Langsung ke konten utama

17 Pencegahan dan Pengobatan Amandel


Biasanya amandel ini akan menyerang anak kecil akan tetapi, tidak menutup kemungkinan untuk dapat terjadi di orang dewasa. Amandel sendiri sebenarnya sangat berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus dan kuman yang masuk ke tubuh yang melalui juga mulut dan saluran pernafasan. Untuk masalah yang sering menyerang amandel adalah masalah peradangan yang sehingga mengakibatkan amandel bengkak dan juga terasa nyeri. Untuk amandel yang bengkak ini akan mengakibatkan tenggorokan sakit untuk menelan minuman ataupun makanan.

Pada dasarnya amandel ini dapat menyerang siapa saja namun amandel ini akan lebih sering terjadi pada anak-anak dan sangat kecil ditemukan pada orang dewasa. Sebenarnya amandel ini sangat berfungsi untuk selalu menjaga sistem kekebalan tubuh ataupun memperkuat system imun yang dapat mencegah semua bakteri, kuman dan virus yang masuk ke tubuh. Dan karena amandel berhubungan dengan mencegah bakteri, kuman dan juga virus untuk itu amandel akan rentan mengalami radang. Dan berikut ini adalah pencegahan dan juga pengobatan.

17 Pencegahan dan Pengobatan Amandel

Pencegahan Amandel :


1. Selalu menjaga kebersihan mulut
2. Minum air secara teratur
3. Kumur dengan air garam
4. Jaga pola makan
5.  Hindari rokok

Lanjut untuk pengobatan Amandel ada beberapa yang bisa Anda pilih di bawah ini...

1. Dengan Menggunakan Jeruk Nipis


Untuk penderita amandel maka Anda dapat mengkonsumsi jeruk nipis ataupun Anda dapat menggunakan kulitnya saja. Bahkan banyak penelitian yang mengatakan bahwa jeruk nipis dapat mengurangi pembengkakan dan juga rasa nyeri pada amandel. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu merebus jeruk nipis dan air rebusan dapat Anda minum sampai radang amandel membaik.

2. Obat Amandel dengan Rimpang Kunyit


Anda dapat menggunakan rimpang kunyit untuk menyembuhkan radang dari amandel. Dengan menggunakan rimpang kunyit ini maka kondisi amandel akan sangat cepat membaik. Anda hanya perlu menyiapkan sebesar ibu jari yang setelah itu rebus, dan minum selagi hangat.

3. Obat Amandel dengan Buah Mengkudu


Dengan menggunakan buah mengkudu ini akan berguna untuk membuat radang amandel dari penderita membaik dan memang mengkudu ini sudah sering digunakan sebagai obat herbal alami. Anda hanya perlu memeras hasil dari parutan mengkudu lalu gunakan air dengan perasaannya untuk berkumur.

4. Dengan Menggunakan Pala dan Cengkeh


Anda dapat menggunakan ramuan tradisional pala dan juga cengkeh untuk mengobati radang amandel yang menyerang karena pala dan juga cengkeh ini memiliki kalium  dan juga banyak sekali nutrisi untuk melawan bakteri dan kuman dari peradangan.

5. Menggunakan jeruk nipis, kunyit, dan madu


Anda dapat menggunakan ramuan herbal yang sangat dipercaya untuk mengobati peradangan pada amandel dan memang ramuan ini adalah ramuan yang sangat dipercaya mengatasi masalah peradangan sejak zaman dahulu. Anda dapat menggunakan campuran jeruk nipis, kunyit dan juga madu.


6. Dengan menggunakan akar kompri


Anda dapat menggunakan akar kompri yang juga dapat membantu untuk meredakan peradangan amandel karena memiliki senyawa yang membantu untuk meredakan sakit pada saat peradangan dan juga mengurangi pembengkakannya. Anda hanya perlu merebus akar kompri dan air rebusan tersebut dapat Anda minum sampai peradangan sembuh.

7. Dengan menggunakan daun sosor bebek


Kemudian Anda juga dapat menggunakan daun sosor bebek untuk mengurangi rasa sakit dari bengkaknya amandel karena memang daun sosor bebek ini memiliki kandungan anti bakteri sehingga dapat membunuh kuman saat pembekakan.

8. Dengan menggunakan ramuan akar udara beringin dan cuka


Menggunakan ramuan tradisional akar udara beringin dan cuka dapat mengatasi peradangan amandel yang di alami oleh penderita. Anda hanya perlu merebus akar udara beringin dan juga cuka yang kemudian digunakan dan di konsumsi sampai kondisi peradangan kembali normal kembali.

9. Obat amandel dengan ramuan pecut kuda


Untuk masyarakat yang ada di Indonesia ini pasti sudah mengenal tanaman pecut kuda karena memang tanaman ini sangatlah di percaya dan juga sangat efektif dalam mengecilkan pembengkakan amandel. Anda hanya perlu merebus daun pecut kuda ini dan air rebus tersebut dapat Anda konsumsi sampai amandel kembali normal.

10. Obat amandel dengan air batang gandasuli


Untuk obat yang satu ini memang obat yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat untuk mengatasi pembengkakan pada amandel. Untuk tekstur dari batang gandasuli yaitu sedikit lembek dan juga dapat dijadikan bahan kertas yang baik karena dapat mengisap tinta, akan tetapi minyak tidak dapat menembus kertas tersebut. Air batang gandasuli ini dapat di oleskan kepada tenggorokan yang bengkak.

Baca Juga: 12 Pencegahan dan Pengobatan Antraks Secara Alami

2 Pengobatan Amandel Lainnya :


1. Obat amandel dengan menggunakan ramuan sari melon dan madu
2.  Obat amandel dengan menggunakan makanan herbal

Jika Anda memang memiliki amandel sebelumnya, maka hindari makanan yang mengandung banyak minyak serta meniman dingin. Jangan lupa untuk berolahraga dan beristirahat secara teratur agar lekas sembuh. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….