Langsung ke konten utama

11 Obat Penyakit Beri-Beri yang Aman untuk Dikonsumsi Tubuh

Beri-beri yang adalah penyakit yang menyerang jaringan syaraf. Penderita penyakit ini akan mengalami kendala saat berjalan. Namanya juga penyakit beri-Beri, berasal dari hewan biri-biri. Sehingga penderita mengalami gaya berjalan biri-biri. Bahayanya ketika penyakit ini tidak segera di tanggulangi akan berakibat kematian.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan pengobatan baik secara medis dan alami. Tetapi, dengan cara sederhana dan alami dibawah ini dapat dijadikan sebagai alternatif pengobatan yang bisa Anda lakukan. Penanganan secara cepat dan tepat dapat mengurangi resiko penderita secara permanen.

11 Obat Penyakit Beri-Beri yang Aman untuk Dikonsumsi Tubuh


Obat Penyakit Beri-Beri yang Aman untuk Tubuh


1. Menggunakan Bunga Matahari


Bunga ini sangat mudah sekali tumbuh di sekitar kebun. Warna kuning yang mencolok dapat dijadikan sebagai penghias halaman Anda. Selain itu, dengan menanam bungan ini Anda dapat menggunakannya sebagai alternatif obat penyakit beri-beri. Caranya cukup cabut bunga ini dan ambil akarnya. Kemudian campurkan dengan kulit tanaman labu. Cuci sampi bersih dan rebus dengan 2 gelas air putih. Tunggu hingga menjadi setengahnya lalu minum secara rutin 2 x sehari.

2. Daun Sirih dan Lempuyangan


Daun sirih dan Lempuyangan merupakan kombinasi yang baik sebagai ramuan tradisional untuk penyakit beri-beri. Hanya saja, perlu ditambahkan cabe dan beras merah. Haluskan semua bahan dengan meremas atau melumatnya. Oleskan pada seluruh tubuh secara merata sambil pijat dengan lembut. Perawatan ini dapat Anda lakukan pada malam hari sebelum tidur. Hal tersebut dapat Anda lakukan sebagai penahan metabolisme tubuh dari serangan penyakit beri-beri.

3. Buah Nanas dan Mengkudu


Untuk mengatasi peradangan yang Anda alami dari penyakit beri beri ini Anda dapat melakukannya hanya dengan buah nanas dan mengkudu. Olah kedua bahan tersebut menjadi jus untuk Anda minum. Perbandingannya setiap 2 buah mengkudu ditambahkan dengan 300 gram nanas. Saring jus terebut dan minum airnya. Kemudian ampas dari penyaringan dapat diaplikasikan ke tubuh untuk dioleskan.

4. Daun Singkong


Siapa sangka daun singkong ini selain sebagai sayur ternyata bisa dijadikan lalapan bagi penderita penyakit beri-beri. Sebagai asupan nutrisi untuk menghambat peradangan yang dialami. Ambil beberapa daun singkong kemudian kukus. Memakan kukusan daun singkong sangat berguna bagi kesehatan dan penambah vitamin dalam tubuh.

5. Ketumbar dan Pangi


Ketumbar bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi bengkak yang ditimbulakan akibat penyakit beri beri. Rumus ramuannya adalah dengan menyiapkan 7 biji ketumbar, 25 gram kunyit, 5 gram kulit tanaman pangi dan satu helai daun pangi tua. Seluruh bahan diatas ditumbu dan dihaluskan.

Setelah halus, Anda dapat mengaplikasikannya pada tubuh dengan cara mengoleskannya. Diamkan sampai obat ini mengering sampai kering kira kira 20-30 menit. Setelah itu, baru bersihkan dengan air bersih.

6. Tanaman Kamboja dan Pulai


Ramuan yang berbahan dasar tanaman kamboja dan pulai ini dapat dijadikan alternatif obat penghilang beri beri secara cepat dan efektif. Namun cukup rumit kombinasi bahan yang ada didalamnya. walau demikian demi kesehatan tubuh dari obat alami mampu mengurangi resiko efek samping penderita.

Ramuan ini berbahan diantaranya kulit tanaman kamboja 2 jari, 1 jari kulit kacang kayu laut, 2 siung bawang merah, 1 jari klit batang pulai, sepotong gula aren, 1 jari pulosari dan 1 snedok teh adas. rebus semua bahan dengan 5 gelas air. Diamkan menjadi 2 gelas air dan diminum setelah Anda menyaring airnya dan dingin. Maksimal meminum ramuan ini setengah gelas dengan jarak per hari 6 jam.

7. Daun Dewa


Jenis obat penyakit beri-beri lainnya yang dapat Anda dapatkan dengan mudah yaitu daun dewa. Ternyata tidak hanya buah dewa saja yang mempunyai manfaat tertentu. Daunnya juga mampu meringankan gejala penyakit ini.

8. Daun Sembung


Daun sembung juga merupakan salah satu jenis daun herbal yang bisa Anda gunakan untuk mengobati beri-beri. Caranya dengan merebus daun ini kemudian mengonsumsi air rebusannya. Anda bisa menambahkan sedikit madu agar rasanya sedikit lebih enak.

9. Daun Sangitan


Daun sangitan juga tidak kalah manfaatnya dari jenis daun alami lainnya. Anda bisa menghaluskan daun ini terlebih dahulu dan mengambil sarinya untuk dikonsumsi. Anda hanya perlu mengonsumsinya sehari satu atau dua gelas sudah cukup.

10. Daun Legundi


Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun legundi. Dan bagi Anda yang mempunyai penyakit beri-beri bisa mengatasinya dengan daun ini. Ada kandungan senyawa alami yang dapat menyembuhkan beri-beri tanpa banyak efek samping ke tubuh.

11. Daun tapak lima


Bentuk daunnya yang seperti telapak tangan membuat daun tapak liman sangat mudah untuk ditemukan dan dikenali. Anda dapat menggunakan beberapa lembar daun ini untuk digunakan sebagai obat penyakit beri-beri yang aman dikonsumsi.

Baca Juga: 20 Bahaya Konsumsi Amoxicillin Berlebihan untuk Kesehatan

Kesadaran terhadap penanganan segera dari penyakit beri beri perlu ditingkatkan. Jangan anggap remeh penyakit ini karena mampu mengakibatkan kelumpuhan sampai kematian karena sistem syaraf yang diserang.

Mulailah menanam beberapa tanaman obat disekitar halaman Anda sebagai obat alami yang bermanfaat dan penghias rumah. Selain itu sebagai Jaga jaga apabila anggota keluarga atau sanak saudara mengalami penyakit beri-beri ini.