Langsung ke konten utama

10 Penyebab dan Gejala Gusi Bernanah

Penyebab dan Gejala Gusi Bernanah - Kondisi gusi berdarah sangat umum di alami orang sehingga apabila dialami akan menjadi hal yang biasa. Namun berbeda halnya apabila gusi mengeluarkan nanah disertai rasa nyeri yang sangat menyakitkan. Dalam artikel di bawah ini akan dijelaskan tentang penyebab dan gejala gusi bernanah yang harus Anda ketahui.


Gusi, Gusi Berdarah


Nanah yang berada di balik gusi yang bengkak apabila dibiarkan akan menyebar pada bagian lainnya dengan cepat. Berikut ini merupakan beberapa penyebab dan gejala gusi bernanah yang sangat mudah di deteksi sejak dini.

Penyebab Gusi Bernanah :


1. Abses periapikal


Abses periapikal merupakan pembengkakan gigi atau gigi bernanah yang terjadi di sekitar ujung akar gigi. Penyebab utamanya yaituterbukanya jaringan pulpa gigi oleh karies (gigi berlubang). Gigi yang berlubang akan menjadi jalan masuk bagi bakteri sehingga sangat mudah untuk menginfeksi ruang pulpa gigi yang cpat menjalar ke ujung saraf sehingga akan terjadi infeksi pada ujung akar gigi.

2. Abses periodontal


Abses periodontal merupakan kondisi gusi bernanah yang terjadi pada bagian gusi yang menempel pada gigi. Hal ini biasanya disebabkan oleh karang dan plak pada gigi. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membersihkan gigi secara rutin kepada dokter gigi enam bulan sekali.

Gejala Gusi bernanah


1. Gusi lunak


Salah satu penyebab dan gejala gusi bernanah yang biasanya terjadi yaitu akan terasa lunak apabila dipegang. Gusi yang normal biasanya akan terasa keras, namun apabila terjadi infeksi akan lebih kenyal karena didalamnya berisi nanah.

2. Gusi memerah


Gusi yang mengalami infeksi juga akan terjadi perubahan warna, gusi yang normal biasanya akan berwarna merah mudah, namun apabila terjadi pembengkakan pada gusi dan berwarna kemerahan harus diwaspadai dengan cara memeriksakan kondisi gusi ke dokter.

3. Gusi membengkak


Infeksi yang terjadi pada gusi akan terasa sakit apabila tersentuh sesuatu karena adanya pembengkakan yang terjadi. apabila hal tersebut terus terjadi tentu akan membuat Anda tidak nyaman saat hendak mengonsumsi makanan.

4. Sakit pada area sinus


Gangguan yang terjadi pada gigi juga dapat meluas pada area sinus. Biasanya seseorang yang mengalami infeksi pada gusi akan merasakan rasa sakit pada bagian pipi depan yang dekat dengan hidung. Hal ini kemungkinan infeksi juga menyerang pada bagian sinus.

5. Pembesaran kelenjar getah bening


Infeksi gusi yang terletak di bagian bawah rahang akan menyebabkan menjalar pada daerah getah bening sehingga memiliki ukuran yang lebih besar. Selain itu bengkak juga bisa terjadi pada daerah leher. Biasanya rasa bengkak akan di ikuti oleh rasa nyeri yang tak tertahankan. Pembengkakan getah bening dan leher bukan hanya disebabkan oleh infeksi gusi, namun bisa disebabkan oleh adanya penyakit lainnya. oleh sebab itu sebaiknya segera lakukan pemeriksaan medis untuk mengetahui penyebab pastinya.

6. Demam


Seseorang yang mengalami gusi bernanah karena adanya infeksi akan menimbulkan rasa nyeri yang datang secara terus menerus. Bahkan tak jarang pula akan menimbulkan demam. Apabila Anda mengalami demam disertai rasa nyeri pada gusi, hal tersebut dapat dipastikan bahwa adanya infeksi pada bagian gusi yang harus segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

7. Sensitivitas gigi bertambah


Gigi sensitif merupakan suatu kondisi gigi ngilu apabila mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin. Hal ini sangat umum dialami oleh kebanyakan orang, namun apabila terlalu parah, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan oleh adanya pembengkakan pada gusi karena infeksi.

8. Sakit gigi


Biasanya gangguan gusi tidak hanya menimbulkan rasa sakit pada gusi saja, namun juga pada gigi sekitar terjadinya infeksi gusi. Terlebih lagi saat menggunakan gigi untuk mengunyah rasa sakit yang sangat berlebihan akan membuat Anda terganggu dan kehilangan nafsu makan.

Baca Juga : 9 Cara Meredakan Gusi Bengkak 



Kondisi dimana gusi mengeluarkan darah sangat besar kemungkinan terjadi pada seseorang yang tidak pernah memperhatikan kesehatan gigi dan mulut, sehingga bakteri dan kuman akan bersarang pada mulut dan menyebabkan infeksi pada gusi