Langsung ke konten utama

25 Pencegahan dan Pengobatan Kolestrol

Kolesterol tinggi atau dalam dunia medis di sebut dengan hiperkolesterolemia adalah suatu kondisi yang mana tingkat kolesterol seseorang yang berada di dalam darah ini melebihi kadar yang di butuhkan atau normal. Dengan adanya senyawa lemak berlilin yang sangat besar yang terdapat di hati yang di dapatkan oleh makanan yang tak sehat adalah kolestrol. Dengan adanya kondisi kolesterol yang cukup tinggi juga akan dapat meningkatkan risiko terkena beberapa penyakit yang sangat serius bahkan sampai mengalami kematian. Dan untuk penyakit yang akan muncul kepada penderita kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung.

Banyak penelitian yang meneliti bahwa pada tahun 2011 sudah ada sekitar 35% penduduk yang ada di Indonesia yang mengalami kolestrol yang tinggi yang sehingga banyak yang mengalami masalah kesehatan yang cukup serius. Dan ini tentu saja masyarakat di Indonesia memiliki penduduk yang memiliki risiko kerusakan arteri jantung. Dan berikut ini adalah pencegahan dan juga pengobatan untuk penderita kolestrol.

25 Pencegahan dan Pengobatan Kolestrol

Pencegahan  Penyakit Kolestrol :


1. Gaya hidup sehat
2. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang
3. Mengkonsumsi lemak tak jenuh
4. Hindari mengkonsumsi alkohol
5. Hindari merokok

Pembahasan berikutnya mengenai pengobatan kolestrol secara alami...


1. Penuhi tubuh dengan asupan vitamin B3


Anda dapat mengatasi kolestrol yang tinggi dengan banyak mengkonsumsi makanan yang bervitamin B3. Karena vitamin B3 ini dapat menurunkan kolestrol yang jahat dan juga lemak yang dapat mengancam kesehatan. Selain mengobati kolesterol tinggi, vitamin B3 juga sangat baik untuk meningkatkan produksi kolestrol baik untuk tubuh secara optimal.

2. Diet serat pangan


Diet ini adalah diet yang dilakukan dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat yang sangatlah bermanfaat untuk menurunkan kolestrol yang tinggi. Anda dapat mendapatkan serat yang tinggi dengan mengkonsumsi papaya.

3. Olahraga secara teratur


Untuk pengobatan yang sangat efektif juga adalah dengan melakukan olah raga yang teratur. Selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh, dengan berolah raga juga dapat membantu meningkatkan kolestrol yang baik dan juga menurunkan kolestrol jahat.

4. Diet rendah lemak



Anda juga dapat melakukan diet rendah lemak yakni Anda hanya dapat mengkonsumsi makanan yang rendah lemak seperti buah- buahan, dan juga sayur- mayur. Dengan melakukan diet ini kadar kolesterol dalam tubuh akan turun dengan signifikan dan tubuh Anda akan terlihat lebih ramping setelah melakukan diet rendah lemak.

5. Minyak ikan


Minyak ikan atau juga dapat disebut dengan minyak lovaza ini juga dapat membantu menurunkan kolestrol yang jahat. Karena di dalam minyak ikan terkandung lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan kadar trigliserida atau kadar lemak jahat dengan maksimal.

6. Perbaiki pola makan dan hidup sehat


Peran makanan memang sangat banyak dalam pembentukan lemak yakni hingga mencapai 50%. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika penderita kolestrol dapat menjaga pola makan yang baik agar kolestrol pun dapat turun.

7. Mengatur porsi makan


Penderita kolestrol yang tinggi memanglah sangat di anjurkan untuk lebih menjaga porsi makannya. Usahakan kurangi porsi makan Anda yang banyak dengan mengukur porsi menggunakan telapak tangan jadi di usahakan untuk tidak melebihi porsi dari telapak tangan.

8. Batasi makanan berminyak


Untuk penderita kolestrol memang tidak boleh untuk mengkonsumsi makanan yang berlemak karena mengandung minyak yang sangat tinggi yang banyak seperti gorengan misalnya. Bahkan penelitian yang dilakukan para ahli minyak goreng memiliki kandungan lemak yang jahat yang terutama jika minyak itu sudah digunakan lebih dari 2 kali. Dan untuk gantinya Anda dapat mengkonsumsi makanan yang direbus saja.

9. Jangan lewatkan sarapan dengan gandum


Orang yang melakukan diet bahkan melewatkan sarapannya padahal jika tidak sarapan akan membuat diet tidak akan berhasil. Dengan melakukan sarapan yang rutin ini juga sangatlah bermanfaat untuk memberikan energy kepada tubuh sebelum melakukan aktivitas yang padat. Bahkan, sarapan juga dapat mencegah kita konsumsi makanan berlemak jahat nantinya. Anda juga dapat sarapan menggunakan gandum dan sereal termasuk makanan yang cocok untuk penderita kolesterol.

10. Ganti cemilan dengan kacang


Untuk penderita kolestrol yang tinggi juga dapat memakan cemilan yakni dengan menggunakan kacang- kacangan dan memang makanan kacang- kacangan ini sangat bagus untuk menurunkan kolestrol yang tinggi.

Baca Juga: 35 Pencegahan dan Pengobatan Usus Buntu

10. Pengobatan Kolestrol Lainnya :


1. Kurangi lemak jahat, perbanyak lemak tak jenuh
2. Lebih sering konsumsi makanan laut
3. Hindari stres
4. Jangan pernah merokok
5. Tidur yang cukup
6. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang bernutrisi
7. Lebih sering konsumsi makanan laut
8. Banyak minum air mineral
9. Banyak bergerak
10. Rutin melakukan pemeriksaan ke dokter

Penyebab utama kolestrol adalah pola hidup sehat yang tidak diterapkan khususnya pada makanan. Mulailah untuk menata pola makan yang sehat agar koletrol tidak muncul. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....