Langsung ke konten utama

21 Jenis Obat BAB Berdarah karena Wasir untuk Tubuh

Buang Air Besar (BAB) sangat diperlukan bagi manusia untuk membuang sisa makanan yang tidak dibutuhkan tubuh. Akan menjadi masalah besar apabila sistem eksresi tersebut mengalami gangguan. BAB tidak lancarpun membuat perasaan Anda menjadi susah dan tidak tenang, Apalagi BAB disertai dengan Darah. Tentu jika Anda mengalaminya akan timbul perasaan panik.

Indikasi BAB berdarah bisa saja terjadi akibat pencernaan yang terganggu dan resiko wasir. Pemeriksaan secra dini dapat Anda lakukan jika itu diperlukan. Tetapi ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya Anda.

21 Jenis Obat BAB Berdarah karena Wasir untuk Tubuh

Beberapa alternatif pengobatan efektif menanggulangi BAB berdarah ada dibawah ini, diantaranya :

1. Es Batu


Bahan sangat sederhana ini dapat membantu Anda dalam mengatasi BAB Berdarah. Karakter dingin pada setiap es dapat dijadikan alternatif anti inflamasi ketika Anda mengalami kendala tersebut. Caranya hanya dengan mengambil beberapa bongkah es batu, kemudian balut dengan kain bersih dan tempelkan pada bagian anus Anda. Penggunaan es ini dilakukan untuk menghentikan pembengkakan pada pembuluh darah. Cara ini sangat efektif sebagai pereda sakit yang dialami penderita BAB berdarah untuk merasa lega dan nyaman.

2. Kunyit


Kunyit merupakan bahan alami lain yang dipergunakan sebagai obat herbal termasuk dalam mengatasi BAB berdarah ini. Kandungan kurkumin pada kunyit mampu membasmi bakteri penyebab infeksi. Aplikasikan kunyit yang sudah dibuat serbuk dan campurkan sedikit air sehingga menjadi pasta. Oleskan pada anal Anda, tunggu kering dan bilas dengan air bersih. Gunakan cara ini sesering mungkin, maka BAB Berdarah Anda akan teratasi secara maksimal.

3. Cuka Putih


BAB berdarah yang terindikasi oleh adanya wasir dapat Anda obati dengan penggunaan cuka putih ini. Kandungan astrigent dalam cuka, membantu supaya wasir bisa mengecil. Jika ingin hasil maksimal, tentu dilakukan dengan rutin tanpa henti sampai wasir Anda benar benar sembuh. Caranya sederhana, hanya menyelupkan Cotton Buds ke dalam cuka kemudia Anda oleskan pada wasir di anus Anda.

4. Kentang


Kentang merupakan bahan makanan sumber karbohidrat tinggi yang bisa Anda gunakan sebagai obat BAB berdarah Anda. Kekuatan dari kentang ini dapat mengurai dan mengurangi banyaknya cairan berlebih pada pencernaan Anda. Selain itu, Kentang juga memiliki sifat penyembuh alami untuk mengentikan pendarahan pada BAB Anda. Usahakan jangan mengkonsumsi kentang goreng, cukup merebusnya saja.

5. Air putih


Air Putih merupakan obat paling sederhana yang bisa mengobati kendala BAB Berdarah Anda. Akibat dari kurangnya konsumsi air putih, dapat memicu gangguan pencernaan Anda. Pastikan kebutuhan 8 gelas per hari dalam mengkonsumsi air minum sebagai kebutuhan minimal harian Anda.

6. Buah manggis


Manggis kini menjadi trend buah yang kaya manfaat. Menggunakan jus manggis sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit akibat pendarahan BAB Anda dapat dilakukan. Khasiat buah ini sudah teruji dan manfaatnya bisa langsung Anda rasakan.

7. Cuka apel


Cuka sari Apel merupakan alternatif pengobatan selain cuka putih. Jika pemanfaatan cuka putih masih membuat Anda mengalami resiko BAB berdarah, Maka Anda gunakan cuka sari apel ini sebagai alternatif tambahan. Anda bisa menjadikannya sebagai Obat Oles di area anus Anda

8. Bawang putih


Bawang putih adalah bumbu dapur yang kaya manfaat. Bawang putih ini dapat menjadi obat BAB berdarah Anda jika Anda mampu menahan sensasi panas yang ditimbulkannya. Akan tetapi, efek dari bawang putih ini sebagai obat alami sangat efektif. Kandungan zat didalam bawang putih yang bersifat anti inflamasi dapat menyembuhkan pendarahan yang Anda alami di area anus. Cukup dengan mengambil beberapa siung bawang putih, Anda haluskan dan oleskan pada area tersebut.

9. Aloe Vera


Lidah buaya sering dipakai intuk mengobaati permasalahan rambut, tetapi khasiatnya tidak sampai situ saja. ternyata liduah buaya mampu dijadikan obat Andalan BAB berdarah akibat wasir. Sensasi yang menyegarkan pada kulit akan menenangkan luka dan sensasi terbakar pada penderita wasir.

10. Garam Epsom


Garam ini merupakan mineral alami yang terkandung dalam air. Gunakan garam ini sebagai obat hanya dengan 15 menit saja. campurkan secangkir garam ini kedalam bak mandi (ember) lalu duduklah selama 15 menit saja. BAB berdarah akan langsung berkurang dan sembuh.

Baca Juga: 24 Bahaya Pemakaian Zat Psikotropika untuk Tubuh, Psikis, dan Sosial

Beberapa alternatif obat lainya dalam mengatasi BAB Berdarah dapat Anda temukan dari beberapa dibawah ini, diantaranya :

Obat BAB Berdarah karena Wasir Lainnya


11. Witch hazel
12. Minyak dan Teh Kamomil
13. Green Tea
14. Kantong Teh
15. Tanaman calendula
16. Jahe
17. Lemon
18. Minyak Vitamen E
19. Biji Jintan Hitam
20. Serat
21. Buah Mangga

Alternatif obat diatas mampu menyembuhkan penyakit BAB berdarah Anda. Jangan sampai Anda salah mengatasi permasalahan BAB Anda, demi terjaganya sistem pencernaan Anda.