Langsung ke konten utama

22 Jenis Obat Bengkak dan Memar yang Baik untuk Tubuh

Pembengkakan pada tubuh akibat benturan atau luka biasanya terjadi pada area kaki. Kaki bengkak sering sekali terjadi akibat adema. Dasarnya adalah ketika cairan yang menumpuk pada jaringan mengarah pada kaki. Adapun adema ini dapat terjadi pada seseorang dengan beberapa faktor. Biasanya seseorang yang memiliki berat badan berlebih, keadaan berdiri atau duduk yang lama, bertambahnya usia, kehamilan bagi ibu-ibu, kurangnya latihan fisik seperti berjalan dan sirkulasi darah yang buruk.

Penyakit yang bisa membawa pembengkakan ini juga cukup serius. Orng yang memiliki masalah ginjal, Jantung dan penyakit hati biasanya mengalami pembengkakkan pada kaki. Kendala ini akan berakibat pada rasa nyeri saat berjalan bahkan sulit untuk berdiri.

22 Jenis Obat Bengkak dan Memar yang Baik untuk Tubuh

Jangan khawatir akan hal tersebut, ada beberapa obat yang cukup efektif mengurangi pembengkakan. Berikut ulasannya

1. Kompres dengan Air dingin dan hangat


Air yang biasa kita temui memiliki manfaat yang cukup banyak sebagai obat. Selain menghilangkan rasa haus agar terhindar dari dehidrasi, Air ini memiliki fungsi lain sebagai pereda kaki bengkak. Kombinasi dari 2 air ini memiliki fungsi tersendiri, dimana air dingin membantu mengurangi pembengkakan sekaligus peradangan. Sedangkan air hangat dapat membantu sirkulasi darah. Teknik kedua bahan ini sering disebut sebagai Hidroterapi kontras.

2. Pijat dengan jahe


Kegunaan jahe sebagai bahan alami membantu mengatasi pembengkakan. Jahe ini memiliki sifat diuretik alami yang bisa mengatasi hal tersebut. Selain sebagai obat alami yang memiliki sifat diuretik, jahe juga berfungsi mengencerkan natrium. sehingga sifat anti-inflamasinya membentu mengurangi pembengkakan. Cara yang bisa digunakan hanya memijak bagaian yang bengkak dengan minyak jahe beberapa hari sekali.

3. Atasi dengan Lemon


Buah Lemon dengan antioksidannya mampu mengeluarkan zat racun dalam tubuh. Selain itu, lemon juga memiliki sifat anti-inflamasi sehingga mampu menjaga tubuh dan saluran darah. Caranya hanya campurkan 2 sendok makan perasan lemon, kemudian tambahkan pemansi berupa madu. Minumlah beberapa kali dalam sehari maksimal 3x.

4. Menggunakan Cuka sari apel


Kandungan Kalium yang tinggi pada sari cuka membantu mengurangi retensi cairan yang menjadi penyebab umum pembengkakan. Caranya cukup campurkan air hangat dan cuka sari apel dengan air hangat. Rendam kain atau handuk pada larutan tersebut kemudian peras.

Tempelkan handuk tersebut pada area yang mengalami pembengkakan. Lakukan paling tidak 10 menit untuk mengkompres. Cara lainya meminum sari cuka apel sebanyak 2 sendok makan dan tambahkan madu. Pengobatan luar dalam akan mempercepat penyembuhan pembengkakan.

5. Biji Ketumbar


Pemanfaatan biji ketumbar sudah lama dilakukan sebagai obat pembengkakan atau memar. Sifat membantu meningkatkan sirkulasi darah dapat menghilangan pembengkakan. Anda bisa melakukannya dengan merebus 2-3 sendok makan ketumbar halus, dan rebus dengan segelas air. Tunggu sampai menyusut hingga setengahnya. Diamkan sampai dingin dan minumlah 2 kali dalam sehari.

6. Minum Banyak Air putih


Air putih memang sebagai obat mujarab sejak dahulu. Apabia Anda mengalami pembengkakan, perbanyaklah air minum karena air putih juga membantu detoksidfikasi.

7. Garam Epsom


Cukup asing bagi beberapa kalangan orang menganai garam epsom ini. Garam ini memiliki sifat membantu meningkatkan sirkulasi dan menyembuhkan pembengkakan. Garam epsom juga dapat menenangkan rasa sakit, otot lelah bahkan membantu menetralisir bau kaki. Caranya hanya dengan merendam luka bengkak dengan campuran garam dan air. Diamkan sampai 15 menit dan lakukan setidaknya seminggu 3 kali.

8. Konsumsi mentimun


Kandungan air yang banyak dapat membantu Anda dalam mengatasi pembengkakan. Mengkonsumsi mentimun dapat mengempiskan pembengkakan, tetapi jaga jangan sampai terlalu banyak apalagi Anda penderita darah rendah.

9. Bawang Putih


Bumbu dapur ini memang memiliki kaya akan nutrisi. Selain sebagi penyedap dalam setiap masakan, bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengatasi kaki bengkak dan memar.

10. Kunyit


Pemanfaatan kunyi sebagai bumbu dan obat memang tidak bisa dipisahkan. Tumbuhan ini menghasilkan beberapa manfaat kesehatan dan sebagai bumbu masakan. Sama halnya kunyit juga memiliki sifat anti- inflamasi sebagai pereda kaki bengkak hanya dengan cara mengkompres pada area pembengkakan.

Baca Juga: 16 Efek Buruk Pil KB yang Berbahaya untuk Kesehatan Tubuh

Perlu diketahui, obat alami diatas perlu ditambahkan dengan berbagai aktifitas untuk membantu meyembuhkan kaki bengkak atau pembengkakan lainya. Cara mudah diantaranya :

Obat Bengkak dan Memar Lainnya


11. Perbanyak Olahraga
12. Hindari Duduk terlalu lama
13. Makan makanan bernilai gizi dan kaya kalsium
14. Lakukan pemijatan pada ahli fisioterapi
15. Konsumsi makanan kaya magnesium seperti kacang kacangan dan biji bijian
16. Konsumsi Buah Buahan secara teratur
17. Usahakan Berjalan setidaknya sehari 2 Km
18. Istirahatlah sejenak ketika Anda sudah lama duduk
19. Gunakan kaus kaki berkompresi saat berpergian jauh
20. Batasi asupan garam
21. Kurangi rokok dan konsumsi kopi
22. Angkatlah kaki jika mulai sakit setinggi jantung

Semoga bermanfaat dan menjadi alternatif pemanfaatan obat sekitar Anda. Jangan sampai salah menangani permasalah pembengkakan kaki yang Anda alami atau akibatnya bisa fatal. Salam sehat.