Langsung ke konten utama

15 Obat Herbal Biduran Alami Paling Ampuh

Biduran merupakan penyakit kulit yang dapat menyerang siapa saja baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Biduran biasanya di sebabkan oleh makanan yang di konsumsi selain itu juga karena kurang kebersihannya untuk menjaga kulit. Orang yang terkena biduran biasanya salah persepsi mengira dirinya terkena penyakit campak. Biduran daam dunia medis di sebut juga dengan urtikaria biduran dapat di atasi menggunakan obat herbal biduran.

Biduran dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit, jika di garuk akan membuat biduran bertambah parah. Memang biduran bukan termasuk penyakit yang meneyeramkan bagi masyarakat tetapi tetap saja biduran sangat menggangggu aktivitas kita. Jika anda mengalami biduran sebaiknya gunakan obat herbal biduran dulu untuk mengatasinya.

Obat Herbal Biduran, Biduran, Obat Herbal Alami Biduran

1. Temulawak


Jika anda ingin menggunakan temulawak sebagai obat tidak perlu di ragukan lagi khasiat dan kandungannya. Karena pada zaman dahulu temulawak sering di gunakan sebagai obat dan di percaya sangat manjur terutama sebagai peningkat nafsu makan anak-anak. Manfaat lain dari rempah ini ternyata dapat mengatasi kulit yang biduran, caranya siapkan 15 gram temulawak, 1 batang asam jawa dan gula aren seperlunya. Cuci semua bahan untuk di rebus dengan takaran 400 ml air mineral kemudian setelah di rasa cukup saringlah air ramuwan tersebut untuk di minum sebagai obat.

2. Kelor


Siapa yang tidak tahu kelor satu ini, sekarang sering kali orang mengonsumsi kelor sebagai sayur dengan alasan sebagai obat mengatasi kanker. Bukan hanya daunnya yang dapat di jadikan obat tetapi batang kelor juga di percaya dapat mengatasi biduran.

Pertama-tama siapkan batang dan daun kelor secukupnya, 1 siung bawang merah dan 2 gram pulosari. Kemudian rebus semua bahan dengan air mineral sebanya tiga gelas dan jangan lupa untuk mencuci dahulu. Setelah di rebus air rebusan tersebut anda saring untuk diminum sebagai obat herbal peneymbuh biduran.

3. Kunyit


Bukan hanya temulawak yang dapat di jadikan sebagai obat, kunyit juga tidak mau kalah dalam hal untuk mengobati penyakit. Tentunya herbal satu ini tidak sulit di temukan di Negara kita dengan kata lain kita sanag beruntung memilki tanaman seribu manfaat ini. Jika ingin meramu kunyit untuk di jadikan obat biduran anda harus menyiapkan 200 gram kunyit, 100 gram sambiloto, 30 gram daun kelor, 1 sdm adas dan 3 siung bawang merah.

Cara meramunya juga tidaklah sulit, cucilah semua bahan dengan bersih untuk di tumbuk, kemudian rebuslah tumbukan tersebut dengan 600 cc air, tunggu hingga mendidih kemudian saring ampasnya. Air rebusan tersebut dapat langsung diminum, untuk lebih baiknya anda konsumsi 3x sehari.

4. Daun Jombang


Tanaman ini sejenis rumput liar yang sering kali tumbuh di pinggiran jalan dan sungai. Bagi anda yang belum mengatahui kini saya memberikan sedikit ciri-ciri tanaman jombang tersebut. Memiliki bunga seperti bunga matahari tetapi ukurannya lebih kecil, daun dan tengakainya memilki lapisan bulu halus. Daun jombang dapat dimanfaatkan sebgai obat akibat biduran.

Caranya, cuci daun secukupnya untuk direbus dengan air dengan takaran 400 cctunggu hingga mendidh kira-kira air tinggal setengahnya. Kemudian saring air rebusan tersebut untuk diminum.

