Langsung ke konten utama

21 Pencegahan dan Pengobatan Tifus Dengan Bahan Alami

Sakit tifus atau biasa orang akan menyebut dengan tipes ini adalah penyakit yang terinfeksi dari bakteri salmonella typhi yang pada umumnya akan menyebar melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi oleh bakteri tifus. Penyakit tifus ini adalah salah satu penyakit yang banyak terjadi di Negara yang berkembang dan sebagian besar akan dialami oleh anak- anak dan tentu jika tifus tidak segera ditangani maka akan mengakibatkan kematian. Sakit tifus sendiri sangatlah mudah menular karena dari makanan ataupun minuman yang sudah terkontaminasi dari sebagian kecil tinja yang mengandung bakteri dan juga dapat tertular tifus jika terkena urine.

Bahkan sebuah penelitian yang mengatakan bahwa tifus ini sudah di temukan dan menjangkiti lebih dari 800 sampai mencapai 100 ribu penduduk yang ada di Indonesia. Dan ini dapat di artikan jika penyakit tifus ini adalah penyakit yang sangatlah serius jika tidak segera di tangan. Kemudian adanya system kekebalan tubuh yang belum berkembang dengan sempurna dapat dengan mudah menyerang. Dan untuk gejala tifus biasanya adalah demam tinggi, diare atau konstipasi, sakit kepala dan juga sakit perut. Dan berikut ini adalah pencegahan dan juga pengobatan dari tifus.

21 Pencegahan dan Pengobatan Tifus Dengan Bahan Alami

Pencegahan Penyakit Tifus :


1. Tidak makan makanan sembarangan
2. Hindari makanan yang tidak higienis
3. Mencuci tangan sebelum makan
4. Mengkonsumsi vitamin
5. Istirahat yang cukup

Pengobatan Tifus dengan bahan alami sangat beragam. Anda tinggal menyesuaikan dengan kondisi terkini.

1. Pengobatan dengan Antibiotik


Apabila seseorang terkena tifus maka sebaiknya segera untuk di berikan sebuah anti biotik karena dengan Anda memberikan anti biotik ini maka akan dapat membantu untuk membunuh dan membasmi bakteri dan juga virus dari tifus tersebut. Akan tetapi, jika Anda melakukan konsultasi kepada dokter mengenai anti biotik yang seperti yang cocok untuk tifus.

2. Minum air mineral yang cukup


Akan lebih baik jika penderita tifus ini memperbanyak mengonsumsi air mineral karena biasanya penderita tifus akan kehilangan cairan yang banyak karena di sebabkan oleh muntah. Dengan memperbanyak minum air mineral ini akan semakin mempercepat penyembuhan yang terjadi dan juga dapat menurunkan demam.

3. Cukup istirahat


Penderita tifus juga harus beristirahat dengan baik karena dengan beristirahat ini akan dapat mengembalikan tenaga yang sudah berkurang akibat dari muntah pada saat tifus tersebut. Selain dapat meningkatkan tenaga, dengan cukup istirahat akan semakin memperkuat system kekebalan tubuh.

4. Mengkonsumsi makanan halus


Bakteri dari tifus ini juga akan menyerang usus yang dapat menjadikan usus pun menjadi sangat sensitive. Oleh karena itu, akan lebih baik jika penderita mengkonsumsi bubur sebagai makanan karena jika memakan makanan yang terlalu berat akan memperburuk kondisi.

5. Makan lebih sering


Untuk penderita tifus ini sangat di anjurkan untuk makan dengan lebih sering karena dengan lebih sering makan ini akan dapat membantu untuk usus bekerja dengan lebih baik. Akan tetapi, harus di ingat bahwa memilih makanan yang halus dan tidak boleh yang berat.

6. Hindari makanan pedas


Untuk penderita tifus ini memang memiliki pantangan yakni tak boleh mengkonsumsi makanan yang pedas karena akan memperburuk kondisi apalagi dengan kondisi ususnya karena menyebabkan usus menjadi luka dan membuat bakteri menjadi lebih ganas.

7. Menjaga kebersihan


Untuk penderita yang mengalami tifus dapat akan cepat sembuh jika menjaga kebersihannya. Karena dengan tetap menjaga kebersihan ini akan semakin terhindar dari terkontaminasi dari bakteri dan juga virus dari sumber penyakit lainnya. walaupun dalam kondisi sakit akan lebih baik jika penderita tetap mencuci tangan sebelum makan.

8. Kompres dengan air dingin


Anda dapat melakukan kompres kepada penderita jika penderita mengalami panas yang sangat tinggi. Anda dapat mengompres dengan air dingin karena dengan begitu akan dapat dengan mudah menurunkan panas pada tubuh.

9. Minum larutan oralit


Penderita tifus ini juga akan mengalami diare, oleh karena itu sangat di anjurkan bagi Anda untuk mengkonsumsi oralit agar diare Anda berhenti dan juga terhindar dari dehidrasi. selain itu, Anda juga akan mendapatkan tenaga kembali setelah diare teratasi.

10. Minum cuka sari apel


Menggunakan cuka sari apel bisa mengurangi suhu tubuh yang terlalu tinggi dan sangatlah cocok digunakan untuk penderita tifus. Selain itu, cuka sari apel dapat mengurangi rasa mual dan juga muntah. Jadi tentu saja dengan mengkonsumsi cuka sair apel juga dapat meningkatkan kesembuhan.

Baca Juga: 25 Pencegahan dan Pengobatan Diabetes Tanpa Obat Kimia

6 Pengobatan Tifus Lainnya :


1. Makan bawang putih
2. Minum rebusan air cengkeh
3. Banyak mengkonsumsi makan pisang
4.  Mengkonsumsi makanan telur rebus
5. Anda juga perlu memperbanyak minum jus jambu merah
6. Mengkonsumsi rebusan kunyit

Penyebab tifus adalah bakteri yang berkembangbiak didalam tubuh lewat makanan dan minuman yang tidak higienis. Untuk itu, mulailah seletif dalam memilih makanan dan minuman demi kesehatan tubuh Anda. Silahkan membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....