Langsung ke konten utama

30 Obat Tradisional Rematik Yang Paling Ampuh

Obat Tradisional Rematik - Rematik merupakan istilah umum untuk penyakit-penyakit yang mengakibatkan nyeri dan pegal-pegal anggota badan khususnya pada persendian. Beberapa penyakit yang tergolong sebagai penyakit rematik misalnya Rheumatoid arthritis (RA), Osteoarthritis (OA). Sedangkan istilah asam urat atau gout merupakan kondisi yang menjadi penyebab nyeri tak tertahankan, bengkak, dan panas pada persendian. Nah, setelah tahu bedanya, akan lebih baik lagi jika Anda tahu tentang obat tradisional rematik.

Obat Tradisional Rematik




Memang rematik bukanlah penyakit mematikan. Akan tetapi penyakit ini sangat umum menyerang para lansia di Indonesia. Nyaris semua orang tua mengalami rematik. Namun tahukah Anda? Ternyata ada banyak bahan alami di sekitar kita yang bisa diolah menjadi obat tradisional rematik. Cobalah salah satu dari beberapa tanaman obat dan bahan alami untuk menyembuhkan rematik berikut ini.

1. Daun Dandelion


Daun dandelion diketahui memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi. Kedua vitamin ini berguna untuk mengeluarkan racun yang mengendap dalam darah sekaligus mencegah kerusakan sendi. Rematik yang sering menyiksa akan dapat Anda atasi dengan daun ini.

Cara pengguanaannya cukup mudah. Kukuslah sejumlah daun dandelion beberapa menit lamanya. Lalu konsumsi daun tersebut dan rasakan bahwa nyeri sendi akibat rematik yang Anda derita perlahan mulai berkurang.

2. Jahe


Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang ampuh untuk mengatasi rematik. Khasiatnya tak diragukan lagi karena telah sejak lama digunakan dalam berbagai resep obat tradisonal untuk berbagai penyakit. Kandungan anti oksidannya berguna untuk menetralisir racun akibat terpapar radikal bebas. Sementara kandungan minyak atsiri zingiberena-nya akan berguna meredakan nyeri sendi sekaligus sebagai anti inflamasi.

Cara mengobati rematik dengan jahe juga cukup simpel. Cukup konsumsi ekstrak jahe setiap harinya. Bisa juga anda tambahkan saja dalam masakan olahan dan menu harian Anda.

3. Lidah Buaya


Obat herbal untuk mengobati rematik selanjutnya adalah lidah buaya. Siapa sangka, ternyata tanaman bunga yang biasanya dipakai dalam kosmetik ini juga berkhasiat mengatasi rematik. Diyakini bahwa senyawa saponin dan asam folik dalam lidah buaya akan mampu meningkatkan imunitas tubuh. Lidah buaya juga akan membantu mencegah kerusakan jaringan tubuh sekaligus mengeluarkan racun dari tubuh. Hasilnya, rematik pun akan lebih cepat teratasi.

Cara mengobati rematik dengan lidah buaya yaitu cukup dengan mengoleskan lendir atau gelnya ke bagian tubuh yang sakit. Agar lebih terasa khasiatnya, konsumsilah gel lidah buaya. Bisa dalam bentuk langsung maupun diolah menjadi makanan ataupun minuman.

4. Daun Sirsak


Daun sirsak yang kaya akan vitamin C dan A merupakan salah satu obat tradisional rematik yang ampuh. Tak hanya rematik, nyeri sendi akibat asam urat juga bisa diatasi dengan daun sirsak. Karena itu Anda perlu mencobanya.

Caranya, rebuslah 5 lembar daun sirsak muda dengan air besih hingga mendidih. Setelah dingin minumlah ramuan tradisional ini dengan rutin setiap harinya.

5. Mustard Oil dan Kapur Barus


Kedua bahan ini tergolong bahan alami dan kimia (kapur barus) yang yang bisa dimanfaatkan secara tradisonal sebagai obat rematik. Keduanya bisa berfungsi sebagai analgesik yang berguna meringankan rasa nyeri. Efek rasa hangat yang ditimbulkan pun berguna untuk kelancara peredaran darah dalam tubuh.

