Langsung ke konten utama

19 Obat Anyang-Anyangan Paling Efektif untuk Kesehatan Tubuh

Beragam jenis obat anyang-anyangan yang ada di pasaran belum tentu mampu menyembuhkan penyakit ini dengan segera. Anyang-anyangan merupakan suatu penyakit yang menyerang saluran buang air kecil di tubuh Anda. Kondisi ini lebih sering menyerang wanita karena saluran pembuangan air kecilnya lebih pendek dari pria sehingga lebih mudah untuk terkena bakteri penyakit.

Penyebab anyang-anyangan sendiri ada beberapa macam. Mulai dari rasa ingin buang air kecil yang sering ditahan, tidak bersih membersihkan organ intim, sampai dengan menggunakan pakaian dalam yang cenderung lembab. Jika Anda tidak ingin terserang penyakit ini, sebaiknya Anda menghindari hal-hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

19 Obat Anyang-Anyangan Paling Efektif untuk Kesehatan Tubuh

Kembali ke pembahasan tentang obat anyang-anyangan. Selain menerapkan hidup yang bersih, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa obat untuk mengatasi penyakit yang mengganggu ini. Berikut ini beberapa jenis obat paling efektif dalam menyingkirkan anyang-anyangan.

1. Buah sirsak


Jenis buah sehat yang mampu mengatasi penyakit anyang-anyangan yaitu buah sirsak. Buah ini mengandung cukup banyak air dan serat yang baik untuk pencernaan Anda. Kandungan nutrisinya juga terbukti ampuh untuk mengatasi bakteri penyebab anyang-anyangan.

2. Jeruk nipis


Salah satu jenis jeruk yang juga dapat mengatasi penyakit anyang-anyangan Anda adalah jeruk nipis. Rasa jeruk ini mungkin kecut namun khasiatnya sangat baik untuk saluran pencernaan dan saluran buang air kecil Anda. Anda bisa mengonsumsi jeruk nipis dengan cara memerasnya dan menambahkan sedikit gula.

3. Daun kumis kucing


Daun kumis kucing sudah dikenal oleh banyak orang tentang khasiatnya yang sangat baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya anyang-anyangan. Caranya yaitu dengan merebus daun ini kemudian mengonsumsi air rebusannya dengan teratur.

4. Air putih


Jangan pernah meninggalkan konsumsi air putih ketika Anda merasakan gejala anyang-anyangan. Pastikan Anda mengonsumsi air putih lebih banyak terlebih dahulu kemudian menahan rasa ingin buang air kecil. Beberapa jam kemudian ketika Anda buang air kecil, bakteri penyebab anyang-anyangan akan keluar bersamaan dengan air kencing Anda.

5. Jus cranberry


Buah dari keluarga berry yang menyehatkan tubuh dan dapat mengatasi penyakit anyang-anyangan yaitu buah cranberry. Sebaiknya konsumsi buah ini dilakukan dengan cara dibuat jus agar bisa dengan mudah diserap oleh tubuh Anda.

6. Antibiotik


Anyang-anyangan merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Itulah mengapa konsumsi antibiotik dapat membantu Anda untuk menyingkirkan bakteri tersebut. Tentunya Anda perlu mengunjungi dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan saran terkait konsumsi antibiotic.

7. Obat anti virus dan parasit


Bakteri yang menjadi penyebab anyang-anyangan bisa Anda singkirkan juga dengan mengonsumsi obat yang dibuat khusus untuk mengatasi virus dan parasit. Jenis obat yang satu ini memang terbukti ampuh untuk mengatasi anyang-anyangan.

8. Obat anti jamur


Anyang-anyangan juga bisa disebabkan oleh adanya jamur di saluran buang air kecil Anda. Jamur bisa berkembang biak dengan mudah disekitar daerah intim dan saluran buang air kecil karena memang cenderung lebih lembab.

9. Acetaminophen


Obat acetaminophen merupakan jenis obat anti nyeri yang dapat meredakan rasa nyeri ketika anyang-anyangan. Rasa nyeri dan sakit ketika anyang-anyangan memang bisa cukup parah, bahkan sampai membuat pinggang Anda terasa sakit.

10. Azo standard


Jenis obat anyang-anyangan lainnya yang dapat mengatasi rasa nyeri ketika Anda berkemih yaitu azo standard. Anda bisa menggunakan obat ini jika disertai dengan resep dokter karena jika konsumsinya tidak sesuai maka akan membuat tubuh Anda mengalami beberapa efek samping.

Baca Juga: 20 Obat Sakit Perut Medis dan Alami untuk Tubuh

Selain 10 jenis obat medis dan alami di atas, di bawagh ini ada pilihan obat lainnya untuk mengatasi sakit anyang-anyangan Anda, yaitu:



Obat Anyang-Anyangan Lainnya


11. Ikatan jempol kaki
12. Pijat refleksi
13. Oleskan balsam pada perut
14. Kompres perut dengan air hangat
15. Konsumsi obat dokter dengan rutin
16. Hindari paparan sinar matahari
17. Lakukan pola hidup sehat
18. Tempelkan koyo penghangat pada bagian bawah perut
19. Menggosok perut dengan tangan

Beberapa cara di atas merupakan cara mengatasi anyang-anyangan dengan mengonsumsi obat medis. Namun ada juga cara mengatasi penyakit yang terbilang cukup aneh untuk dilakukan. Walaupun begitu tidak ada salahnya Anda mencoba karena sebagian dari cara aneh tersebut memang terbukti berhasil.