15 Obat Lutut Keseleo dan Cidera Alami Paling Manjur

Pada saat lutut mengalami cidera, bisa timbul rasa nyeri, memar atau bengakak yang menyakitkan. Hal ini dapat terjadi selama beberapa menit sesudah seseorang mengalami cidera. Kondisi ini di sebabkan karena jaringan saraf yang terjepit atau ada kerusakan pada pembuluh darah yang mengakibatkan rasa sakit pada lutut atau lutut keseleo. Namun tenang ada berbagai macam obat lutut keseleo alami yang mudah ditemukan.

Kelelahan otot, Keseleo, Lutut, Lutut Keseleo, obat, Obat Keseleo, otot, obat lutut keseleo


Berbicara tentang keseleo pada lutut merupakan salah satu jenis cedera yang banyak di alami oleh para pemain sepak bola dan atlet. Keadaan ini bisa juga disebut dengan situasi ligamen keseleo yang menyebabkan rasa sakit bila tidak di tangani secepatnya. Apabila anda termasuk para olahragawan yang mengalami cidera pada lutut,jangan khawatir untuk mengobatinya. Berikut inilah beberapa obat lutut keseleo alami yang dapat anda coba.

1.  Kunyit


Cara pertama untuk mengobati keseleo pada lutut anda dapat menggunakan kunyit. Hal ini di sebabkan karena kunyit memiliki kandungan kurkumin yang memiliki anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri. Cara menggunakanya siapkanlah secangkir air serta masukkan 1 sendok jahe dan kunyit. Rebuslah paling tidak 5 menit sesudah itu saring dan tambahkanlah madu sebagai rasa manis. Minumlah 3 kali sehari untuk kesembuhan lutut.

2. Lemon


Selain kunyit yang bisa menjadi obat keseleo pada lutut, anda juga bisa menggunakan lemon untuk menyembuhkanya. Buah lemon merupakan salah satu buah yang memiliki banyak nutrisi sehingga dapat meenyehatkan tubuh dan kulit. Siapkanlah 1 buah lemon potonglah menjadi kecil, kemudian potongan tersebut  ikatkan pada kain bersih, selanjutnya masukkan ke dalam minyak wijen hangat. Kemudian pakailah dengan cara mengompreskan pada lutut yang keseleo sekitar 15 menit.

3. Cuka sari apel


Cuka sari apel dapat membantu anda di dalam menurunkan tekanan darah tinnggi dan gejala kolesterol. Selain itu, cuka sari apel bisa mengurangi rasa sakit pada lutut yang keseleo. Apabila lutut anda mengalami kesulitan untuk di gerakkan di sebabkan keseleo maka pergerakan anda dapat bertambah hasil portolongan cuka sari apel.

4. Jahe


Jahe memang mempunyai efek samping, namun anda juga harus mengetahui manfaatnya bahwa jahe dapat membantu dan dapat dijadikan obat lutut keseleo. Hal ini di sebabkan karena kandungan anti inflamasi yang terdapat pada jahe.

5. Minyak kelapa


Minyak kepala memiliki beberapa manfaat bagi manusia. Seperti orang keseleo lutut ringan atau parah, minyak kelapa merupakan salah satu obat mujarab yang mempunyai kemampuan untuk menjalankan peredaran darah pada sekitar lutut.

6. Kompres dingin


Anda bisa juga menggunakan kompres dingin untuk membantu lutut yang terkena keseleo. Hal ini sudah tak diragukan lagi bahwa kompres dingin dapat membantu anda ketika mengalami keseleo pada otot.

7. Bawang merah


Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang biasa dibuat masak oleh ibu-ibu. Ternyata bawang merah memiliki sifat anti inflamasi dan anda juga harus waspada bahwa rempah yang satu ini mempunyai efek yang tidak baik. Manfaat bawang merah dapat mengurangi rasa nyeri peradangan, pembengkakan, keseleo lutut dan beberapa rasa nyeri lainya.

8. Bawang putih


Bawang putih juga mempunyai efek samping seperti halnya bawang merah yang sama-sama bahan untuk di gunakan untuk memasak. Namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kandungan anti inflamasi yang terdapat pada bawang putih memiliki kemampuan untuk meredakan rasa sakit keseleo pada lutut.

9. Minyak zaitun


Minyak zaitun banyak di gunakan orang untuk mengobati segala penyakit sebab minyak tersebut memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Senyawa fenolik yang ada di dalam minyak zaitun, dapat menjadikan minyak tersebut super efektif di dalam menangani keseleo atau lutut mengalami infeksi.

10. Minyak jarak


Minyak jarak merupakan tanaman herbal  yang banyak di gunakan oleh orang terdahulu sebagai berbagai macam penyakit. Jarak adalah obat tradisional yang sangat baik untuk lutut anda ketika keseleo. Hal ini terjadi karena minyak jarak mempunyai sifat anti inflamasi. Selain sebagai obat lutut keseleo ternyata minyak jarak dapat menghilangkan tanda lahir secara alami.

Baca Juga : 19 Penyebab dan Gejala Rematik Kaki

Selain 10 obat untuk mengatasi keseleo pada lutut, ada juga 5 yang harus anda ketahui, berikut inilah obat  lutut keseleo:

11. Minyak mustar
12. Kubis
13. Lidah buaya
14. Garam
15. Asam dapur

Berbagai macam obat untuk mengatasi keseleo pada lutut dapat anda tangani secara cepat. Jika anda termasuk penderita keseleo pada lutut, maka anda dapat mencoba salah satu obat alami di atas. Tetaplah menjaga pola makan yang sehat agar anda terhindar dari berbagai macam penyakit apalagi bagian lutut dan tulang. Karena cedera lutut bisa saja terjadi pada kapan saja dan pada siapa saja, maka kita harus paham betul obat serta langkah perawatannya.

Loading...
Loading...