Langsung ke konten utama

20 Penyebab dan Gejala Glaucoma Akut pada Mata

Glaukoma adalah salah satu gangguna yang terdapat pada mata yang terjadi akibat dari tekanan yang berada pada mata yang kemudian akibat cairan mata tidak bisa mengalir dengan baik. Tekanan yang meningkat inilah yang kemudian mengakibatkan rusaknya jaringan saraf pelapis yang terdapat pada belakang mata yang mengatur cahaya yang masuk dan saraf yang juga dapat mengubungkan mata dengan otak. Cairan mata adalah merupakan salah satu cairan yang sangat penting untuk mata karena cairan ini setiap hari akan di produksi yang kemudian mengalir pada darah.

Cairan mata ini dapat menghasilkan tekanan yang di gunakan untuk menjaga bentuk mata. Untuk mata orang yang sehat ini cairan mata ini akan mengalir dengan lancar tekanan pada mata akan terus normal. Dan untuk penderita glaucoma ini, cairan pada mata akan terganggu. Untuk  glaucoma sendiri adalah salah satu penyebab dari kebutaan pada mata dan juga dapat kerusakan yang terdapat pada organ penglihatan. Untuk penderita yang secepatnya melakukan pengobatan akan dapat meminimalisir akibat dari glaucoma seperti kerusakan pada saraf mata. Dan berikut ini adalah penyebab dan juga gejala dari glaucoma akut pada mata.


20 Penyebab dan Gejala Glaucoma Akut pada Mata

Penyebab Glukoma Akut pada Mata :


1. Pernah mengalami cedera pada mata
2. Masalah gizi
3. Faktor genetika
4. Terkena rabun jauh
5. Berusia lebih dari 45 tahun

Gejala Glaucoma Akut pada penderita yang paling umum...

1. Mata terasa sakit


Penderita glaucoma mata pasti akan mengalami gejala mata yang akan terasa sakit. Mata yang sakit ini akan terasa nyeri pada bagian dalamnya dan untuk membuka mata pun akan terasa berat. Untuk Anda yang sering merasa bahwa mata terasa sakit, maka Anda perlu segera memeriksakannya pada dokter untuk mecegah hal yang tidak di inginkan.

2. Mata yang kemerahan


Kemudian penderita mata glaucoma juga akan mengalami gejala mata yang berubah warna menjadi kemerahaa. Mata yang kemerahan ini di akibatkan dari gejala sebelumnya yakni mata yang perih.

3. Kepala pusing seperti migran


Kemudian gejala yang selanjutnya adalah kepala sakit seperti migran yang bersamaa datang dengan mata yang perih dan juga kemerahan. Kepala yang sering sakit ini ada di karenakan adanya sebuah gangguan yang terjadi pada saraf mata dan jika Anda terlalu sering mengalami sakit kepala migran maka bisa jadi itu adalh gejala dari glaucoma akut pada mata.

4. Melihat bayangan lingkaran pada sekitar lampu


Bagi Anda yang sering mengalami melihat banyangan lingkaran yang ada di sekitar lampu maka itu adalah salah satu gejala dari glaucoma  mata. Akan lebih baik jika Anda sering mengalami gejala seperti itu untuk segera memeriksakannya kepada dokter mata agar segera di obati secara intensif dan tidak sampai fatal.

5. Merasakan mual


Merasakan mual yang berlebih juga dapat di artikan sebagai gejala dari glaucoma mata. Biasanya mual ini adalah salah satu gejala dari masuk angina, maag ataupun demam, akan tetapi mual juga gejala dari sakit mata glaucoma dan tentu saja jika Anda sering merasakan mual harap untuk segera ke dokter.

6. Mengalami muntah


Penderita dari mata glaucoma akut juga akan mengalami muntah karena perut yang terasa sangat mual sekali. Penderita ini akan muntah seperti layaknya orang yang terkena masuk angin dengan di sertai perut yang kembung.

7. Penglihatan menjadi samar


Untuk penderita glakuoma mata akan mengalami gejala yakni penglihatan akan menjadi samar pada objek yang jauh. Untuk ciri- ciri yang satu ini memang hampir mirip dengan gejala dari rabun jauh. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda melakukan pengecekkan pada mata Anda dengan dokter mata untuk mengetahui apakah rabun jauh atau glaucoma.

8. Tidak dapat melihat warna yang cerah


Untuk penderita mata glaucoma ini akan mengalami penurunan daya penglihatan dan khusunya jika melihat benda yang memiliki warna cerah karena hal itu akan menyakiti mata jika memaksakan untuk melihat benda yang memiliki warna yang cerah. Dan ini jika di biarkan saja akan semakin membuat penderita tidak dapat melihat lagi.

9. Tidak dapat mengenal warna dengan baik


Untuk penderita glaucoma akan semakin tidak mengenali warna dan ini tentu saja akan menganggu aktivitas pendeirta.

10. Penglihatan yang tidak focus


Untuk gejala yang selanjutnya adalah pendeirta dari mata glaucoma akut ini akan mengalami penglihatan yang tidak focus lagi dan ini biasanya membuat penglihatan melihat menjadi buram dan juga tidak jelas.

Baca Juga: 20 Penyebab dan Gejala Sakit Gigi

5 Gejala Glaucoma Akut yang Lainnya :


1. Adanya garis gelombang dalam penglihatan
2. Penglihatan mata menjadi kabur atau tidak fokus
3. Mengalami halusinasi
4. Munculnya lingkaran berwarna pelangi
5. Hilangnya visi penglihatan

Semoga info mengenai 15 penyebab dan gejala dari glaucoma mata akut di atas bermanfaat. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....