Langsung ke konten utama

20 Obat Sakit Perut Medis dan Alami untuk Tubuh

Anda bisa mencoba salah satu dari obat sakit perut alami dan medis yang saat ini tersedia dengan berbagai pilihan. Hampir semua orang pasti mengalami yang namanya sakit perut karena sistem pencernaan manusia memang paling rentan terhadap penyakit. Salah satu faktor yang paling sering menyebabkan gejala sakit perut yaitu konsumsi makanan yang tidak sehat.

Sakit perut sendiri bisa menyerang beberapa bagian di perut Anda, seperti lambung dan juga usus. Bagi penderita maag tentunya kan mengalami rasa sakit perut yang disertai dengan perih karena naiknya asam lambung. Sedangkan penyakit susah buang air besar akan cenderung membuat Anda merasa sakit perut karena kesehatan usus yang terganggu.

20 Obat Sakit Perut Medis dan Alami untuk Tubuh

Nah, cara yang paling mudah untuk mengatasi sakit perut yaitu mengonsumsi obat-obatan. Ada beberapa jenis obat yang bisa Anda pilih, mulai dari obat yang diberikan oleh dokter atau obat medis sampai dengan obat alami yang digunakan dari beberapa bahan alami atau herbal.

Berikut ini beberapa pilihan obat sakit perut medis  dan alami untuk Anda:

Obat Sakit Perut Medis


1. Antasida


Obat medis pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit perut yaitu Antasida. Obat ini merupakan jenis obat media yang khusus diperuntakan untuk sakit perut yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung atau penderita penyakit maag.

2. Obat Pencahar


Penggunaan obat pencahar sebagai salah satu obat sakit perut juga bisa Anda konsumsi. Namun hal yang perlu diperhatikan yaitu konsumsi obat ini juga harus diimbangi dengan cukupnya cairan di dalam tubuh Anda karena efeknya akan membuat Anda dehidrasi.

3. Parasetamol


Selama ini kita mengenal paracetamol hanya sebagai obat penurun panas demam. Ternyata obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut karena ada beberapa kandungan senyawa di dalamnya yang dapat menetralisir rasa sakit perut.

4. Obat diare


Khusus bagi Anda yang merasakan sakit perut karena diare, sebaiknya Anda hanya mengonsumsi obat diare yang memang ditujukan untuk mengatasi penyakit ini. Hal ini karena komposisi obat diare dengan obat sakit perut lainnya sangatlah berbeda.

5. Ibuprofen


Obat yang sering disebut pain killer yaitu ibuprofen. Obat ini merupakan obat yang mampu membunuh rasa sakit di tubuh Anda. Selain dikonsumsi oleh wanita yang sedang haid, Anda yang sedang mengalami sakit perut pun dapat mencoba mengonsumsi obat ini.

Selain 5 obat medis di atas, Anda juga bisa mencoba beberapa obat medis yang tidak kalah ampuhnya untuk mengatasi sakit perut berikut ini.

Obat Sakit Perut Alami


1. Air putih


Obat sakit perut alami pertama yang cukup manjur yaitu air putih. Konsumsi air putih dengan cukup akan membersihkan saluran pencernaan dan menghentikan rasa sakit pada perut yang Anda alami. Kegunaan air putih juga baik untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh Anda dan mencegah dehidrasi.

2. Oralit


Bagi Anda yang mengalami sakit perut akibat diare, Anda dapat membuat oralit sendiri di rumah. Caranya gampang, yaitu dengan menggunakan 3 sedok teh gula yang dicampur dengan setengah sendok teh garam. Campur jadi satu dengan air hangat lalu segera minum ramuan ini sampai habis.

3. Bantal pemanas


Bantal pemanas atau penyeka merupakan salah satu cara untuk mengatasi sakit perut yang alami jika Anda tidak ingin mengonsumsi apapun. Jenis bantal ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di Apotek. Caranya dengan mengisi bantal ini dengan air hangat kemudian letakkan di atas perut yang terasa sakit.

4. Daun Jambu Biji


Jambu biji adalah salah satu jenis buah yang cukup banyak dikonsumsi. Tidak hanya buahnya saja yang sehat, namun daunnya sangat bagus untuk mengatasi sakit perut. Anda bisa meminum air rebusan daun ini dengan rutin setiap hari sampai rasa sakit perut Anda hilang.

5. Akar bunga matahari


Kita mengenal biji bunga matahari sebagai makanan yang disebut dengan kuaci. Ternyata kegunaan dari bunga ini tidak hanya terletak dari tanamannya saja, namun juga pada akarnya. Akarnya bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit perut dengan alami.

6. Daun Cermai


Satu lagi jenis daun sehat alami yang dapat membantu Anda mencegah dan mengatasi sakit perut, yaitu daun cermai. Sama seperti daun jambu biji, Anda perlu merebusnya terlebih dahulu untuk mendapatkan khasiat dari air rebusannya.

7. Biji jati belanda


Jenis biji-bijian yang ampuh untuk mengatasi sakit perut dengan alami yaitu biji jati belanda. Biji sehat yang satu ini bisa Anda haluskan terlebih dahulu kemudian diseduh dengan menggunakan air hangat. Konsumsilah biji ini sampai Anda merasakan kesembuhan total dari rasa sakit pada perut.

8. Kapulaga


Kapulaga tidak hanya berguna untuk menjadi bumbu dapur yang membuat masakan Anda terasa lezat, namun juga bisa menjadi bahan herbal alami untuk mengatasi sakit perut. Pastikan Anda menghalukannya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

9. Air jahe


Rasa hangat yang ada pada air jahe akan membuat perut Anda terasa hangat juga. Jika Anda mengonsumsi air ini ketika sakit perut, maka perut Anda akan lebih membaik dan tidak mengalami sakit perut kembali.

10. Temulawak


Temulawak sudah dikenal sebagai salah satu bahan herbal alami yang ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Dan salah satu penyakit yang bisa diredakan dengan bahan alami ini yaitu sakit perut. Anda bisa mengonsumsi jenis jamu yang berbahan dasar termulawak untuk mengatasi sakit perut.

Baca Juga: 7 Efek Samping Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 obat sakit perut alami di atas, Anda juga masih bisa mencoba obat alami lain yang dapat mengatasi sakit perut, yaitu:

4 Obat Sakit Perut Alami Lainnya


11. Kunyit
12. Daun iler
13. Daun Waru
14. Bawang merah
15. Jus wortel

Obat sakit perut alami di atas memang mudah untuk Anda buat di rumah, namun tentunya Anda perlu mengetahui dulu berapa banyak obat yang harus Anda konsumsi. Sama halnya dengan obat sakit perut medis dari dokter. Pastikan saja Anda mendapatkan obat medis dengan resep yang sesuai dengan gejala penyakit Anda.