Langsung ke konten utama

17 Pencegahan dan Pengobatan Antraks Secara Alami

Antrak adalah salah satu penyakit yang biasanya menyerang pada hewan seperti sapi, kambing dan domba. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika anatraks ini akan sampai menyerang manusia juga. Antraks ini adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri bacillus anthracis dan bakteri ini bisa menjadikan kulit infeksi, infeksi paru- paru dan saluran pencernaan. Antraks sangat menular dan bisa berakibat fatal dan manusia yang terserang antraks karena tertulah dengan hewan yang terkena antraks tersebut. Biasanya bakteri ini adalah bakteri tidur yang sanggup untuk hidup di dalam tanah dan kemudian dapat hidup pada kain wol yang dari bulu hewan selam bertahun-tahun. Untuk infeksinya biasanya akan masuk melalui kulit akan tetapi, dapat juga berasal dari daging yang tercemar atau karena menghirup spora maupun bakteri.

Untuk gejalanya sendiri ini akan muncul dalam waktu 12 jam - 5 hari dari sesudah terpaparnya dari bakteri antraks. Untuk manusia yang terkena ini akan mengalami infeksi pada kulit yang berawal dengan adanya benjolan merah yang kecoklatan yang membesar disertai pembengkakan di sekelilingnya. Dengan adanya benjolan ini akan menjadi melepuh dan lama- kelamaan akan pecah dengan sendirinya kemudian membentuk keropeng yang berwarna hitam. Tidak hanya kulitnya saja namun kelenjar getah bening yang berada pada daerah yang terkena bisa membengkak dan penderita antraks akan merasakan kurang enak badan dengan disertai otot yang sakit, sakit kepala, demam, merasakan mual dan kemudian muntah.

12 Pencegahan dan Pengobatan Antraks Secara Alami

Pencegahan Antraks


1. Mencuci tangan setelah memegang hewan
2. Jangan menghirup udara yang sudah terkontaminasi bakteri antraks
3. Gunakan masker saat melihat hewan
4. Jangan menyentuh orang yang sudah terinfeksi antraks
5. Tutup luka Anda agar virus tidak masuk pada luka

Berikut Pengobatan Antraks secara alami...

1. Dengan Menggunakan Kunyit


Bagi orang yang baru saja menderita sakit antraks ini maka Anda dapat menggunakan kunyit untuk mengobati antraks. Karena kunyit ini memiliki kandungan yang sangatlah efektif untuk menghilangkan rasa nyeri dan juga dapat mengecilkan benjolan akibat antraks.

2. Minyak Tawon


Kemudian untuk obat yang sangat ampuh dan mudah di cari adalah dengan menggunakan obat tawon. Anda hanya perlu oleskan beberapa tetes minyak tawon pada kulit yang terluka dan melepuh. Dengan menggunakan minyak tawon ini sangatlah membantu untuk mengobati dan membuat kering luka dengan cepat.

3. Teh Hijau


Antrak yang di derita akan segera sembuh jika menggunakan teh hijau  karena memang teh hijau memiliki sifat anti- inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit akibat luka dari antrak. Kemudian teh hijau dapat antioksidan di dalamnya bekerja untuk mempercepat proses penyembuhan lepuh pada kulit.

4. Pasta Gigi


Pasti Anda sudah tidak asing lagi jika pasta gigi dapat mengobati luka yang melepuh. Jadi jika Anda baru aja terindikasi mengalami antrak maka akan lebih baik jika Anda menggunakan pasta gigi ini untuk memperkecil luka melepuh akibat antraks.

5. Teh Chamomile


Kemudian untuk pengobatan antraks selanjutnya adalah dengan menggunakan teh chamomile yang dapat mengobati luka lecet dan melepuh. Anda hanya perlu mengoleskan teh cahmonile ini kepada lukanya.

6. Lidah Buaya


Lidah buaya memang sangat terkenal dapat digunakan untuk menyuburkan rambut akan tetapi lidah buaya ini dapat menjaga kulit agar tetap terhidrasi sehingga mencegah iritasi serta mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya ini memiliki sifat anti -inflamasi di dalamnya efektif untuk mengobati lepuh dan bengkak.

7. Minyak Jarak


Minyak jarak ini sangat terkenal untuk menghilangkan bentol- bentol akibat dari rasa gatal namun juga dapat digunakan untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit serta menghidrasi hidrat kulit Anda. Dengan menggunakan minyak jarak ini juga dapat mengatasi antraks.

8. Cuka Sari Apel


Dengan menggunakan cuka apel juga dapat menyembuhkan kulit yang melepuh dari akibat antraks. Karena sifat antibakteri dan juga anti- inflamasi di dalamnya berguna untuk mencegah iritasi, peradangan, dan rasa sakit akibat luka jadi, sangatlah cocok untuk mengobati antraks.

9. Minyak Pohon Teh


Minyak pohon teh ini juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang melepuh akibat bakteri antraks. Karena minyak pohon teh ini memiliki anti bacterial yang mampu mencegah infeksi pada kulit yang lepuh.

10. Garam Inggris


Pengobatan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan garam inggris yang memang memiliki kandungan magnesium yang dapat mengobati lecet, mengeringkan, dan mempercepat penyembuhan luka. Jadi dengan menggunakan garam inggris ini akan semakin mempercepat penyembuhan untuk penderita antraks.

Baca Juga: 16 Pencegahan dan Pengobatan Asma Secara Alami

2. Pengobatan Antraks Lainnya :


1. Dengan menggunakan salep untuk kulit yang terluka
2. Perbanyak makanan yang bervitamin

Penyakit ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Jika ada hewan yang sudah terkena virus ini, maka langsung saja dibakar. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….