Langsung ke konten utama

9 Penyebab Bipolar dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bipolar - Bipolar merupakan salah satu gangguan kesehatan  yang sudah tidak asing lagi di telinga anda. Mungkin anda sudah mengetahui pemain sinetron yang bernama marsanda, dia pernah mengaku sudah terkena penyakit ini. Merupakan salah satu situasi depresi yang melukiskan keadaan berubahnya kondisi, bisa juga perasaan yang memiliki sifat episodik serta semakin parah. Dengan artian gangguan kesehatan bisa datang kapan saja serta dapat hilang begitu saja.



Berbicara tentang gejala bipolar pasti ada beberapa penyebabnya seperti lingkungan, genetika bawaan dan juga yang lain. Dari berbagai pendapat bahwa keadaan tersebut di akibatkan oleh ketidak seimbangan neurotransmitter atau bisa juga zat pengontrol sistem otak. Ada juga yang mengatakan bahwa bipolar ada kaitanya dengan komponen keturunan. Berikut inilah berbagai macam yang dapat menyebabkan bipolar terjadi pada anda.

1. Zat-zat tertentu


Penyebab biporal yang pertama dapat di sebabkan karena zat-zat tertentu seperti minuman kerasa atau alkohol yang merupakan salah satu zat yang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. alkohol memiliki kemapuan untuk menjadikan seseorang mengalami depresi, kandungan kafein yang terdapat pada kopi dan teh juga dapat menyebabkan anda depresi jika mengkonsumsinya secara terus menerus.

2. Obat-obatan terntentu


Selain zat-zat tertentu yang dapat menyebabkan biporal, obat-obatan tertentu secara tidak langsung bisa juga menyebabkan hal ini terjadi pada anda. Namun, bisa mengakibatkan pada penderita ke sebuah perjalanan penyakit semakin bertambah tidak baik secara bertahap. Obat-obat ini termasuk amphetamine, ekstasi, kokain yang dapat berakibat terjadinya mania, beberapa obat yang dapat menenangkan antidepresan dapat mengakibatkan depresi.


3. Kurang istirahat


Jika anda teramsuk seseorang sering lembur kerja sampai atau melebihi batas jam kerja, otomatis anda akan mengalami kurang tidur atau istirahat anda kurang teratur. Hal ini jangan sampai di anggap sepele. Sebab, bipolar merupakan bagian dari perubahan dari suasana hati yang drastis yang dapat di sebabkan karena kurang beristirahat atau tidur.

4. Perubahan musim


Biporal dapat terjadi ketika seseorang tinggal di negara yang memiliki empat musim. Hal ini di sebabkan karena perubahan musim dapat menjadi aspek eksternal yang dapat menyebabkan biporal di mana salah satu gangguan kesehatan mental megikuti pola musiman tersebut. gangguan depresi akan lebih cenderung pada musim dingin, semi dan gugur. Sedangkan bagian yang dapat mengakibatkan perubahan suasana hati yang dratis lebih kerap di alami di musim panas.

5. Stress


Bukan hanya perubahan musim yang bisa menyebabkan biporal, sering mengalami stres juga dapat mengakibatakan gangguan tersebut. semua manusia pasti pernaha mengalami yang namanya stres, namun perlu anda ketahui bahwa stres merupakan salah satu bagian dari kejadian hidup seseorang terhadap liabilitas genetik. Berubahnya kejadian yang sangat dratis dan cepat misalkan dari perbuatan buruk ke baik dengan cara mendadak, menghadapi ketika akan masuk kuliah dan juga yang lain.

6. Sistem neuroendokrin


Di dalam tubuh manusia hipatalamus mempunyai fungsi untuk pengendalian pankreas endokrin yang dapat mempengaruhi sekitar limbik di bagian organ otak yang berkaitan dengan amarah. Pankreas pituaritas juga dapat mempengaruhi hormon seseorang pada bagian otak yang terdiri dari sejumlah nukleus dengan berbagai fungsi yang peka berkreasi di mana kelenjar ini memiliki hubungan dengan gangguan kesehatan mental yang mempengaruhi suasana hati, perasaan dan pola pikir seseorang.


7. Sistem Neurokimia


Pada saat seseorang mengalami keseimbangan cairan kimia utama pada organ otak dapat menyebabkan bipolar terjadi pada dirinya. Saraf di dalam tubuh yang menyalurkan instruksi dari otak pada sekeliling organ tubuh sangat dibutuhkan oleh otak. Hal ini terjadi karena otak memiliki sistem untuk mengirimkan rangsang sehingga mempunyai daya untuk mengoprasikan peranya dengan baik.

8. Faktor genetik


Penyebab bipolar ini bisa juga di sebabkan karena faktor genetik atau yang disebut turunan. Menurut dokter perkiraan 50 persen terganggunya perasaan mempunyai orang tua yang memiliki gangguan mood, yang paling sering di alami yaitu gangguan kesehatan mental.


9. Faktor lingkungan


Lingkungan merupakan sesuatu yang bisa mempengaruhi kehidupan  kita. Sebab lingkungan memiliki kontribusi yang sangat penting pada kehidupan psikososial yang dapat mengakibatkan stres. Tentu saja hal ini bisa menyebabkan anda mengalami bipolar.

Baca Juga:16 Cara Menyembuhkan Bipolar dengan Cepat dan Aman


Berbagai faktor dapat menyebabkan anda terjangkit gangguan bipolar. Jika anda termasuk seseorang yang mengalami bipolar, segeralah untuk melakukan perawatan pada dokter ahlinya. Sehingga gangguan bipolar anda dapat di atasi dengan baik dan bisa melakukan pekerjaan secara maksimal.