Langsung ke konten utama

15 Pencegahan dan Pengobatan Flu Secara Alami


Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang system seperti hidung, paru- paru, dan juga tenggorokan. Biasanya flu yang akan datang ini akan timbul gejala seperti demam, sakit pada tenggorokan dan juga pusing kepala. Untuk masa dari inkubasi flu ini cukup singkat jadi penderita pun akan mengalami gejala yang sangat singkat dan flu ini adalah penyakit yang mudah sekali menularkan virus dan juga bakteri karena untuk hari ketika gejala mulai muncul hingga tiga atau tujuh hari berikutnya.

Virus dari flu ini akan menyerang tubuh dan akan membutuhkan waktu yang mulai dari lima sampai sepuluh hari. Akan tetapi, bagi orang yang memiliki system kekebalan tubuh yang sangat rentan maka akan semakin cepat mengalami flunya. Banyak yang mengira flu serupa dengan pilek karena kemiripan gejalanya akan tetapi, anggapan ini tidak tepat karena jenis virus yang menyebabkan flu berbeda dengan pilek biasa.

15 Pencegahan dan Pengobatan Flu Secara Alami

Pencegahan Flu Secara Alami


1. Membiasakan gaya hidup sehat
2. Menghindari kontak langsung dengan penderita
3. Berolahraga aerobik secara teratur
4. Konsumsi makanan yang mengandung phytochemical
5. Jangan merokok

Banyak sekali cara pengobatan flu secara alami, diantaranya berikut ini...

1. Keluarkan Kendir dari Hidung


Bagi penderita flu pasti Anda akan merasa ingus akan meler dan juga pusing dan sebaiknya bagi penderita untuk mengeluarkan lender dari hidung karena dengan Anda sering mengeluarkan lender dengan sering akan cepat menyembuhkan flu Anda. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan menekan satu hidung dengan satu jari secara bergantian namun jangan terlalu keras.

2. Terapi dengan Air Garam


Cairan garam memang dipercaya dapat menyembuhkan flu dengan cepat karena larutan garam dapat mengeluarkan dan membunuh virus flu di saluran hidung dengan cepat. Cairan garam tersebut masukkan kedalam lubang hidung yang tidak di tutup dengan jari. Cara ini akan membuat semua lendir keluar secara alami dan lakukan bergantian.

3. Istirahat dan Gunakan Pakaian Tebal


Saat flu menyerang akan lebih baik jika penderita melakukan istirahat yang cukup karena dengan begitu tenaga dari penderita akan berangsur-angsur pulih kembali. Dan jangan lapa untuk selalu menggunakan pakaian yang tebal dan jangan bermain gadget ketika sakit.

4. Sering Berkumur


Dengan Anda yang sering berkumur ini akan dapat membantu untuk menghilangkan flu. Karena  berkumur ini dapat menjadikan tenggorokan menjadi lebih lembab dan virus akan menghilang karena virus flu sangat tidak menyukai tempat yang lembab. Anda dapat berkumur dengan menggunakan air hangat.

5. Minum Air Hangat


Ketika flu pasti akan sering merasakan haus namun akan lebih baik jika Anda meminum air hangat yang dapat menjadikan tenggorokan menjadi lebih nyaman dan lapisan lendir di dalam hidung bisa keluar dengan sendirinya. Minuman hangat yang sangat disarankan adalah teh atau air yang dicampur dengan madu.

6. Mandi Uap


Bagi penderita flu sangatlah di anjurkan untuk melakukan mandi uap karena dengan mandi uap ini dapat membuat lender yang terdapat pada hidung akan keluar secara alami. Anda dapat melakukan mandi uap di rumah dengan c duduk di kursi yang dekat dengan kolam air panas, Anda dapat melakukan mandi uap ini selama 15 menit saja.

7. Kompres


Dengan mengompres bagian ketiak atau dahi akan cepat dalam menurunkan suhu panas dalam tubuh. Anda dapat menggunakan kain yang kemudian di celupkan pada air panas untuk mengompres penderita.

8. Gunakan Minyak Kayu Putih


Anda dapat menggunakan kayu putih untuk menyembuhkan flu yang menyerang karena minyak kayu putih ini mengandung bahan mentol yang dapat membantu napas menjadi lebih segar. Selain itu minyak kayu putih juga ini dapat meringankan sakit kepala dan juga pegal- pegal akibat flu.

9. Tidur Dengan Bantal Tinggi


Anda dapat tidur dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi karena dengan begitu lender yang ada pada hidung tidak keluar karena biasanya pada saat flu ini akan susah tidur yang dikarenakan ingus yang membuat mampet ataupun keluar. Untuk posisi yang tepat ini akan menjadikan hidung penderita dapat mengeluarkan napas menjadi lebih baik.

10. Jus Sayuran


Penderita flu pasti akan merasakan lemas karena akan banyak tenaga yang terkuras. Oleh karena itu akan lebih baik jika penderita flu ini banyak mengkonsumsi sayuran mengandung bahan nutrisi alami seperti vitamin, bahan antioksidan dan mineral. Anda dapat mengkonsumsi sayur wortel bayam dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 30 Pencegahan dan Pengobatan Mata Bintitan

5. Pengobatan Flu Lainnya: 


1. Menggunakan bawang putih
2. Mengkonsumsi pisang
3. Mengkonsumsi daging tanpa lemak
4. Mengkonsumsi buah blueberry
5. Mengkonsumsi teh

Agar flu segera sembuh Anda harus istirahat teratur dan konsumsi makanan yang sehat. Jangan lupa juga untuk selalu minum vitamin agar badan tetap fit. Silahkan membaca artikel penyakit lainnya....