Untuk membuat obat rematik alami dari mustard oli dan kapur barus haluskanlah 10 gram kapur barus lalu campurkan dengan 1 cangkir mustard oil. Campuran kedua bahan ini dapat Anda gunakan untuk memijat bagian badan yang nyeri.

6. Lengkuas


Ambillah sejumlah rimpang lengkuas lalu cuci bersih. Selanjutnya haluskan dengan cara diparut. Dengan memakai kain bersih, peraslah hasil parutan tersebut dan tampung air lengkuasnya. Air lengkuas ini dioleskan ke bagian tubuh yang nyeri, sedangkan ampasnya digunakan untuk obat gosok.

7. Akar Beluntas


Ternyata akar beluntas memiliki sifat anti inflamasi. Akar beluntas berguna untuk menghambat efek radang persendian. Selaint itu akar beluntas memiliki kandungan antioksidan yang akan berguna membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh. Untuk mengobati rematik dengan akar beluntas Anda cukup meminum air rebusan akar beluntas dengan rutin setiap harinya.

8. Akar Sembung


Tanaman perdu akar sembung biasanya lebih akrab dengan peternak karena memang untuk pakan. Nah, ternyata dalam akar tanaman ini terkandung limonene, borneol, cineore, minyak siri, asam palmitin, dan getah. Kandungan senyawa tersebut diketahui berfungsi sebagai anti inflamasi yang mampu mengatasi radang persendian karena rematik. Dengan rasa hangatnya, akar sembung juga membanntu peredaran darah lebih lancar.

Untuk mengobati rematik menggunakan akar sembung, rebuslah 30 gram akar sembung dalam 3 gelas air bersih. Rebus hingga mendidih dan panaskan terus hingga tersisa satu gelas air rebusan. Air rebusan ini diminum 2 kali sehari dengan dosis masing-masing setengah gelas saja.

9. Bunga Rosela


Bunga rosela adalah obat tradisional rematik selanjutnya yang juga ampuh untuk mengatasi asam urat. Kandungan senyawa dalam bunga ini antara lain vitamin C, protein esensial, asam amino arginina dan legnin. Untuk mengobati rematik dengan bunga rosela Anda hanya perlu mencuci 5 kelopak bungan rosella kering. Selanjutnya seduh bunga itu dengan 200 cc air panas. Tambahkan madu sebagai pemanis lalu minum. Dengan rutin mengonsumsi ramuan ini selama 1 bulan, maka khasiatnya akan terasa.

10. Daun Landep


Obat rematik alami yang ampuh selanjutnya adalah daun landep. Kandungan senyawa kimia dalam daun ini yaitu saponin, flavonoid, tannin, dan juga polifenol akan sangat berguna untuk mengatasi radang dan nyeri sendi. Haluskan saja segenggam daun landep hingga menjadi bubur. Selanjutnya oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang sedang nyeri akibat rematik. Selain untuk mengibati rematik, ramuan  daun landep ini bisa Anda gunakan untuk meredakan sakit gigi.

Selain bahan atau tanaman obat rematik yang telah disebutkan diatas, Anda juga bisa menggunakan tanaman herbal berikut ini sebagai obat rematik tradisional yang ampuh.

Baca Juga: 16 Tanda Tanda Penyakit Rematik yang Perlu Diwaspadai

 

Obat Tradisional Rematik


11. Air rebusan 30 Lembar Daun Dewa
12. Daun Pandan Wangi Campur Serai
13. Seledri
14. Daun Sosor Bebek
15. Daun Kumis Kucing
16. Kedelai Hitam
17. Brotowali
18. Daun Senggugu
19. Bengle
20. Daun Kentut / Sembukan


Baca Juga: 19 Penyebab dan Gejala Rematik Kaki

Beberapa tanaman dan bahan obat tradisional rematik yang paling ampuh dan dapat Anda coba terapkan. Memanfaatkan tumbuhan atau bahan alami akan menghemat biaya dari pada harus membeli obat penyakit rematik di apotik. Anda dapat melihat macam-macam obat alami untuk menyembuhkan beberapa penyakit.