18 Penyebab dan Gejala Cacar Air Anak-anak

Penyakit cacar air adalah penyakit yang dikarenakan oleh virus varicella zoster. Bagi seseorang yang terkena virus ini maka seseorang tersebut akan mengalami masalah kulit seperti gatal- gatal dengan luka seperti melepuh yang di dalamnya terdapat cairannya. Penyakit cacar air pada anak ini adalah penyakit yang sangat mudah menular sehingga jika melakukan kontak fisik sudah pasti akan tertular. Penyakit cacar air ini adalah penyakit adalah penyakit yang sering muncul pada pergantia musim karena pergantian musim memiliki kelembapan udara yang sangat tinggi sehingga banyak virus yang berkembang biak. Dan untuk cacar air yang di temukan pada anak sering muncul gejala- gejala yang berbeda.

Tentu saja anak yang mengalami cacar air ini akan kesulitan jika akan melakukan sesuatu dan pada setiap anak pun juga berbeda- beda akibatnya. Yang paling membuat anak kesulitan adalah jika cacar air muncul pada sekitar mulut juga yang tentu akan menyusahkan anak ketika akan minum dan juga minum. Dan berikut inilah informasi mengenai penyebab dan juga gejala dari cacar air pada anak.

18 Penyebab dan Gejala Cacar Air Anak-anak

Penyebab Cacar Air pada Anak-anak :


1. Sistem imunitas tubuh yang rendah
2. Kontak fisik langsung dengan penderita cacar air
3. Melalui udara
4. Faktor kebersihan
5. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat

Gejala cacar air anak-anak yang harus orang tua perhatikan...

1. Kelelahan


Anak yang akan mengalami cacar air akan mengalami gejala dimana anak akan merasakan lelah yang sangat dan ini disebabkan oleh sel darag merah yang ada pada dalam tubuhnya. Dan ini tentu saja membuat anak menglami anemia sehingga tubuh pun akan merasa lemah dan juga lelah.

2. Bentol berisi dengan cairan


Penderita cacar air ini akan mengalami gejala bentol yang di dalamnya terdapat cairan bening dan ini tanda bahwa anak sudah terinfeksi virus cacar air. Biasanya gejala yang satu ini akan muncul setelah kulit terkena bintik- bintik merah.

3. Gatal


Gejala yang selanjutnya adalah penderita cacar air ini juga akan mengalami gatal- gatal pada kulit. Dan inilah yang memancing anak untuk menggaruk bentol- bentol pada kulit tersebut yang sehingga bentol pun menjadi pecah dan isi dari cairannya ini akan menyebar sehingga akan menambah bentol lagi.

4. Bentol-bentol menyebar


Gejala yang lainnya adalah penderita akan mengalami penyebarab bentol- bentol yang berisi cairan tersebut. Dan ini tentu saja tidak dapat di hentikan karena kerika virus sudah masuk ke dalam tubuh maka hanya anti bodi yang kuat yang dapat membunuh virus pada cacar air tersebut.

5. Bentol mengering


Kemudian gejala yang selanjutnya adalah bentol yang ada cairannya tersebut akan mongering dalam kurun waktu bebehari saja. Akan tetapi apabila sistem imun yang ada di dalam tubuh tidak baik dan juga kurang kuat maka sel darah putih akan lebih membutuhkan waktu yang lama untuk mengeringkan bentolan tersebut.

6. Bertambah parah jika digaruk


Seperti yang sudah di jelaskan di atas jika Anda merasakan gatal pada bentol yang di dalamya memiliki cairannya dan pada saat di garuk akan semakin bertambah parah. Dan itu tentu saja akan terjadi karena cairan akan menyebar ke permukaan kulit yang lainnya sehingga luka pun semakin bertambah.

7. Nyeri dada


Gejala yang berikutnya ini adalah penderita akan mengalami sesak nafas dengan di serati rasa sakit pada dada kiri. Kondisi ini terjadi karena adanya virus yang menyerang menyebabkan penderita juga mengalami anemia dan membuat aliran darah tidak lancar ke jantung.

8. Urin sedikit


Gejala yang selanjutnya adalah penderita akan mengalami komplikasi dengan air urin yang hanya sedikit. Dan ini sudah menandakan jika virus dari cacar air ini sudah menginfeksi ginjal sehingga membuat ginjal dari penderita mengalami masalah dalam proses penyaringan darah. Dan inilah yang menyebabkan urin akan lebih sedikit keluar dari penderita.

9. Urin berubah warna


Kemudian untuk gejala yang lainnya dari cacar air adalah urin penderita cacar air akan berwarna kuning ataupun coklat keruh dan ini tentunya sangatlah bahaya karena ginjal tidak dapat melakukan proses penyaringan kepada urin.

10. Batuk dan hidung berair


Gejala yang selanjutnya adalah penderita akan mengalami batuk dan hidung sering mengeluarkan ingus secarabersamaan. Dan ini di karenakan adanya virus cacar air yang masuk ke dalam tubuh dan tentu akan merusak system kekebalan tubuh dan inilah yang menyebabkan virus dari batuk dan juga flu akan masuk dengan mudah ke dalam tubuh sehingga tubuhpun akan selalu terseranh flu pada saat cacar air.

Baca Juga: 21 Penyebab dan Gejala Epilepsy Anak

3 Gejala Cacar air anak lainnya :


1. Terserang demam
2. Kulit akan membengkak
3. Sakit kepala

Dengan mengetahui 18 penyebab dan gejala cacar anak-anak, orang tua diharap bisa lebih waspada dan memperhatikan betul si buah hati. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....

Loading...
Loading...