Langsung ke konten utama

9 Obat Alami Telinga Berdengung tanpa Efek Samping

Sebelumnya kita sudah membahas tentang beberapa penyebab dari telinga yang berdengung. Telinga berdengung memang tidak bisa dianggap remeh karena indera pendengaran yang satu ini merupakan indera penting di tubuh kita. Jangan sampai kita mengalami penyakit yang serius dan menyebabkan kita tidak bisa mendengar dengan baik.

Jika Anda mengalami telinga berdengung yang sangat menyiksa, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami yang dapat dengan mudah Anda temukan untuk mengatasinya. Bahan alami ini bisa menjadi alternative obat yang ampuh tanpa efek samping sebelum Anda mengunjungi dokter. Hal ini pantas dicoba jika Anda ingin mencegah konsumsi obat-obatan kimia.

9 Obat Alami Telinga Berdengung tanpa Efek Samping

Lalu apa saja sih obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi telinga yang berdengung? Berikut ini ulasannya.

Obat Alami Telinga Berdengung


1. Bawang Putih


Bawang putih banyak sekali kegunaannya, tidak hanya menjadi salah satu bumbu dapur saja. Jenis bawang yang satu ini ternyata bisa mengatasi telinga yang berdengung. Caranya yaitu dengan menghaluskan bawang ini sampai Anda mendapatkan minyaknya. Gunakanlah minyak tersebut sebagai obat tetes telinga.

2. Daun sambiloto


Jenis daun yang satu ini sudah terbukti bisa menjadi obat sehat yang mampu mengatasi telinga berdengung. Daun sambiloto perlu Anda haluskan bersamaan dengan daun miana, dan juga lengkuas merah kemudian ambil sarinya untuk dijadikan obat tetes telinga Anda yang berdengung.

3. Minyak zaitun


Minyak zaitun tidak hanya terkenal sebagai salah satu minyak yang alami untuk kecantikan saja, namun juga mempunyai manfaat lebih untuk telinga yang berdengung. Caranya dengan mencampurkannya dengan sari bunga mullein. Simpan campuran ini dalam waktu semalam dan teteskan pada telinga dengan rutin.

4. Daun dewa


Daun dewa tidak kalah berkhasiatnya dari daun lainnya yang sudah Anda sering gunakan. Manfaat daun yang satu ini juga bisa mengobati telinga yang berdengung. Rebuslah daun dewa yang kering bersama dengan daun pegagan. Minum air rebusannya dengan teratur setiap hari sampai telinga Anda sembuh.

5. Daun cakar ayam


Bentuk daun yang mirip dengan cakar ayam tidak hanya unik, namun juga mampu membantu Anda untuk mengatasi telinga yang berdengung. Anda perlu merebus daun unik ini dan mengonsumsi air rebusannya dengan rutin.

6. Buah murbei


Murbei merupakan salah satu buah sehat yang juga dapat memberikan Anda manfaat dalam mengobati telinga yang berdengung. Anda bisa mengonsumsi buah ini dengan buah lainnya dengan rutin setiap harinya. Akan lebih baik jika Anda mengolahnya dengan cara dijus.

7. Daun tempuyung


Satu lagi daun hebat alami yang bisa membantu Anda menghilangkan dengung di telinga, yaitu daun tempuyung. Daun ini merupakan daun yang banyak manfaatnya dalam mengatasi penyakit, termasuk mengatasi penyakit yang ada di telinga Anda.

8. Kembang Sore


Tanaman kembang sore mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan telinga Anda. Hampir semua bagian tanaman ini bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan telinga yang berdengung. Bahkan beberapa bagian tanamannya pun bisa mengatasi penyakit demam, bisul, TBC, dan masih banyak lagi.

9. Manggis


Sama seperti buah murbei, Anda juga bisa mengolah manggis dengan cara dijus. Konsumsi buah manggis yang teratur akan mencegah Anda dari beberapa penyakit. Anda bisa mencampur manggis dengan murbei sekaligus jika ingin menyembuhkan telinga yang berdengung.

Baca Juga: 10 Penyebab Telinga Berdengung yang Menyerang Tubuh

Keampuhan beberapa obat telinga berdengung di atas bisa berbeda tergantung penyebab awal dari rasa berdengung yang Anda rasakan saat ini. Jika obat alami di atas dirasa kurang dan tidak bisa menyembuhkan telinga Anda yang berdengung, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Jangan sampai Anda didiagnosa mengalami kerusakan telinga yang parah, maka perlu dicegah sejak dini.