Langsung ke konten utama

25 Pencegahan dan Pengobatan Diabetes Tanpa Obat Kimia

Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang cukup kronis yang terjadi ketika pancreas tidak dapat memproduksi insulin padahal tubuh pun sangat membutuhkan insulin. Adanya penyakit diabetes ini biasa ditandai oleh kadar gula darah yang berada di atas normal. Untuk diabetes yang tipe 2 merupakan diabetes yang disebabkan oleh tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan sempurna atau kekurangan insulin yang relatif dibandingkan kadar gula darah. Untuk penderita diabetes yang ada di Indonesia menurut penelitian sudah mencapai 10 juta lebih orang yang terkena diabetes dan biasanya penyakit diabetes ini akan menyerang seorang yang memiliki usia 20 tahun sampai 79 tahun.

Bahkan banyak penelitian yang dilakukan oleh badan kesehatan ataupun riset kesehatan yang menyatakan bahwa di Negara Indonesia ini sudah hampir mencapai 12 juta lebih penduduk yang masih memiliki usia 15 tahun lebih yang sudah menderita diabetes tipe 2. Akan tetapi hanya sekitar 26 persen saja yang sudah terdiagnosa namun lebih dari 2 persen yang tidak menyadari bahwa mereka ini sudah terkena diabetes tipe 2. Dan berikut ini adalah pencegahan dan juga pengobatan dari diabetes.

25 Pencegahan dan Pengobatan Diabetes Tanpa Obat Kimia

Pencegahan Penyakit Diabetes :


1. Mengurangi porsi makan
2. Olah raga yang rutin
3. Menghindari makan yang berlemak
4. Melakukan diet yang sehat
5. Hindari makan terlalu banyak

Selanjutnya pengobatan Diabetes yang perlu dilakukan dengan bahan alami...

1. Minum air putih


Bagi penderita diabetes sangatlah di anjurkan untuk banyak mengkonsumsi minum air putih karena dengan banyak mengkonsumsi air putih dapat menurunkan kadar gula darah atau diabetes. Selain itu, kekurangan minum air putih tidak hanya dapat mengakibatkan dehidrasi saja namun juga dapat menaikkan gula darah dalam tubuh. Minum air putih juga dapat menghilangkan bakteri dan kuman yang terdapat pada kulit.

2. Menggunakan kayu manis


Penderita diabetes juga dapat mengkonsumsi kayu manis untuk dapat merangsang aktivitas insulin dengan baik dan kemudian diabetes akan turun. Kayu manis ini memiliki kandungan komponen bioaktif yang juga dapat mencegah diabetes naik.

3. Mengurangi makanan manis


Seseorang yang menderita diabetes memang memiliki banyak pantangan dalam masalah makanan. Seperti halnya memakan makanan yang sangat manis pun juga tidak boleh di konsumsi oleh penderita diabetes. Memang makanan yang mengandung kadar gula yang banyak akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

4. Melakukan olahraga


Orang yang sangat rentan terkena diabetes adalah orang yang sangat jarang melakukan olah raga. Namun, tak hanya dapat mencegah diabetes menyerang dengan berolah raga ini dapat menurunkan tingkat kadar gula yang berada pada darah. Anda dapat melakukan olah raga yang ringan terlebih dahulu yaitu dengan melakukan jogging setiap pagi.

5. Mengonsumsi bawang putih


Banyak peneliti yang mengatakan bahwa dengan memperbanyak mengkonsumsi bawang putih ini dapat memberikan efek yang positif pada saat menjaga kestabilan kadar gula di dalam darah. Tidak hanya dapat menurunkan diabetes yang tinggi namun juga dapat mengatasi koletrol yang tinggi dan juga menurunkan darah tinggi.

6. Memakai daun mangga


Penderita diabetes dapat menurunkan kadar gulanya yang tinggi dengan menggunakan daun mangga dan daun mangga ini sangat membantu dalam pengaturan insulin yang terdapat di dalam tubuh karena menggunakan bahan yang alami.

7. Memanfaatkan daun kari


Bagi penderita yang mempunyai diabetes tipe 1 ataupun tipe 2 maka Anda dapat menggunakan daun kari untuk di jadikan obat tradisional untuk menurunkan gula darah yang naik. Daun kari ini memiliki sifat anti diabetes yang sangat tinggi yang dapat memecah pati menjadi glukosa yang di derita oleh penderita gula darah tinggi.

8. Minum teh hijau


Teh hijau adalah salah satu ramuan yang sangat berguna dan sudah digunakan sebagai obat tradisional di Negara China. Dan teh ini sudah dipercaya oleh banyak kalangan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti diabetes salah satunya. Teh hijau sendiri memiliki kandungan antioksidan dan hipoglikemik kuat yang bisa mengendalikan insulin di dalam tubuh.

9. Memanfaatkan lidah buaya


Khasiat dari lidah buaya memang sudah terkenal banyak seperti halnya dapat melembabkan kulit dan juga dapat di jadikan sebagai obat alami. Lidah buaya ini memiliki gel aloe vera yang dapat mengatasi diabetes karena kandungan anti-hiperglikemia yang pas untuk penderita diabetes tipe 2.

10. Memakai jamun


Anda dapat menggunakan jamun untuk menurunkan kadar gula yang tinggi pada darah. Banyak orang yang menyebut jamun dengan biji blackberry memiliki kandungan glikosida yang berperan sebagai pencegah konversi pati sehingga insulin dapat normal.

Baca Juga: 22 Pencegahan dan Pengobatan Darah Rendah Secara Alami

10 Pengobatan Diabetes Lainnya :


1. Mengonsumsi daun kelor
2. Memakai biji rami
3. Menggunakan daun kemangi
4. Tidur cukup
5. Tidak melewatkan jam makan
6. Makan alpukat
7. Mengonsumsi karbohidrat sehat
8. Menggunakan ketan hitam
9. Memanfaatkan pare
10. Buah merah

Agar terhindar dari penyakit yang menyeramkan satu ini tentu harus mulai menerapkan pola hidup sehat. Jangan berlebihan ketika mengonsumsi makanan, pilih yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Silahkan membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....