Langsung ke konten utama

12 Pencegahan dan Pengobatan Ispa Secara Alami


Ispa merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran pernafasan karena adanya infeksi pada saluran pernafasan. Pada umumnya infeksi ini dikarenakan oleh adanya virus yang menyerang hidung, trakea atau pipa pernafasan dan juga  paru- paru. Dengan adanya gangguan pada pernafasan tentu akan sangat mengganggu dan apabila infeksi tidak segera di tangani maka tentu saja tubuh akan kekurangan oksigen dan tentu ini akan berakibat fatal karena dapat berujung kematian. Ispa sendiri adalah salah satu penyakit yang mudah sekali menular kepada orang lain.

Apabila ada orang yang memiliki kelainan pada sistem kekebalan tubuh atau imun yang tidak baik lalu kemudian untuk orang yang sudah lanjut usia juga lebih mudah untuk terserang penyakit ini. Dan yang paling banyak ispa ini menyerang kepada anak- anak karena system kekebalan pada tubuh anak belum tumbuh dengan sempurna. Bahkan banyak pula masyarakat yang ada di Indonesia yang tidak memahami pencegahan dan juga pengobatan untuk penyakit ispa ini.

12 Pencegahan dan Pengobatan Ispa Secara Alami

Pencegahan Penyakit Ispa:


1. Jangan lupa untuk mencuci tangan
2. Perbanyak konsumsi vitamin C
3. Hindari asap rokok
4. Tutup mulut dan hidung saat ada yang bersin
5. Makan makanan bergizi

Banyak sekali cara pengobatan ispa secara alami. Beberapa diantaranya berikut ini...

1. Banyak beristirahat


Bagi penderita yang terserang ispa memang sangat di anjurkan untuk beristirahat saja di rumah karena selain virusnya yang gampang tersebar dengan melakukan istirahat selama terkena penyakit ispa ini penderita akan mudah untuk mengembalikan tenaga yang hilang karena kurangnya oksigen dan dengan begitu penderita akan mudah sembuh dengan cepat.

2. Mengkonsumsi makanan mengandung vitamin C


Untuk pengobatan yang cukup efektif adalah dengan menjaga pola makan dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. karena memang vitamin C ini adalah salah satu nutrisi yang di butuhkan dalam tubuh untuk tetap selalu menjaga system kekebalan tubuh serta memperkuat kekebalan tubuh. Dan makanan yang mengandung vitamin C. Bisa anda dapatkan dari buah seperti jeruk dan sayuran hijau seperti bayam.

3. Jauhi merokok


Bagi penderita ispa sangat di anjurkan untuk menghindari merokok karena penyakit ispa ini adalah penyakit saluran pernafasan jadi jika Anda merokok akan semakin memperparah kondisi bagi penderita. Dan apabila penderita memang bukan perokok maka hindarkan dari asap dari orang yang merokok.

4. Mengonsumsi makanan yang bergizi


Untuk penderita ispa memang harus menjaga kandungan makanan yang akan dimakan selama sakit ispa ini berlangsung karena dengan kandungan gizi yang baik akan semakin mempercepat sembuhnya penderita dari sakit ispa.

5. Menggunakan masker


Untuk pengobatan yang satu ini memang sudah sangat efektif, dikarenakan penderita ispa ini memiliki system kekebalan yang menurun jadi akan semakin mempermudah virus dan juga bakteri yang masuk yang tentu akan semakin memperbanyak penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

6. Banyak minum air mineral


Air mineral memang salah satu air yang sangat membantu dalam proses penyembuhan untuk penderita. Penderita ispa pasti akan mengalami dehidrasi karena memang saluran pernafasan  yang sakit untuk menelan minuman ataupun minuman. Namun, untuk air mineral ini bagi penderita adalah minuman yang wajib diminum setiap hari untuk menghindari kekurangan cairan.

7. Hindari menyentuh bagian tubuh area wajah


Virus ispa ini adalah virus yang menyebar di udara dan itulah sebabnya penderita ispa tidak boleh menyentuh bagian wajah yang terdapat lubang hidung, mulut dan juga mata karena virus ataupun bakteri dari ispa ini akan masuk dengan mudah jika Anda menyentuh bagian itu.

8. Perbanyak mengkonsumsi buah


Penderita ispa ini harus banyak mengkonsumsi buah- buahan yang banyak mengandung vitamin karena dengan semakin banyaknya vitamin yang masuk ke dalam tubuh maka system imun dalam tubuh penderita akan semakin kuat dan tentu akan dapat membunuh virus ispa yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu penderita ispa akan segera sembuh dari ispa.

9. Banyak makan makanan sayuran


Untuk penderita ispa ini sangat di anjurkan untuk tetap makan makanan yang bergizi dan juga sehat yakni dengan memperbanyak makan makanan dari sayur- mayur. Karena dengan banyak mengkonsumsi sayur ini akan mengembalikan energy di dalam tubuh.

10. Selalu mencuci tangan sebelum makan


Penderita ispa wajib sekali untuk selalu mencuci tangan sebelum makan karena tangan adalah tempat yang mana selalu memegang benda yang tentu saja akan banyak virus yang ada di tangan. Jadi sangat di anjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan agar virus pun tak masuk ke dalam tubuh dan memperburuk keadaan.

Baca Juga: 30 Pencegahan dan Pengobatan Diare Secara Alami

2 Pengobatan Ispa Lainnya :


1. Imunisasi yang dapat mencegah ISPA
2.  Memeriksakan ke dokter

Pola hidup sehat serta istirahat yang cukup akan membuat Anda terhindar dari Ispa. Jangan lupa untuk menghindari rokok, karena merupakan salah satu penyebab Ispa. Anda bisa membaca artikel penyakit lainnya....