Langsung ke konten utama

20 Pencegahan dan Pengobatan Asma Secara Alami

Asma merupakan salah satu jenis penyakit kronis atau pun menahun yang terjadi pada saluran pernapasan dan biasanya gejala dari asma ini adalah peradangan dan penyempitan yang terjadi pada saluran napas yang kemudian dapat mengakibatkan sesak atau sulit bernapas. Tidak hanya akan mengalami kesulitan bernapas saja namun penderita juga akan mengalami gejala lain seperti nyeri dada, dan batuk- batuk. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.
Orang yang mengalami asma memang tidak boleh kecapekan agar asma yang di derita pun tak akan kambuh.

Selain itu, penderita asma tidak boleh terkena udara yang dingin dan apabila akan melakukan aktivitas di luas di usahakan untuk menggunakan pakaian yang hangat. Karena memang orang yang menderita asma ini akan memiliki saluran pernafasan yang lebih sensitive dari saluran pernafasan orang yang masih normal. Karena pada saat paru- paru teriritasi pada penyebab seperti dia atas, otot- otot yang terdapat di saluran pernapasan penderita asma akan menjadi kaku dan membuat saluran tersebut menyempit. Dan berikut ini adalah pencegahan dan pengobatan dari penyakit asma.


Pencegahan Asma Secara Alami:


1. Menjaga kebersihan tempat tidur
2. Bersihkan karpet dan mainan anak-anak
3. Hindari merokok
4. Menghindari stress
5. Menghindari udara yang terlalu dingin

Dibawah ini beberapa pengobatan asma secara alami...

1. Inhaler


Apabila Anda mempunyai asma yang tiba-tiba saja kambuh maka Anda dapat mengobatinya dengan menggunakan inhaler. Inhaler ini memang menjadi obat yang wajib di bawa oleh para penderita asma. Obat inhaler juga sangatlah praktis digunakan jika sewaktu- waktu obat asma selalu siap didekatnya.

2. Spacer


Pasti Anda sangat asing jika mendengar nama spacer ini karena memang spacer hanya sebagian sedikit orang yang mengetahuinya. Dengan menggunakan spacer ini akan lebih higienis dan lebih aman dibandingkan dengan langsung menghirup di bagian inhaler. Tak hanya meredakan asma namun juga mengurangi terjadinya sariawan, radang tenggorokan dan juga menghindarkan dari efek samping pemakaian obat kimia.

3. Streroid Oral


Untuk penderita asma yang sudah kronis atau bisa kampuh setiap hari maka dapat menggunakan streroid oral yang dapat meredakan asma intensitasnya mulai berkurang maka penderita asma dapat langsung menggunakan obat asma sebelumnya. Obat ini juga dapat mengatasi asma yang di akibatkan oleh alergi.

4. Dengan Menggunakan Kopi


Anda dapat menggunakan kopi sebagai obat untuk mengatasi asma yang di alami oleh penderita asma. Karena kopi memiliki kandungan kafein, oleh karena nya dapat digunakan sebagai obat asma yang dikarenakan penyempitan asma.

5. Minuman Jahe


Untuk penderita asma juga dapat menggunakan jahe untuk mengobati asma yang di derita. Jahe ini memiliki kandungan gingerol pada jahe membuat jahe terasa hangat dan karena hangat inilah yang dapat mengobati asma karena udara yang dingin.

6. Bawang Putih


Anda dapat menggunakan bawang putih untuk mengobati asma dan memang bawang putih ini sudah di percaya dan sering digunakan menjadi obat herbal dari berbagai macam penyakit. Karena kandungan dan berbagai macam zat yang ada di bawang putih ini dapat digunakan sebagai pelega pernafasan yang efektif.

7. Bunga Kenanga


Anda juga dapat menggunakan bunga kenanga yang memang sangat ampuh untuk mengobati asma. Bunga kenanga ini memiliki senyawa yang dapat digunakan sebagai obat asma dan juga dapat digunakan untuk melegakan saluran pernafasan.

8. Mengkonsumsi Madu


Madu memang memiliki khasiat yang sangatlah banyak dan juga tak dapat diragukan lagi. Anda dapat menggunakan madu ini untuk mengobati asma yang diderita. Anda hanya perlu melarutkan madu ini kedalam air hangat dan Anda dapat mengonsumsinya setiap hari. Akan tetapi, Anda pun harus pintar dalam memilih madu karena madu saat ini pun banyak yang palsu. Dan sangatlah di anjurkan memilih madu yang benar- benar asli yang mungkin dapat Anda beli di peternak lebah karena jika Anda menggunakan madu palsu akan memberikan efek samping.

9. Dengan Menggunakan Kunyit


Anda juga dapat menggunakan kunyit untuk membantu mengobati akit asma karena kunyit ini dapat memperlancar saluran napas dan juga dapat menyembuhkan berbagai macam masalah saluran pernafasan yang disebabkan oleh infeksi ataupun iritasi. Anda dapat mengkonsumsi air dari kunyit ini setiap hari agar dapat memulihkan fungsi saluran pernafasan hingga kembali normal.

Baca Juga: 15 Pencegahan dan Pengobatan Flu Secara Alami

6 Pengobatan Asma Lainnya:


1. Menggunakan minuman campuran antara madu dan jahe
2. Dengan menggunakan daun sirih
3. Mengkonsumsi buah cermai
4. Menggunakan minyak kayu putih
5. Obat alami untuk asma dengan menggunakan Alpukat
6. Dengan menggunakan kubis

Agar asma tidak mudah kambuh hindari barang-barang yang mengeluarkan debu atau sejenisnya. Jangan lupa konsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup agar cepat sembuh. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….