Langsung ke konten utama

21 Penyebab dan Gejala Epilepsy Anak

Epilepsy atau biasa di sebut dengan ayan oleh masyarakat yang bisa menjadikan seseorang yang mengalami kejang dengan secara berulang- ulang. Orang yang terkena epilepsy ini adalah orang yang mengalami kerusakan dan juga perubahan dari fungsi otak. Otak manusia di dalamnya terdapat neuron ataupun juga sel- sel saraf yang adalah salah satu bagian dari system saraf. Untuk masalah ayan atau epilepsy ini, kejang- kejang yang terjadi ini adalah ketika pada saat impuls listrik yang di hasilkan juga secara berlebihan yang kemudian menyebabkan gerakan tubuh yang tidak bisa terkendali dari dalam tubuh.

Memang benar adanya jika kejang yang terjadi ini adalah salah satu gejala dari epilepsy. Akan tetapi, bukan berarti jika jekang yang di derita itu adalah epilepsy. Dan dalam dunia medis pun juga mengatakan bahwa orang yang mengalami kejang- kejang yang lebih dari satu kali ini perlu sekali untuk di curigai. Dan untuk epilepsy sendiri tingkat parahnya kejang- kejang juga akan berbeda- beda pada setiap orang. Dan menurut data dari badan kesehatan mengatakan bahwa penduduk di seluruh dunia ini penderita epilepsy sudah mencapai 50 juta lebih. Dan berikut ini adalah penyebab dan juga gejala dari epilepsy.

21 Penyebab dan Gejala Epilepsy Anak


Penyebab Epilepsy Anak :


1. Cedera parah di kepala
2. Penyakit infeksi otak
3. Kekurangan oksigen ketika dilahirkan
4. Kadar gula darah atau natrium yang tidak normal
5. Kecanduan minuman beralkohol

Gejala epilepsy anak yang harus dipahami sejak dini...

1. Kepala pusing


Untuk penderita epilepsy, pasti akan mengalami gejala sakit kepala atau biasa di sebut dengan kepala pusing. Memang benar adanya jika anak yang mengalami epilepsy akan menimbulkan gejala kepala yang pusing. Rasa pusing pun juga tak tertahankan, jadi Anda sebagai orang tua juga harus segera memeriksakannya kepada dokter.

2. Mengalami demam


Untuk gejala yang selanjutnya adalah mengalami demam, untuk gejala yang satu ini adalah lanjutan dari kepala yang pusing. Setelah anak akan mengalami sakit kepla yang tak tertahankan maka selanjutnya anak akan mengalami demam yang tiba- tiba datang dan suhunya pun dapat dengan cepat meninggi.

3. Pendengaran kurang sempurna


Gejala  yang selanjutnya adalah anak akan mengalami masalah dalam hal pendengaran dan hal inilah yang akan mengganggu anak dalam aktivitasnya. Pendengaran naka yang tidak sempurna memang menjadi masalah, oleh karenanya Anda pun harus segera untuk memeriksakannya karena bisa jadi itu adalah gejala dari epilepsy.

4. Keluar keringat yang berlebihan


Gejala yang selanjutnya adalah anak akan mengeluarkan keringat dengan terus- menerus dan juga keringat keluar dengan secara berlebihan. Anak ini akan mengeluarkan keringat kapan saja, walaupun itu sedang dalam keadaan yang tidak beraktivitas seperti tidur.

5. Keluar busa dalam mulut


Penderita epilepsy anak yang selanjutnya adalah anak akan mengalami keluar busa pada mulut dan hal ini hampir mirip dengan orang yang keracunan. Jika anak Anda tiba- tiba saja mengalami mulut yang berbusa maka sebentar lagi kejang- kejang pada anak akan muncul. Dan jika sudah begini, Anda pun harus mengangani anak epilepsy dengan benar karena bisa fatal.

6. Melamun


Anak yang akan memiliki epilepsy ini akan sering sekali melakukan melamun, dan anak pun akan melamun di sembarang tempat. Anak yang melamun memang mengartikan anak mengalami masalah yang mungkin nanti akan membuat mentalnya pun tertekan. Akan tetapi, melamun juga merupakan salah satu gejala dari epilepsy.

7. Badan yang lemas


Gejala anak yang mengalami epilepsy berikutnya adalah anak akan mengalami badan yang mudah lemas. Badan yang mudah lemas memang mengindikasikan masalah kesehatan dalam tubuh dan salah satu masalah kesehatan itu adalah anak akan mengalami epilepsy atau biasa di sebut dengan ayan.

8. Pingsan


Anak yang akan terkena epilepsy memang akan mengalami gejala mudah pingsan dengan sendirinya. Pingsan ini pun akan tiba- tiba datang dengan bersamaan dengan kepala yang sangat pusing. Dan ini tentu saja akan membahayakan anak dan Anda pun sebagai orang tua harus memiliki penanganan yang khusus.

9. Susah berkonsentrasi


Anak akan mengalami susah dalam berkonsentrasi, salah satu kendala ini juga merupakan salah satu gejala dari epilepsy. Jika Anda susah dalam konsntrasi memang salah satu gejala dalam kesehatan seperti cacingan dan juga epilepsy.

10. Kedutan pada tubuh


Untuk penderita epilepsy anak pasti juga akan mengalami gejala kedutan yang tidak beraturan. Kedutan yang seperti itu adalah seperti kejang- kejang dan gerakan pada tanagn dan juga kaki sama sekali tidak beraturan dan sangat susah untuk dikendalikan.

Baca Juga: 20 Penyebab dan Gejala Glaucoma Akut pada Mata

Gejala epilepsy yang lainnya :


1. Mengalami kebingungan
2. Tatapan mata yang kosong
3. Tidak dapat mengendalikan emosi
4. Hilang ingatan
5. Tidak merespon gerakan
6. Selalu gelisah

Dengan mengetahui mengenai penyebab dan gejala epilepsy anak di atas, diharapkan Anda bisa lebih awas dan waspada. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....