Langsung ke konten utama

21 Pencegahan dan Pengobatan Bisul Secara Alami

Bisul atau dalam bahasa latin abscessus yang merupakan sebuah benjolan yang berwarna merah yang terdapat pada kulit yang juga memiliki rasa yang sakit serta berisikan nanah. Bisul ini akan muncul jika terjadi infeksi dari bakteri yang kemudian mengakibatkan folikel rambut yakni lubang tempat rambut tubuh. Bisul ini akan sering muncul pada bagian tubuh tertentu seperti wajah, leher, bahu, ketiak dan juga paha. Karena bagian-bagian tersebut sering mengalami gesekan dan juga sering berkeringat.

Dan untuk gejala dari bisul sendiri adalah dengan munculnya benjolan merah pada kulit. Dan juga bisul ini sendiri akan dapat menjadi salah satu penyakit yang menular dan akan menular terutama melalui kontak terhadap kulit. Karena jika bisul sudah membesar dan juga pecah dengan sendirinya maka virus juga akan menyebar dan akan dengan mudah menempel pada wajah atau daerah bagian tubuh yang lain. Dan berikut ini adalah pencegahan dan juga pengobatan dari bisul.

21 Pencegahan dan Pengobatan Bisul Secara Alami

Pencegahan Penyakit Bisul :


1. Konsumsi makanan sehat
2. Kurangi makanan berprotein tinggi
3. Hindari polutan dan allergen
4. Menjaga kebersihan
5. Hindari menggunakan handuk dengan bersamaan

Ini dia beberapa pengobatan bisul secara alami untuk Anda yang sedang mengalaminya...

1. Dikompres dengan menggunakan air hangat


Untuk pengobatan yang pertama ini adalah cara yang sangat mudah yakni dengan cara mengompres bisul dengan menggunakan air hangat. Dengan menggunakan air hangat ini akan dapat bermanfaat dapat membunuh kuman dan juga bakteri pada daerah bisul.

2. Memanfaatkan obat salep


Anda juga dapat menggunakan salep yang di khususkan untuk menangani bisul dan salep bisul ini pun sangatlah mudah di cari di apotek terdekat. Dengan menggunakan salep khusus untuk mengobati bisul ini akan mempercepat mengecilkan bisul. Anda hanya perlu mengoleskan sedikit demi sedikit kepada bagian yang terkena bisul.

3. Konsumsi obat yang dapat membersihkan darah


Untuk penderita bisul, Anda dapat menggunakan obat ataupun sebuah suplemen yang dapat membersihkan darah dari darah kotor. Karena dengan mengkonsumsi obat atau suplemen pembersih darah dapat lebih cepat menyembuhkan bisul dengan cepat dan juga dapat memproduksi sel darah lebih banyak.

4. Menggunakan bawang putih


Bawang putih adalah salah satu bumbu yang akan selalu ada di dapur. Akan tetapi, selain  dapat digunakan untuk bumbu bawang putih ini ternyata dapat mengobati jerawat dan juga bisul. Anda dapat menumbuk bawang putih sampai halus lalu kemudian oleskan kepada daerah yang berbisul.

5. Memanfaatkan daun ubi jalar


Anda dapat memanfaatkan daun ubi jalar untuk dapat dijadikan obat bisul karena daun ubi jalar ini memiliki senyawa anti bakteri yang sangat cocok untuk mengobati bisul karena anti bakteri ini akan dapat membasmi bakteri dari bisul.

6. Menggunakan parutan buah timun


Untuk pengobatan yang lainnya adalah dengan menggunakan buah timun. Anda dapat menggunakan parutan dan juga buah pala yang sangat bermanfaat untuk mengecilkan daerah yang terkena bisul karena pada dua bahan ini memiliki zat yang dapat menangkal efek racun dari bakteri bisul.

7. Menggunakan daun cabe


Menggunakan daun cabe juga dapat digunakan untuk mengobati daerah yang terkena bisul karena daun cabe ini memiliki senyawa yang dapat membunuh bakteri dari bisul. Anda hanya perlu menumbuk daun cabe ini lalu dioleskan kepada daerah bisul.

8. Menggunakan daun kangkung


Bagi seseorang yang mengalami bisulan maka Anda dapat menggunakan sayuran seperti daun kangkung. Karena daun kangkung ini juga dapat digunakan untuk mengobati bisul, Anda dapat menumbuk kangkung ini dengan menggunakan garam yang kemudian di oleskan kepada bagian tubuh yang terkena bisul. Selain itu, kangkung juga dapat mengatasi anemia.

9. Menggunakan daun sirih


Banyak yang sudah percaya dan membuktikan bahwa daun sirih ini dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit dan salah satunya juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat dan juga bisul. Anda dapat merebus daun sirih ini dan jika air rebusan sudah matang dan juga mendingin maka Anda dapat menggunakan sebagai obat tradisional yang kemudian di oleskan kepada bagian yang terkena bisul.

10. Menggunakan kentang


Anda juga dapat menggunakan kentang sebagai obat yang alami untuk mengatasi bisul yang ada di tubuh Anda. Kentang ini juga dapat dijadikan sebuah masker wajah untuk mengecilkan jerawat dan yang pasti juga dapat digunakan untuk mengecilkan bisul.

Baca Juga: 25 Pencegahan dan Pengobatan Kolestrol


6 Pengobatan Bisul Lainnya :


1. Dengan menggunakan daun bayam duri
2. Dengan menggunakan daun kamboja
3. Memperbanyak mengkonsumsi air rebusan dari temu lawak
4. Dengan menggunakan daun ataupun bunga kecubung
5. Dapat menggunakan tempuyung ataupun tanaman jombang
6. Melakukan pemeriksaan ke dokter

Penyebab bisul adalah pola hidup yang tidak bersih, sehingga menyebabkan munculnya bakteri. Mulailah hidup bersih dari hal kecil, seperti sering mengganti pakaian, mandi secara rutin, dan lain sebagainya. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....