Langsung ke konten utama

30 Penyebab dan Gejala Diabetes Melitus

Penyakit diabetes mellitus atau yang juga dikenal dengan penyakit kencing manis atau adalah salah satu penyakit yang sangat kronis karena penyakit yang menahun. Diabetes ini adalah penyakit yang mana pancreas tidak dapat memproduksi insulin yang cukup di dalam tubuh dan itulah mengapa  terdapat peningkatan pada kadar gula dalam darah sdan mengganggu system metabolisme dalam tubuh. Diabetes sendiri terbagi menjadi 2 tipe yakni diabetes mellitus tipe 1 dan juga tipe 2.
Untuk diabetes yang muncuk akibat dari kekurangan insulin di sebut dengan dabetes mellitus tipe 1.

Sedangkan diabetes yang muncul karena adanya kelebihan insulin adalah diabetes melitus tipe 2. Insulin ini adalah hormone yang di buat oleh sel beta yang ada di dalam pancreas dan insulin memiliki fungsi untuk mengatur metabolisme gula dalam tubuh yang digunakan untuk mengubah glukosa yang di jadikan glikogen yang kemudian di simpan di dalam hati dan juga otot.
Apabila dalam kondisi ini tidak segera di obati maka dapat mengakibatkan kondisi yang di dalam jangka panjang dan dapat merusak pembuluh darah dan dapat mengakibatkan berbagai komplikasi. Untuk penderita diabetes melitus akan mengidap penyakit ini selama bertahun- tahun. Dan berikut ini adalah penyebab dan gejala dari diabtes mellitus.

30 Penyebab dan Gejala Diabetes Melitus


Penyebab Diabetes Melitus :


1. Sering makan- makanan yang di goreng atau gorengan
2. Sering ngemil makanan manis
3. Malasnya melakukan aktivitas fisik
4. Karena factor genetik
5. Sering mengkonsumsi alcohol

Ada beberapa gejala diabetes melitus yang harus Anda waspadai...

1. Cepat haus


Merasakan cepat haus atau bisa di sebut dengan polidipsia merupakan suatu kondisi yang mana penderita akan sering merasakan haus yang berlebihan dan seringkali merupakan gejala awal diabetes dan mulut pun akan mengering. Rasa yang sering haus sendiri bukanlah gejala dari diabetes saja namun juga gejala dari dehidrasi, demam dan masih banyak lagi.

2. Banyak buang air kecil


Gejala yang selanjutnya adalah penderita diabetes akan sering sekali membuang air kecil. Ini di karenakan penderita diabtes sering meminum air dengan voume yang cukup banyak dan juga volume dari buang air kecil penderita cukup abnormal atau biasa di sebut dengan polyuria. Untuk orang yang normal dalam sehari mengeluarkan seni sebanyak dua liter. Dan hal ini pun jangan di anggap rmeh karena dapat mengakibatkan dehidrasi parah.

3. Cepat lapar


Penderita diabetes mellitus juga akan mengalami gejala seperti itu yaitu penderita akan merasakan cepat lapar dan kondisi ini di sebut dengan polyphagia. Kondisi yang satu ini akibat dari tubuh yang kekuranagn insulin yang digunakan untuk memasukkan kada gula ke dalam tubuh yang membuat tubuh akan kekuranagn energy sehingga akan lemas.

4. Penurunan berat badan


Untuk gejala yang berikutnya adalah penderita akan mengelami penurunan berat badan secara drastis. Hal yang seperti ini adalah kondisi yang tidak dapat di biarkan dan oleh karenanya tubuh akan kekurangan tenaga karena lemak dalam tubuh pun mengurang.

5. Rasa lelah dan lemah yang tidak biasa


Penderita dari diabetes akan mengalami gejala seperti rasa lelah dan juga merasakan lemah yang sangat luar biasa. Hal ini di karenakan tubuh kekurangan gula dan juga menyebabkan kekurangan energy yang di butuhkan oleh tubuh. Dan ini mengakibatkan kerja tubuh akan melambat dan malah membakar otot atau lemak selama beraktivitas.

6. Pandangan kabur


Gejala yang selanjutnya adalah penderita ini akan mengalami penglihatan akan kabur dan tentu ini akan sangat mengganggu aktivitas. Ini di karenakan gula darah yang terlalu tibggi di dalam tubuh membuat cairan tubuh menghilang termasuk mengambil cairan dari tubuh dan ini di karenakan dehidrasi dan membuat tidak dapat berkonsentrasi.

7. Pemulihan luka yang lama atau sering infeksi


Memang benar adanya jika penderita diabetes ini jika mengalami luka pada bagian tubuh maka penyembuhannya akan sangat lama sekali dan juga akan sangat lama luka mongering.

8. Warna kulit gelap


Untuk penderita diabtes mellitus ini juga memiliki gejala dari warna yang berubah yakni dengan adanya bercak yang berwarna gelap dan kondisi ini bernama acanthosis nigricans.

9. Mudah marah


Penderita dari penyakit diabetes ini akansering merasakan marah karena orang yang sakit memang akan lebih sensitive karena mereka penderita memikirkan penyakit  yang di deritanya.

10. Kapasitas mulai berkurang


Untuk gejala yang satu ini di tandai dengan adanya tubuh yang lemah dan juga mudah sekali tertidur.

Baca Juga: 21 Pencegahan dan Pengobatan Tifus Dengan Bahan Alami

15 Gejala Diabetes Melitus Lainnya :


1.Daya tahan tubuh lemah
2.Sering kesemutan
3.Infeksi jamur
4.Timbul pennyakit kulit
5.Infeksi saluran kemih
6.Kelelahan
7.Cepat emosi
8.Infeksi gusi
9.Disfungsi ereksi
10.Gatal-gatal
11.Dehidrasi
12.Mulut kering
13.Sariawan
14.Pingsan
15.Tekanan darah rendah

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda dan semoga artikel  ini dapat membantu dan dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.