5. Minyak Zaitun


Minyak zaitun biasa di jadikan untuk ramuan kecantikan kulit terutama untuk mengatasi bibir kering. Selain di gunakan sebagai kecantikan minyak zaitun juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya sebagai obat luar mengatasi biduran di kulit, caranya tuangkan minyak zaitun secukupnya dan tambahkan beberapa tets minyak kayu putih campurkan lalu oleskan pad kulit yang gatal-gatal.

6. Jahe


Jahe sering kali di gunakan untuk mengatasi masuk angin dan kembung, selain itu jahe juga dapat mengatasi gatal-gatal karena biduran. Terutama jahe emprit yang sangat efektif sekali untuk mengatasi biduran karena jahe meilki banyak kandungan senyawa dan mineral.

Jika anda ingin memanfaatkan jahe sebagai obat herbal biduran, sanagat mudah meramunya. Tumbuk beberpa jahe samapi halus kemudian rebus dengan air sebanyak 3 gelas  tambahkan 100 cc cuka yang terbuat dari beras hitam. Setelah di rebus kira-kira samapi air tinggal setengahnya seduh pada cangkir dan tunggu sedikit dingin.

7. Leunca


Banyak sekali orang-orang yang belum mendengar tumbuhan ini, tumbuhan leunca berasal dari terung-terungan yang buahnya sangat di percaya untuk menjaga kesehatan badan. Leunca dapat di gunakan untuk mengatasi penyakit kulit akibat biduran, caranya cuci tanaman leunca yang telah di buang akarnya kemudian tumbukan pada area kulit yang biduran.

8. Daun Sirih


Rata-rata semua tanaman yang tumbuh di Indonesia memilki berbagai macam manfaat yang dapat di jadikan obat. Salah satunya tanaman sirih, daun sirih biasa di manfaatkan orang-orang untuk nginang agar memperkuat gigi. Selain memperkuat gigi daun sirih juga dapat mengobati biduran.

Caranya, siapkan daun sirih dan daun ketepeng masing 20 lembar dan cuci bersih semuanya, rebus dengan air sebanyak 4 gelas tunggu mendidih/ sampai air tersisa setengahnya. Air didihan tersebut dapat anda minum baiknya 2x sehari untuk mengatsi bidur.

9. Air Hangat


Sebagian irang yang mengalami gatal-gatal dapat di atasi dengan menggunakan air hangat. Bukan hanaya dapat mengatasi gatal-gatalnya saja tetapi airhangat juga dapat mengecilkan ataupun menghilangkan bentol-bentol akibat bidur. Caranya, cukup anda berendam selama bebrapa menit pada air hangat maka gatal-gatal sedikit demi sedikit akan berkurang dan juga dapat mengatasi pegal-pegal.

10. Lidah Buaya


Sama halnya dengan rempah-rempah dapur yang telah kita bahas tadi, lidah buaya juga sering kali di gunakan untuk berbagai macam pengobatan. Untuk mengatasi biduran anda dapat memanfaatkan lender/gel, karena kandungan antiseptic yang dimilikinya di percaya mengatsi rasa gatal dan nyeri akibat bidur.

Baca Juga 19 Gejala dan Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Jika anda mengalami biduran jangan coba untuk menggaruk karena selain dapat menjadikan kita ketagihan juga menyebabkan lecet di kulit. Anda dapat menggunakan beberapa obat herbal biduran lainnya untuk mengatasinya

5 Obat Herbal Biduran Lainnya:


11. Air Jeruk Lemon
12. Daun Ketepeng
13. Daun Salam
14. Daun Srigunggu
15. Daun Sambiloto

Diatas itu merupakan obat herbal biduran yang dapat anda coba sendiri di rumah. Dengan menggunakan obat herbal di percaya dapat mempercepat untuk mengatasi gatal-gatal dan nyeri yang di akibatkan oleh bidur. Seain itu dengan menggunaan cara alami dapat menghemat keuangan.