Langsung ke konten utama

15 Obat Panas Dingin dan Badan Meriang untuk Kesehatan Tubuh

Pergantian musim yang tidak menentu membuat orang rentan terkena berbagai penyakit. Biasanya terjadi pada seseorang yang memiliki daya tahan tubuh menurun dan menyerang imun. sehingga badan terasa tidak enak (meriang) sampai terjadi panas dingin. Pada akhirnya nanti seseorang akan mengalami flu atau batuk.

Beberapa alternatif agar senantiasa daya tahan tubuh tetap terjaga dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Selain itu, seseorang dapat menjaga pola istirahat dari segala aktifitas yang dijalani. Namun, Apabila sudah terjadi merinag dan gejala panas dingin sebaiknya segera ditangani lebih lanjut agar tidak menyebabkan penyakit yang semakin serius.

15 Obat Panas Dingin dan Badan Meriang untuk Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa alternatif obat alami dan medis mengatasi merinag dan gejala panas dingin.

Obat alami


1. Konsumsi Madu


Jika Anda sudah merasa tidak enak badan, segera konsumsi madu sebagai penguat daya tahan tubuh Anda. Madu ini memiliki khasiat yang bagus sebagai suplemen tubuh untuk membangkitkan kembali imun tubuh Anda. Karena bersifat alami dan manis rasanya, energi juga dapat di tumbuhkan dari mengkonsumsi madu ini

2. Konsumsi Air putih


Biasanya, seseorang mengalami kekurangan cairan akibat aktivitas yang padat sehingga daya tahan tubuh semakin menurun dan rentan terjangkit bakteri. Usahakan mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas perhari demi menjaga stabilitas tubuh Anda. karena sebagian besar tubuh Anda berupa cairan. Jika cairan yang ada didalam tubuh Anda mengalami kekurangan (dehidrasi) secara otomatis Anda akan merasa tidak enak badan (meriang)

3. Kumur dengan Air garam


air garam ini memiliki manfaat sebagai obat untuk meminimalisir gejala meriang sejak dini. sedu air putih biasa dengan garam satu sendok makan. Lalu, gunakan untuk berkumur kumur. Lakukan langkah ini dan jangan sampai terminum. Niscaya, Anda akan merasa lebih baik.

4. Rebusan daun pepaya dan Jeruk Nipis


Sebagai ramuan tradisional, ternyata daun pepaya dan jeruk sangat membantu untuk menangani gejala meriang Anda. Rebus 5 helai daun pepaya dan campurkan perasan jeruk nipis dengan 2 gelas air. didihkan dan susutkan sampai menjadi 1 gelas. Konsumsi ramuan ini setiap pagi dan malam, dan hentikan jika Anda sudah merasa baik dan sehat.

5. Jahe


Jahe termasuk umbi umbian yang familiar ditelinga. Jahe memiliki khasiat sebagai penghangat tubuh Anda ketika Anda mengalami gejala panas dingin. selain sebagai penghangat, ternyata jahe memiliki zat antioksidan untuk melawan bakteri jahat di tubuh Anda.

6. Telur dan susu


Sebagai suplemen yang baik dan alami, kedua bahan tersebut mampu meningkatkan stamina dan kekuatan daya tahan tubuh. Campurkan telur (usahakan telur ayam kampung) dan campur dengan susu. Tuangkan air hangat dan sambil aduk sampai berbusa. Kemudian minum ramuan tersebut sebelum Anda tidur. Rasakan perubahannya ketika Anda bangun pagi. tubuh Anda akan segar kembali.

Obat tradisional yang tergolong alami lainya sebagai suplemen Anda dalam mengurangi meriang bisa Anda lakukan dengan bahan bahan berikut, diantaranya :


Obat Panas Dingin dan Badan Meriang Lainnya


7. Bawang merah
8. Jus Buah Buahan
9. Teh Hijau
10. Ramuan Kunyit

Obat Medis


Tidak bisa dipungkiri bahwa obat medis juga mampu mengatasi meriang Anda karena kepraktisannya, beberapa diantaranya :

1. Pelega tenggorokan


Obat pelega tenggorokan ini dapat Anda konsumsi sebagai penghilang rasa sakit yang Anda alami ketika meriang. Langkah ini dilakukan sebagai cara untuk meminimalisir terjadinya radang tenggorokan. Karena sebagian besar orang yang terkena meriang mengalami sakit pada tenggorokannya.

2. Suplemen vitamin C


Produk obat yang memiliki kandungan vitamin C banyak Anda temui di apotik. Kandungan vitamin C yang ada didalamnya mampu menyuplai kebutuhan zat didalam tubuh akibat imun yang sedang turun. Sehingga Anda akan segar kembali,

3. Mineral Zinc


Mineral ini sebagai sarana untuk mendongkrak kekebalan tubuh. Mineral ini dapat Anda temukan di berbagai toko dan swalayan. Tetapi, ada juga mineral zinc dapat Anda temui secara alami, seperti sayur bayam, jamur dan seafood.

4. Suplemen Tubuh


Ada beberapa suplemen tubuh lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi meriang diantaranya :

a. Pereda Panas Dalam
b. Pereda Demam


Baca Juga: 14 Efek Buruk Temulawak untuk Kesehatan yang Perlu Diperhatikan

Berbagai cara dengan jenis bahan obat yang beragam tersebut sudah terbukti efektif sebagai penghilang gejala meriang yang Anda alami. Cukup perhatikan intensitas pola tidur dan olahraga Anda akan terhindar dari gejala meriang atau panas dingin pada tubuh.