matahari. Bisa juga berkeringat karena sehabis melakukan berolahraga dan pada saat itu juga badan terasa gerah. Dan keringat ini sangatlah berfungsi untukmenjaga kelembapan darikulit. Untuk keringat dingin pada umumnya akan muncul pada malam hari yang tiba-tiba keluar terkadang berlebihan yang tidak disebabkan oleh aktifitan dan juga suhu yang panas. Dan itulah sebabnya tubuh akan terasa kedinginan dan keringat yang keluarpun akan dingin pada telapak tangan, ketiak, dan kaki. Dan berikut ini adalah penyebab dan juga gejala dari keringat dingin.

17 Penyebab dan Gejala Keringat Dingin

Penyebab Keringat Dingin :


1. Serangan jantung atau angina pektoris
2. Pendarahan internal
3. Kadar oksigena darah yang rendah
4. Gula darah yang rendah
5. Infeksi sistemik

Berikut beberapa Gejala Keringat Dingin yang harus dikenali sebelum lebih parah lagi dan bisa segera diantisipasi...


1. Menopause


Untuk gejala yang pertama adalah penderita ini mengalami menopause yang mana wanita yang sudah mengalami menopause akan mengeluarkan keringat dingin. Dalam hal ini, penderita keringat dingin pada siang ataupun malam hari dan disebabkan karena adanya perubahan pada hormone.

2. Sindrom idiopatik


Gejala yang lainnya adalah penderita ini akan mengalami sindrom idiopatk yang mana kondisi ini memang akan menyebabkan tubuh akan lebih sering memproduksi keringat. Karena tubuh hanya menghasilkan keringat dalam kapasitan yang banyak sehingga terkadang menyebabkan keringat dingin.

3. Infeksi tubuh


Kemudian gejala yang selanjutnya adalah penderita keringat dingin ini akan sering terkena infeksi pada tubuhnya. Keringat dingin memang akan dapat memunculkan gejala infeksi seperti akibat masuknya bakteri dan juga virus ke dalam tubuh.

4. Kanker


Untuk gejala  yang selanjutnya adalah penderita ini adalah orang yang mengalami sebuah penyakit seperti kanker. Karena pada dasarnya kanker ini juga dapat menyebabkan penderinya mengluarkankeringat dingin. Dan kanker yang sering menyebabkan keluarnya keringat dingin adalah kanker limfoma, kanker ovarium, dan beberapa jenis kanker lain.

5. Stres dan gangguan mental


Biasanya pada umumnya penderita yang mengalami keringat dingin karena memiliki gejala seperti stres dan tekanan pikiran yang berat, bahkan bisa juga untuk mengeluarkan gejala lainnya. Dan keringat dingin ini akan muncul tidak hanya pada malam hari namun pada siang hari juga.

6. Penyakit pernafasan


Gejala yang selanjutnya adalah penderita akan kekurangan oksigen yang mana tubuh akan memberikan sinyal pada tubuh sehingga mengeluarkan keringat dingin. Dan karena itulah oatk juga tidak akan menerima oksigen yang cukup.

7. Tubuh akan lemah


Gejala yang selanjutnya adalah penderitaakan sering merasakan lemah karena memang tubuh kekurangan oksigen. Karena memang aliran darah yang tidak lancar sehingga penderita pun akan kekuranagan oksigen dan juga nutrisi.

8. Tekanan darah rendah


Gejala yang selanjutnya adalah penderita ini mengalami tekanan darah yang rendah. Ini disebabkan karena penderita kekurangan gizi, mengalami dehidrasi dan juga kelelahan. Dan jika pada kondisi yang seperti ini semakin parah maka akan lebih baik jika penderita untuk segera memeriksakannya pada dokter.

9. Migren


Penderita keringat dingin biasanya juga  akan mengalami migran yakni kepala pusing pada bagian sebelah. Dan sakit kepala inilah yang membuat penderita mengeluarkan banyak keringat karena kepalayang sangat sakit dan itu di karenakan sakit migran yang sangat sakit.

10. Penyakit jantung


Keluarnya keringat dingin juga menjadi salah satu gejala dari penyakit jantung yang maka keringat akan keluar secara berlebih pada saat malam hari dan juga siang hari. Ini dikarenakan jantung mengalami kesulitan dalam fungsi pembuluh darah. Bahkan penderita ini pun juga akan merasakan sakit dada, nyeri pada dada dan lain sebainya. Dan jika masalah ini terus saja parah maka segeralah untuk ke dokter.

11. Gangguan kekebalan tubuh


Gejala yang berikutnya adalah penderita akan mengalami gangguan pada tubuh dan karena itulah penderita akan mengeluarkan keringat dengan berlebih sehingga menjadi keringat dingin. Dan biasanya tubuh yang terganggu kekebalannya karena serangan infeksi dari virus dan bakteri.

Baca Juga: 17 Penyebab dan Gejala Katarak Orang Tua


2 Gejala keringat dingin lainnya :


1. Akan sering terserang demam
2. Akan sering merasakan lemah

Nah, itulah sekilas informasiyang dapat diberikan kepada Anda mengenai 12 penyebab dan gejala dari keringat dingin. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....