Langsung ke konten utama

30 Pencegahan dan Pengobatan Mata Bintitan


Bintitan adalah dimana terdapat sebuah benjolan yang kecil yang terdapat pada mata, biasanya bintitan ini terdapat mata bagian luar namun, juga dapat terdapat pada bagian dalam mata dan bintitan yang terdapat pada bagian dalam mata ini akan terasa lebih menyakitkan dari pada bintitan pada bagian luar. Untuk gejala- gejala bintitan  juga sangat mudah untuk dideteksi dari tumbuhnya benjolan merah yang mirip bisul pada kelopak mata, kemudian mata akan sering mata berair, mata atau kelopak mata yang memerah, kelopak mata yang bengkak dan terasa nyeri.

Dan memang hampir dari penderita bintitan ini akan sembuh dengan sendirinya dan sama sekali tidak membutuhkan tindakan medis. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika akan terjadi komplikasi maka akan lebih baik jika Anda segera untuk memeriksakannya kepada dokter jika Anda tidak menemukan tanda- tanda yang menunjukkan mata membaik setelah 2 hari dan pembengkakan menyebar hingga ke bagian lain wajah, seperti pipi.

30 Pencegahan dan Pengobatan Mata Bintitan

Pencegahan Mata Bintitan :


1. Jangan menggosok mata
2. Sering membersihkan lensa jika menggunakan lensa
3. Cuci tangan jika akan memegang mata
4. Pilih kosmetik yang cocok
5. Lindungi mata saat membersihkan rumah

Dibawah ini ada beberapa resep pengobatan mata bintitan secara alami...

1. Mengompres Mata


Bagi penderita mata bintitan akan lebih baik jika Anda segera untuk melakukan kompres mata. Karena dengan mengompres mata ini akan mempercepat benjolan bintitan itu mengempes. Akan lebih baik jika Anda menggunakan es atau air es yang dapat dengan cepat mengecilkan bintitan dan juga dapat menghilangkan rasa sakitnya.

2. Menggunakan Kunyit


Kunyit ini tidak hanya digunakan untuk bumbu dapur saja namun juga bisa digunakan untuk kecantikan dan juga kesehatan. Dan kunyit ini memiliki senyawa atau zat anti inflamasi yang dapat digunakan untuk mengobati mata bintitan. Karena zat anti inflamasi ini juga dapat melawan virus atau bakteri yang membuat mata bintitan.

3. Menggunakan Bawang Putih


Selain kunyit, bawang putih ini juga dapat digunakan untuk mengobati mata yang terkena bintitan. Karena memang bawang putih ini memiliki zat anti bakteri yang sangat berguna untuk membunuh bakteri dari yang menyebabkan mata bintitan.

4. Menghilangkan bintitan pada mata dengan daun sirih


Untuk pengobatan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan daun sirih yang sudah terbukti dapat mengatasi sakit mata. Anda hanya perlu menyediakan 1 sampai 3 lembar daun sirih lalu kemudian rebus sampai mendidih dan gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk membersihkan area mata yang bintitan.

5. Dengan daun jambu


Daun jambu ini memiliki zat anti inflamasi dan juga anti bakteri dan tentu saja akan sangat berguna untuk menyembuhkan mata yang baintitan. Karena dengan adanya anti bakteri pada daun jambu ini akan membunuh bakteri yang masuk ke dalam mata.

6. Dengan obat tetes mata


Menggunakan obat tetes mata ini dapat membersihkan mata dari debu ataupun kotoran yang menempel oleh karena obat tetes mata ini dapat mengobati mata yang bintitan. Akan tetapi, akan lebih baik jika Anda tidak memilih obat mata dengan sembarangan, usahakan memilih obat yang khusus mata bintitan.

7. Menggunakan Salep


Dengan menggunakan salep untuk mata bintitan akan semakin mempercepat penyembuhan mata karena salep bintitan memiliki kandungan anti biotik yang bisa membunuh bactery staphylococcus aureus yang dapat menimbulkan mata bintitan. Dengan Anda mengoleskan secara teratur maka mata Anda sembuh dari bintitan.

8. Tidak Menekan Mata


Dengan Anda yang sering menekan mata yang bintitan akan semakin memperparah kondisi mata Anda. karena selain tangan Anda belum tentu terbebas dari bakteri tentu saja mata akan mengalami infeksi dari bakteri yang berada pada tangan Anda.

9. Teh hijau


Teh hijau memang sudah terkenal dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan sudah digunakan sebagai obat tradisional oleh China. Teh hijau ini dapat mengobati mata bintitan karena memiliki senyawa anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan dan mengurangi bengkak bintitan.

10. Biji ketumbar


Tidak hanya teh hijau saja yang memiliki senyawa anti inflamasi namun ketumbar juga memiliki senyawa ini. Jadi dengan menggunakan ketumbar ini dapat membantu untuk mengecilkan mata bintitan.

Baca Juga: 12 Pencegahan dan Pengobatan Ispa Secara Alami


15 Pengobatan Mata Bintitan Lainnya:


1. Menggunakan shampoo bayi
2. Aloe vera
3. Minyak jarak
4. Daun jambu biji
5. Menggunakan cengkeh
6. Menggunakan kentang
7. Madu
8. Daun patikan kebo
9. Tidak menggaruk atau mengucek mata
10. Tidak membuat mata lelah
11. Menjaga kebersihan tangan
12. Menjaga kebersihan mata
13. Menggunakan bunga
14. Obat anti- inflamasi
15. Dengan menggunakan teh celup

Untuk mengurangi rasa sakit Anda harus rutin mengompresnya. Selain itu, gunakan juga ramuan-ramuan herbal agar mata bintitan segera teratasi  Anda bisa membaca artikel penyakit lainnya....