Langsung ke konten utama

35 Pencegahan dan Pengobatan Usus Buntu

Usus buntu atau biasa di sebut apendisitis ini sebenarnya adalah peradangan yang menyerang apendiks atau usus buntu, usus buntu ini adalah salah satu organ yang di bentuk kantong kecil dan tipis yang berukuran 5 hingga 10 cm yang menyambung degan usu besar.  Apabila ada yang terserang usus besar maka tentu akan mempengaruhi kesehatan dan usus buntu ini sangat berpotensi memicu komplikasi yang serius. Usus buntu adalah suatu penyakit yang umum dan juga dapat menyerang siapa saja. Akan tetapi, usus buntu ini akan lebih menyerang kalangan muda yang berusia sekitar 10 sampai 30 tahun adalah kelompok orang yang paling sering mengalami kondisi ini.

Untuk gejala penyakit usus buntu yang paling sering muncul adalah merasakan sakit perut namun bukan semua Janis sakit perut adalah gejala dari usus buntu. Untuk usus buntu yang mengindikasikan terkena terserang peradangan adalah sakit yang berada pada bagian tengah dan kemudian rasa sakit akan hilang dengan sendirinya. Lalu kemudian untuk beberapa jam kemudian, rasa sakit itu akan berpindah ke perut kanan bawah yang tepat dimana usus buntu itu berada yang akhirnya bertambah parah rasa sakit akan terus- menerus datang. Dan berikut ini adalah pencegahan dan pengobatan usus buntu.

35 Pencegahan dan Pengobatan Usus Buntu


Pencegahan Usus Buntu :


1. Membatasi mengonsumsi kafein
2. Minum air putih yang banyak
3. Tidur Teratur Dan Berkualitas
4. Jangan telat makan
5. Hindari untuk mengonsumsi minuman yang beralkohol

Beberapa pengobatan usus buntu secara alami...

1. Sambiloto


Untuk penderita usus buntu dapat menggunakan daun sambiloto, daun ini memang dipercaya dapat untuk mengobati penyakit diabetes namun tak hanya itu saja, daun sambiloto ini juga dapat mengobati usus buntu. Anda hanya perlu merebus daun ini dengan air dan jika sudah matang maka Anda dapat meminumnya dengan menggunakan madu.

2. Temulawak


Penderita usus buntu juga dapat mengkonsumsi temulawak karena temulawak ini dipercaya untuk dapat mengobati usus buntu karena memiliki senyawa yang dapat memperbaiki system kekebalan tubuh. Anda dapat mengkonsumsi air rebusan dari temulawak ini untuk diminum sampai kondisi dari usus buntu membaik.

3. Mengkudu dan Madu



Banyak yang menggunakan mengkudu dan juga madu yang dijadikan sebagai ramuan dari usus buntu. Untuk cara membuat obat tradisional ini juga sangatlah mudah. Anda hanya perlu memarut mengkudu tersebut yang kemudian peras sampai keluar airnya dan air tersebut dapat Anda konsumsi dengan campuran madu.

4. Tanaman Krokot


Tanaman yang satu ini memang sangat terkenal untuk dapat memperlancar air susu ibu. Akan tetapi, selain dapat memperlancar air susu ibu tanaman krokot ini juga di percaya untuk bisa mengobati penyakit usus buntu yang memang memiliki zat untuk menyembuhkan masalah usus.

5. Kunir dan Jeruk Nipis


Kemudian untuk pengobatan yang lainnya adalah dengan menggunakan kunir dan jeruk nipis karena dipercaya dapat mengobati usus buntu. Dengan Anda mengkonsumsi campuran dari kunir dan juga jeruk nipis maka peradangan yang di derita oleh penderita akan berangsur- angsur sembuh. Anda hanya perlu meminum air kunyit yang sudah dicampur dengan jeruk nipis dan juga gula sampai peradangan usus buntu sembuh.

6. Daun Balimoa


Untuk pengobatan yang lainnya adalah dengan menggunakan daun balimoa yang dapat digunakan untuk ramuan obat tradisional yang aman di konsumsi dengan jangka yang panjang. Anda dapat merebus daun balimoa ini dan menggunakan air rebusan ini sebagai obat yang diminum setiap 3 kali sehari sampai peradangan usus buntu yang dialami membaik.

7. Delima


Buah delima memang merupakan buah yang sudah sering digunakan dalam masalah menyembuhkan masalah usus dan khususnya juga dapat digunakan untuk menyembuhkan peradangan yang terjadi pada usus buntu. Anda dapat merebus buah delima dengan campuran madu yang kemudian air rebusan tersebut dapat Anda minum.

8. Ajeran


Menggunakan daun ajeran juga sangat membantu mengatasi peradangan dari usus buntu bahkan banyak produk obat yang menggunakan daun ajeran tersebut. Maka Anda dapat menggunakan daun ini sebagai ramuan obat untuk menyembuhkan usus buntu.

9. Bawang Putih


Bagi penderita peradangan usus buntu dapat menggunakan bawang putih yang memiliki sifat anti inflamasi yang akan dapat mengobati radang usus buntu secara efektif dan dapat menghilangkan rasa sakit.

10. Ginseng


Ginseng juga memiliki anti- inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit akibat dari peradangan usus buntu.

Baca Juga: 17 Pencegahan dan Pengobatan Amandel


20 Pengobatan Usus Buntu Lainnya :


1.Antibiotik
2.Daun kemangi
3.Minyak jarak
4.Lemon
5.Biji fenugreek
6.Jahe
7.Mint
8.Minyak almond
9.Kulit delima kering
10.Hindari makanan penyebab sembelit
11.Tidur teratur
12.Hindari junk food
13.Air putih
14. Daging
15.Minyak jarak
16.Makanan tinggi serat
17.Istirahat
18.Daun jambu
19.Olahraga
20.Hindari makan pedas

Salah satu penyebab usus buntu adalah makan yang tidak teratur. Bahkan, biasanya suka menunda-nunda makan. Untuk itu, pola hidup sehat harus diterapkan agar penyakit tidak datang. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....