Langsung ke konten utama

17 Pencegahan dan Pengobatan Asam Urat


Asam urat adalah suatu penumpukan kristal- kristal asam urat yang terdapat persendian penderita. Kondisi ini yang pada akhirnya akan mengakibatkan persendian akan terasa nyeri dan bengkak atau pun bisa sampai meradang. Zat metabolism dalam tubuh itu adalah asam urat dan zat asam urat ini selalu akan dikeluarkan oleh ginjal dengan urine ketika dalam kondisi normal. Akan tetapi, ketika dalam kondisi yang tertentu, apabila ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga tidak dapat menyaring asam urat secara keseluruhan maka akan menyebabkan kelebihan asam urat yang terdapat pada darah.

Dan jika terjadi kelebihan zat asam urat ini akhirnya akan menumpuk dan tertimbun pada persendian- persendian dan tempat-lainnya termasuk di ginjal itu sendiri dalam bentuk kristal- kristal. Biasanya untuk penderita asam urat ini pasti akan kesulitan untuk berjalan bahkan bergerak pun akan sangat sulit. Dan berikut ini adalah pencegahan dan juga pengobatan untuk asam urat.

17 Pencegahan dan Pengobatan Asam Urat

Pencegahan Asam Urat :


1. Hindari konsumsi alkohol
2. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung gula
3. Perbanyak minum air putih
4. Jangan terlalu banyak konsumsi kafein
5. Menjaga pola makan

Pengobatan Asam Urat secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah...


1. Konsumsi makanan bersifat basa


Banyak penelitian yang mengatakan bahwa apabila penderita asam urat dengan rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung basa seperti sayur dan buah- buahan maka hal ini akan sangat efektif untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi bagi penderita. Akan lebih baik jika penderita asam urat selalu mengkonsumsi makanan basa setiap hari.

2. Konsumsi jus buah cerry


Untuk pengobatan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan buah cerry, buah cerry ini memiliki senyawa atau zat asam yang cukup banyak dan kandungan asam inilah yang mampu mengurangi kadar asam urat tinggi yang ada dalam darah dan urine. Buah cerry ini juga mengandung kalium dan juga nutrisi yang dapat memperkuat jaringan persendian.

3. Konsumsi jus lemon


Kemudian ada buah lemon yang juga dapat membantu untuk menurunkan asam urat bagi yang menderita karena buah lemon ini memiliki rasa yang cukup masam yang bahkan tingkat masamnya juga tinggi dan sifat masam inilah yang dapat menurunkan kadar asam urat.

4. Perbanyak konsumsi vitamin C


Manusia memang akan selalu membutuhkan vitamin dalam tubuh agar dapat membantu perkembangan system imun. Seperti halnya dengan vitamin C yang dapat membantu untuk menurunkan asam urat karena sangat efektif untuk mengatasi peradangan sendi yang muncul tiba-tiba. Anda dapat memperoleh vitamin C dari jeruk ataupun jambu.

5. Konsumsi cuka madu


Cuka madu memanglah sedikit asing di telinga, cuka madu inilah yang dipercaya untuk digunakan obat asam urat dan bahkan banyak dari penjual obat herbal menjual cuka madu. Cuka madu ini memiliki sifat yang basa sehingga cukup efektif untuk menetralkan asam urat tinggi.

6. Perbanyak konsumsi air putih


Untuk pengobatan yang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan adalah dengan banyak mengkonsumsi minum air. Karena dengan banyak mengkonsumsi air putih ini akan membuat kadar asam urat tak akan menjadi pekat. Anda dapat mengkonsumsi air putih ini 6 hingga 8 gelas perharinya.

7. Obat asam urat dengan cengkeh dan ubi jalar


Anda dapat menggunakan campuran cengkeh ataupun ubi jalar yang dapat di gunakan untuk menyembuhkan asam urat yang tinggi dan ramuan ini sudah sejak dahulu ramuan ini digunakan untuk asam urat. Kedua bahan alami ini bisa membantu menetralkan kadar purin dan asam urat dalam tubuh. Anda hanya perlu merebus kedua ramuan secara bersamaan dan air rebusan ini dapat Anda minum sebagai obat.

8. Mengobati asam urat dengan daun salam


Bagi penderita asam urat, Anda dapat menggunakan daun salam untuk menurunkan asam urat karena daun salam ini memiliki kandungan kalium yang sangat banyak sehingga dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam urat dengan cepat.

9. Obat asam urat daun sosor bebek


Dengan menggunakan daun sosor bebek ini dapat digunakan untuk menurunkan asam urat. Anda dapat membuat ramuan sosor bebek dengan campuran menggunakan cengkeh dan juga jahe. Dan apabila penderita asam urat ini mau konsumsi rutin maka akan sangat efektif untuk menjaga daya tahan.

10. Rajin berolah raga


Ketika Anda terkena asam urat, maka jangan hanya diam saja karena hal itu akan semakin memperburuk keadaan sendi dan juga tulang Anda. akan lebih baik lagi jika penderita ini selalu rutin untuk melakukan olah raga setiap pagi hari. Karena dengan melakukan olah raga ini dapat membantu pemulihan asam urat.

Baca Juga: 21 Pencegahan dan Pengobatan Bisul Secara Alami

2 Pengobatan Asam Urat Lainnya :


1. Sering mengkonsumsi vitamin
2.  Makanlah buah dengan banyak nutrisi

Agar asam urat lekas sembuh, maka hindari mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Lakukan juga olahraga secara rutin agar tubuh selalu fit. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya....