Langsung ke konten utama

12 Obat Medis dan Alami Cacar Api yang Paling Efektif

Penyakit cacar api merupakan jenis penyakit kulit yang bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini secara medis dikenal sebagai herpes zooster atau dalam bahasa kesehariannya sering disebut cacar ular. Gejala pada penyakit ini adalah tubuh penderita mengalami panas dan timbul bercak merah pada kulit seperti tersudut api rokok. Penyakit ini juga datang secara tiba tiba karena faktor kebersihan dan imun penderita yang sedang drop akibat stres.

Jika seseorang sudah mengalami penyakit ini sebaiknya jangan pernah menggaruk area yang gatal dari bercak merah pada kulit yang terkena cacar api. Hal ini disebabkan akan membantu mempercepat penyebaran virus herpes zooster pada kulit Anda. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan mengobatinya baik secara alami atau medis.

12 Obat Medis dan Alami Cacar Api yang Paling Efektif

Obat Alami Cacar Api


1. Dengan daun Dadap


Seseorang yang terkena penyakit ini biasanya akan merasa gatal yang luar biasa dan panas pada area kulit yang terkena penyakit cacar api. Untuk mengurangi rasa panas dan rasa gatal Anda dapat menggunakan khasiat dari daun dadap. Rebus 5-8 helai daun dan gunakan air rebusan tersebut untuk dicampurkan sebagai air mandi Anda. Lakukan setiap pagi dan sore. Anda akan merasa lebih nyaman dan gatal yang berkurang.

2. Campuran Air kelapa dan Madu


Air kelapa ini sebagai penghambat perkembangan virus herpes zooster yang ada dalam tubuh Anda. Selain itu, sebagai obat penyembuhan agar kulit yang melepuh cepat kering. Caranya cukup mudah untuk Anda lakukan. Siapkan 1 gelas air kelapa dan campurkan 3 sendok madu.

Kemudian Anda meminum larutan ini 2 kali sehari. Larutan ini juga dapat Anda aplikasikan ke kulit yang sedang berbintik dengan cara mengoleskannya secara rutin. Sehingga kulit Anda akan segera kering dari bintik bintik merah akibat cacar air dan terbebas dari virus herpes.

3. Daun mint


Penderita cacar api ini secara umum akan merasakan gatal yang tidak tertahankan. Sehinggia kecenderungan seseorang untuk menggaruk akan lebih tinggi dan berakibat virus menyebar keseluruh bagian kulit. Cara mengatasi hal tersebut, Anda cukup mencari daun mint untuk digunakan sebagai obat penghilang rasa panas dan gatal akibat cacar api.

4. Salep Kulit Semangka


Buah yang kaya akan air ini selalu diminati banyak orang karena rasanya yang segar. Tetapi, pemanfaatanya sebagai obat Anda dapat mengambil bagian yang tidak Anda makan. Kulit semangka dapat Anda jadikans ebagai obat oles untuk kesembuhan cacar api yang sedang Anda derita.

Cukup dengan memarut kulit semangka, lalu oleskan pada area cacar Anda pada waktu malam hari secara rutin. Sehingga Anda akan terhindar dari penyakit cacar api dan tidak ada bekas luka pada kuliut Anda.

5. Kunyit


Air perasan dari kunyit berkhasiat sebagai penghilang rasa panas yang dialami penderita cacar api. Cukup meminum air perasan kunyit ini secara rutin selama 1 minggu, maka Anda akan segera sembuh dari penyakit tersebut.

6. Jus Wortel


Minuman sehat ini dapat Anda ambil khasiatnya untuk mengobati cacar api. caranya cukup memblender wortel, daun sledri dan daun bayam. Lalu Anda meminum jus sehat tersebut.

7. Temulawak


Siapa yang tidak mengenal temulawak. Bahan alami yang satu ini bisa Anda jadikan obat alami yang baik untuk mengatasi cacar api di tubuh. Anda cukup menghaluskan temulawak dan merebusnya kemudian mengonsumsi air rebusannya.

8. Asam jawa


Asam jawa tidak hanya digunakan untuk menambah rasa asam pada makanan, namun juga mampu mengatasi penyakit cacar api yang menyerang tubuh Anda. Anda bisa mengonsumsi asam jawa sampai penyakit ini hilang dari tubuh.

9. Kencur


Kencur mempunyai kandungan anti bakteri alami yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk mengatasi penyakit cacar air. Anda bisa mencampurkan kencur dengan asam jawa atau temulawak, kemudian merebusnya dan mengonsumsi air rebusannya setiap hari.

Obat Medis Cacar Api


Pengobatan yang dapat dilakukan dengan medis yang dikenal sebagai herpes zooster ini biasanya digunakan obat vitamin dan obat kategori viral. Obat tersebut diaplikasikan baik dari dalam dan luar untuk mempercepat ruam (pecah) pada fase ke 4 herpes zooster. Beberapa Obat tersebut diantaranya :

1. Acycovir


Acyclovir ini secera medis mampu menghambat penyebaran virus dan mengurangi rasa sakit yang diderita. Biasanya seorang dokter memberikan acyclovir tablet yang diminum 4 x sehari serta obat oles yang penggunaanya untuk mencegah infeksi lain.

2. Paracetamol


Obat ini digunakan sebagai penurun panas apabila penderita sedang mengalami fase pertama. Cukup dikonsumsi apabila suhu tubuh meningkat dan hentikan konsumsi obat ini jika suhu tubuh sudah kembali normal.

3. Vitamin


Suplemen ini digunakan untuk membantu mengembalikan imun tubuh agar kuat melawan virus herpes sehingga tidak berkembang lebih banyak lagi. Mengkonsumsi vitamin  ini cukup dilakukan sekali sehari sebelum tidur.

Baca Juga: 14 Efek Buruk Acetaminophen untuk Kesehatan Tubuh

Pengobatan herpes zooster (cacar api/cacar ular) harus secara teratur, rutin dan sabar. Usahakan menkonsumi obat obatan baik medis atau alami dilakukan secara teratur dan menjaga kebersihan untuk mempercepat penyembuhan. Hal ini berkaitan dengan penyakit herpes biasanya berlangsung 9-20 hari.