Langsung ke konten utama

20 Obat Perut Kembung pada Anak dengan Bahan Alami

Obat Perut Kembung Anak - Anak kecil rewel karena sebab yang kurang jelas? Pada bayi atau balita, akan cenderung rewel dan menangis tak henti-hentinya ketika perutnya terasa kembung. Khusus untuk bayi yang usianya baru mencapai 3-4 bulan, hal yang normal dan dianggap wajar kalau mereka mengalami kembung di perut. Kembung terjadi biasanya karena saluran pencernaan bayi fungsinya belum terlalu sempurna, jadi jangan panik dan tak perlu khawatir berlebihan. Akan tetapi perlu obat perut kembung pada anak tetap dibutuhkan.

Obat Perut Kembung Anak



Ketika perut bayi dan balita di dalamnya terdapat udara atau gas, maka akan muncul perasaan tidak nyaman sehingga anak anda akan rewel. berbeda dari anak yang relatif berusia lebih besar. Berikut ini merupakan obat perut kembung pada Anak dengan bahan alami.

1. Serat


Salah satu obat perut kembung pada anak adalah serat. Serat membantu pencernaan dengan membantu mengeluarkan sisa makanan dalam pencernaan, ketika sisa makanan atau feses keluar maka gas-gas dalam perut akan dilepas keluar juga, Anda bisa  memberikan.1 buah pisang yang ukurannya sedang, dan roti gandum. Namun perhatikan juga adanya akibat kelebihan serat bagi tubuh si kecil.

2. Yogurt


Yogurt membantu pencernaan karena kandungan bakteri probiotiknya, bakteri probiotik mengoptimalkan proses pencernaan, sehingga pencernaan menjadi lancar dan pengeluaran sisa makanan dapat keluar dengan lancar,

3. Labu


Labu merupakan buah buahan yang berserat tinggi selain pisang, serat ini membantu untuk mencerna makanan dan pengeluaran sisa pencernaan makanan, gas-gas yang berlebih juga akan dikeluarkan dalam proses pengeluaran sisa pencernaan sehingga si kecil dapat kembali nyaman.

4. Air Putih


Air putih merupakan pertolongan pertama ketika perut kembung, air putih mencegah terjadinya sembelit dan memicu pengeluaran feses, hal tersebut juga akan membantu mengurangi kandungan gas di dalam perut sehingga si kecil dapat nyaman kembali.

5. Pijat


Pijatan pada area perut dapat memicu kontraksi otot pada perut dan usus, pijat perlahan si kecil, pada bagian perut. Hal ini akan memacu kontraksi. Otot perut dan gas berlebih dalam perut si kecil akan dipicu untuk keluar melalui kentut. Jangan khawatir ini merupakan hal yang wajar ketika si kecil dipijat bagian perutnya.

6. Jus Buah


Jus buah dapat menjadi alternatif bagi si kecil yang tidak suka buat, dengan jus sebagai bahan makanan pencernaan si kecil akan mendapatkan asupan serat yang cukup sehingga pencernaan dapat menjadi lancar dan mengurangi tumpukan gas di dalam perut si kecil.

7. Susu Dingin


Susu pada orang dewasa dapat menyebabkan kembung, akan tetapi pada anak kecil tidak hal ini disebabkan pada tubuh anak kecil terdapat enzim kasein yang berperan mengubah susu menjadi asam amino, pada orang dewasa enzim tersebut mulai tereduksi. Susu yang dingin memudahkan kerja enzim untuk memecah susu tersebut, sehingga pencernaan lancar dan gas dapat dirilis dengan mudah.

8. Sup Bening


Sup bening merupakan solusi bagi anak anda yang susah makan sayur, sayur didalam sup bening mengandung serat yang tinggi dan membantu pencernaan si kecil. Ketika pencernaan lancar maka akan terjadi proses pelepasan gas berlebih di dalam perut si kecil dengan lancar..

9. Kompresan Air Hangat


Kompresan air hangat dapat membuat otot otot sekitar perut menjadi rileks, dan si kecil menjadi rileks. Hal ini memudahkan penanganan perut si kecil yang kembung. Ketika menjadi rileks maka gas akan dilepas dengan lancar.

10. Kamomil


Kamomil sudah sering digunakan untuk pengobatan perut kembung karena membantu pelepas gas berlebih dalam perut. Selain itu pembentukan gas di perut juga dapat dicegah oleh bahan alami ini. Seduh  ½ sendok teh Bunga kamomil selama kurang lebih 10 menit. Tambahkan madu dan teh kamomil siap diberikan ke si kecil.

Baca Juga: Cara Mengatasi Perut Kembung, Susah Buang Gas




Obat Perut Kembung Anak Lainnya :


11. ASI
12. Minyak Telon atau Minyak Kayu Putih
13. Berinteraksi
14. Minyak Mustard
15. Makan Sayur
16.  Daun Simbukan

Berbagai macam obat perut kembuk anak diats sangat dianjurkan karena menggunakan bahan alami. Menggunakan obat dan solusi alami tentunya dapat mengurangi efek samping yang buruk terhadap si kecil. Sehingga selain menyehatkan juga dapat menambah daya tahan tubuh si kecil.