18 Penyebab dan Gejala Bau Mulut Kronis

Masalah bau mulut memang menjadi salah satu masalah yang di hadapi oleh banyak orang karena bau mulut inilah yang membuat orang tidak percaya diri untuk berbicara dengan orang lain apalagi kepada lawan jenis. Dalam dunia medis bau lum di sebut dengan halitosis, dan bau mulut ini adalah suatu kondisi di mana nafas mulut ini yang akan mengeluarkan bau yang tak sedap. Bau mulut juga akan ada jika Anda habis mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan rempah yang sangat banyak seperti bawang dan lainnya. Akan tetapi, untuk halitosis yang kronis adalah masalah bau mulut yang sangat sulit untuk di hilangkan meskipun penderita sudah sering menggosok gigi, berkumur dan juga flossing.

Sebenarnya bau mulut sendiri ini adalah factor dari bakteri yang banyak dan juga berkembang di dalam mulut dari makanan yang masih tertinggal di gigi. Apalagi bakteri Penyebab dari bau mulut juga karena banyak dari penduduk  di Indonesia yang tidak menjaga kebersihan dari mulutnya sendiri yang membuat gigi berkarang, dan berpernyakit periodontium. Dan yang pasti penderita bau mulut akan sering terserang sakit gigi. Banyak dari penderita bau mulut akan tidak mengetahui gejala dan juga penyebabnya sehingga banyak dari penderita tidak melakukan tindakan dan membuat bau mulut semakin parah. Dan berikut ini adalah adalah penyebab dan juga gejala dari bau mulut yang kronis.


18 Penyebab dan Gejala Bau Mulut Kronis

Gejala Bau Mulut Kronis :


1. Adanya lubang pada gigi
2. Adanya kerak pada gigi
3. Terdapat lapisan kekuningan pada lidah
4. Mulut menjadi kering
5. Gusi berdarah

Penyebab bau mulut kronis yang harus Anda hindari...

1. Karena factor genetik


Untuk penyebab yang pertama adalah karena adanya factor genetic, karena bisa saja akan ada saudara dan orang tua yang memiliki masalah bau mulut yang sehingga membuat anak pun akan mengalami masalah yang sama. Jika memang benar Anda mengalami masalah bau mulut yang kronis maka Anda dapat melakukan beberapa perawatan kepada dokter agar masalah bau mulut tidak sampai menjadi akut.

2. Adanya bakteri pada mulut


Untuk penyebab yang selanjutnya adalah karena adanya bakteri yang berkembang di dalam mulut. Bakteri yang berkembang pun juga sangat banyak karena melebihi bakteri yang ada pada mulut orang yang normal. Bakteri ini akan semakin berkembang jika masih ada sisa- sisa makanan di dalam gigi.

3. Terganggunya metabolisme proterin


Penyebab dari bau mulut kronis lainnya adalah karena adanya masalah dalam system metabolisme protein dan juga lemak. Dan inilah yang membuat tubuh menjadi kekurang banyak protein dan juga lemak karena tubuh pun akan sulit untuk memperolehnya.

4. Gangguan bronkitis


Untuk penyebab bau mulut yang kronis lainnya adalah karena adanya gangguan yang ada pada paru- paru. Untuk penderita yang memiliki masalah paru- paru ini juga akan mengalami bau mulut yang cukup kronis. Karena paru- paru yang mengalami masalah akan mengalami infeksi- infeksi yang membuat nafas pun mengeluarkan bau yang sedap.

5. Sering merokok


Penyebab yang berikutnya adalah penderita sering merokok dan ini tentu akan sangat membahayakan kondisi tubuh apalagi paru- parunya. Seperti di atas bronchitis yang mengalami masalah akan mengalami bau mulut yang tak sedap. Asap dari rokok yang masuk itu pun akan membuat mulut menjadi kurang sehat dan menjadikan mulut menjadi bau.

6. Gigi yang kurang bersih


Penyebab yang berikutnya adalah kurang bersihnya membersihkan gigi dan ini adalah salah  satu penyebab yang sudah biasa dan umum di jumpai. Memang benar adanya jika gigi yang kurang bersih akan mengalami bau mulut, ini dikarenakan masih ada sisa makanan yang masih menempel yang semakin membuat bakteri dalam mulut banyak yang berkembang.

7. Infeksi sinus


Infeksi sinus juga salah satu dari penyebab bau mulut yang akut dan juga kronis, banyak peneliti yang mengatakan bahwa bau mulut yang kronis juga akibat dari infeksi sinus. Dan Anda masih dapat mengobati bau mulu krooni akibat infeksi sinus dengan menggunakan antibiotic yang sesuai dengan resep dari dokter.

8. Akibat dari dehidrasi


Dehidrasi juga menjadi salah satu penyebab dari dehidrasi karena jika seseorang mengkonsumsi minuman yang kurang selama beberapa hari akan membuat mulut menjadi kering dan menjadikan nafas yang keluar bau.

9. Kanker


Kanker juga menjadi penyebab dari bau mulut kronis karena penderita kanker akan sering melakukan kemoterapi dan selalu minum obat.

10. Diabetes


Penyakit yang satu ini memang tidak di ragukan karena banyak penderita yang mengeluhkan bau mulut yang tak sedap.

Baca Juga: 22 Penyebab dan Gejala Stroke Berat

3 Penyebab Bau Mulut Kronis Lainnya :


1. Tingginya asam lambung
2. Maag
3. Radang tenggorokan

Semoga penjelasan mengenai 18 penyebab dan gejala bau mulut kronis ini bermanfaat. Silahkan membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....

Loading...
Loading...