Langsung ke konten utama

17 Penyebab dan Gejala Katarak Orang Tua

Katarak merupakan salah satu masalah yang terdapat pada mata dan mata yang terkena katarak ini memiliki bagian keruh yang terdapat pada lensa mata dan akan membuat penglihatan kabur. Katarak ini pun sebenarnya bukanlah sebuag penyakit dan juga bukan masalah yang umum terjadi.
Lensa mata merupakan titik hitam di tengah bagian mata yang gelap, dan lensa mata ini memiliki fungsi untuk memfokuskan dan juga mengatur cahaya yang terdapat pada lapisan retina. Dan apabila lensa mata tertutupi oleh katarak maka mata pun akan kekuranagn cahaya yang masuk dan bahkan terhalang. Masalah kesehatan katarak ini adalah masalah kesehatan mata yang dapat terjadi karena bertambah tuanya seseorang. Biasanya untuk menghilangkan katarak yang ada pada mata ini harus melakukan operasi.

Masalah kesehatan mataseperti katarak ini memang merupakan penyebab yang utama kebutaan di dunia. Masalah kesehatan mata katarak ini memang jarang sekali menyerang orang yang masih muda dan juga anak- anak namun, tidak menutup kemungkinan jika katarak juga dapat menyerang anak- anak dan orang yangmasih muda. Untuk Negara Indonesia sendiri  menurut penelitian yang mengatakan bahwa sekitar 210.000 penderita karatak terus bertambah pada setiap tahunnya dan berikut ini adalah penyebab dan gejala dari katarak pada orang tua.

17 Penyebab dan Gejala Katarak Orang Tua


Penyebab Katarak Orang Tua :


1. Faktor keturunan
2. Cacat bawaan sejak lahir
3. Memiliki penyakit diabetes
4. Mengkonsumsi obat- obatan
5. Pernah mengalami kecelakaan

Gejala Mata Katarak yang harus segera dikenali sebelum semakin parah...

1. Lukisan pada mata


Untuk gejala yang pertama adalah mata akan seperti melihat lukisan dan itu adalah katarak yang memang sudah mulai muncul untuk menutupu lensa mata. Akan tetapi, katarak yang muncul lebihkecil sehingga mata masih dapat melihat namun mata seperti melihat lukisan dari kejauhan. Penderita akan melihat seperti awan di dalam matanya tersebut.

2. Lapisan kuning atau coklat


Untuk gejala yang selnajutnya adalah lapisan mata akan berubah menjadi warnakuning ataupun berwarna coklat. Hal ini pasti akan membuat penderita mata katarak tidak akan dapa melihat dengan jelas jika pada malam hari dan bisa juga mata akan tidak peka terhadap cahaya yang ada di sekitarnya.

3. Mata silau


Untuk gejala yang selanjutnya adalah mata penderita akan sering merasakan silau saat terkena cahaya seperti cahaya lampu ataupun cahaya matahari. Banyak orang yang mengeluh ketika gejala yang satu ini muncul karena memang penderita katarak akan mengalami sakit dan juga mata mata jika terkena cahaya sedikit saja. Untuk sampai gejala yang satu mata masih tetap bisa di sembuhkan dengan beberapa metode.

4. Mata melihat cincin di sumber cahaya


Jika Anda merasa sering melihat cincin ketika mengarahkan mata pada cahaya maka dapat di pastikan itu adalah gejala dari mata katarak. Dalam kondisi yang seperti ini di sebabkan karena adanya cahaya yang masuk kedalam mata akan membuat difraksi sehingga cahaya pun terpantul membentuk cincin.

5. Pandangan matak


Gejala dari mata katarak yang berikutnya adalah mata dari penderita akan semakin kabur pada saat melihat. Mata yang kabur ini hampir mirip dengan gejala dari mata yang min dan jika penderita menggunakan kaca mata maka penglihatan akan normal kembali dan dapat di atasi. Akan tetapi, pemakaian kaca mata ini juga tidak bertahan lama.

6. Pandangan mata kuning


Untuk gejala yang selanjutny adalah mata penderita katarak akan mengalami pandangan yang terlihat kuning. Maksudnya disini adalah mata yang katarak pada saat melihat maka bayangan yang masuk pada mata memiliki warna yang kuning. dan hal ini di karenakan adanya cahaya yang masuk ke lensa membuat semua warna tidak tertangkap dengan baik.

7. Gambar menjadi ganda


Untuk semua orangyang terkena katarak past akan mengalami gejala yang satu ini yaitu jika melihat suatu benda atau objek maka bayangan juga akan menjadi ganda. Ini di karenakan kondisis difraksi yang pada lena yang tidak normal maka membuat bayanagan benda pun menjadi ganda.

8. Warna putih di bagian hitam mata


Kemudian untuk  gejala yang berikutnya adalah mata akan memiliki lender putih yang menutupi  bagian mata yang hitam. Pada awalnya warna putih itu adalah tipis dan juga transparan namun jika semakin hari semakin di biarkan maka akan menjadi menumpuk dan membuat penglihatan menjadi terganggu.

9. Daya lihat saat malam terganggu


Biasanya mata yang katarak ini akan normal pada siang hari akan tetapi, akan menggangu penglihatan jika sudah malam hari. Dan jika Anda mengalami gejala seperti ini maka dapat di pastikan bahwa itu adalah katarak

10. Sensitive terdahap cahaya


Untuk penderita kataak juga akan mengalami gejala mata akan sensitive pada saat melihat cahaya.

Baca Juga: 21 Penyebab dan Gejala Stroke Ringan

2 Gejala Mata Katarak Lainnya :

1. Susah membedakan warna
2. Yang bersih jadi tampak kotor

Informasi mengenai mata katarak di atas semoga dapat membantu Anda dan juga bermanfaat. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....