Langsung ke konten utama

7 Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya Pankreas Tidak Berfungsi

Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya Pankreas Tidak Berfungsi - Pankreas merupakan organ yang berdekatan dengan lambung, dan memiliki fungsi untuk mengekspresikan enzim pencernaan atau disebut fungsi eksokrin, dan hormon atau disebut fungsi endokrin. Pankreas yang tidak berfungsi secara normal akan berakibat kelainan pada kinerja organ lainnya di dalam tubuh. Terdapat banyak penyebab pankreas tidak berfungsi.


Pankreas, penyakit, Sistem Pencernaan,

Pankreas memiliki fungsi sebagai eksokrin bertugas untuk mengeluarkan enzim melewati jaringan pada tubuh manusia di luar dan dalam permukaan kulit, seperti kelenjar air mata, kelenjar keringat dan air liur. Pankreas sebagai kelenjar endokrin adalah bertugas untuk mengeluarkan hormon insulin yang berguna untuk mengikat zat gula atau glukosa di dalam darah manusia agar dapat dikonversi menjadi energi. Mengingat fungsinya yang sangat vital, perlu diketahui penyebab pankreas tidak berfungsi agar bisa tetap terjaga kesehatannya.

Pankreas yang sudah tidak berfungsi akan mengalami gejala seperti terasa nyeri pada bagian perut bawah dan tengah, ketika buang air besar, feses akan berminyak dan berwarna keruh, terserang demam, tubuh akan cepat mengalami kelelahan dan warna kulit dan putih mata akan berubah menjadi kekuningan. Berikut beberapa penyebab pankreas tidak berfungsi.

Penyebab Pankreas Tidak Berfungsi :


1. Obesitas

Obesitas adalah keadaan dimana tubuh memiliki berat badan yang berlebihan dan memiliki kadar lemak yang sangat tinggi dan berakibat buruk untuk kesehatan. Selain beresiko merusak pankreas, obesitas juga beresiko merusak dan menghambat kerja jantung yang akan beresiko penyakit jantung yang tentunya sangat berbahaya dan mengancam nyawa anda.

2. Faktor Genetik

Faktor genetik juga bisa menyebabkan kerusakan pada pankreas. Apabila saat salah satu dari kedua orang tua mengalami riwayat terhadap penyakit pankreas, maka kemungkinan besar akan diturunkan pada keturunannya. Untuk menghindari adanya penurunan riwayat penyakit, lakukanlah pola hidup sehat dan hindari merokok dan minuman alkohol.

3. Pola makan yang tidak sehat

Pola makan yang tidak sehat akan berdampak buruk pada tubuh manusia, karena nutrisi tidak akan terpenuhi dengan cukup. Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan lemak jenuh, protein dan kalori yang berlebihan akan memicu kerusakan kelenjar pankreas. Hal ini terjadi karena, makanan tersebut akan mencederai organ pankreas dan memicu terjadinya peradangan yang akan berakibat penyakit pankreatitis akut dan sulit disembuhkan.

4. Merokok

Menjadi perokok aktif maupun pasif dapat menyebabkan risiko yang sangat buruk untuk pankreas. Karena, dengan merokok tak hanya berakibat buruk untuk pankreas tetapi juga berakibat buruk bagi kesehatan paru-paru dan jantung. Kebiasaan manusia dalam merokok akan menyebabkan fungsi pankreas menjadi abnormal dan berisiko merusak sel-sel pankreas.

5. Faktor Usia

Seseorang yang sudah menginjak usia 40 tahun hendaknya lebih berwaspada terhadap penyakit pankreas. Di usia tersebut tubuh akan lebih rentan terserang penyakit, termasuk kerusakan pada kelenjar pankreas. Hal ini disebabkan oleh fungsi pankreas yang memang sudah menurun, apabila tidak disertai pola hidup sehat maka akan membuat risiko kerusakan pankreas menjadi cepat.

6. Minum minuman beralkohol

Dengan seringnya meminum alkohol akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh yang sangat berdampak buruk bagi kesehatan organ-organ tubuh, termasuk pankreas. Alkohol dapat menyebabkan peradangan pada pankreas yang dapat memicu kerusakan pada sel-sel pankreas dan membuat risiko tumbuhnya sel kanker pada pankreas.

7. Kurang istirahat

Dengan mencukupi istirahat harian anda, maka tubuh akan mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan metabolisme. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih kebal. Tapi, apabila sebaliknya hal tersebut malah akan merusak pankreas. Jadi, tetap cukupi kebutuhan istirahat anda.

Cara Mengobatinya Pankreas Tidak Berfungsi


Setelah anda mengetahui beberapa penyebab pankreas tidak berfungsi, maka tetap jaga pola hidup anda dan hindarilah hal yang telah disebutkan diatas. Apabila anda sudah mengalami kerusakan pankreas, maka lakukanlah pengobatan dan penanganan yang tepat agar tidak berefek buruk pada tubuh anda. Cara untuk mengobatinya adalah dengan mengonsumsi daun kunci, daun dan batang bratawali, daun sirsak, buah mengkudu dan kulit manggis.

Baca Juga: 20 Penyebab, Gejala dan Terapi Syaraf Kejepit

Beberapa penyebab pankreas tidak berfungsi yang dapat anda hindari agar kesehatan sistem pencernaan tetap terjaga. Sehingga, fungsi tubuh tetap dalam keadaan normal dan tidak mengalami risiko yang lebih berbahaya. Jika pankreas anda sudah mulai terganggu dan terdapat gejala-gejalana gunakan beberapa obat alami penyembuhnya yang sudah di sebutkan di atas.