Langsung ke konten utama

19 Obat Alami Suara Hilang yang Efektif untuk Kesehatan

Rutinitas padat dan pekerjaan berhubungan dengan berbicara akan berakibat pada hilangnya suara. Terlebih bagi Anda yang bekerja sebagai penyanyi, guru atau promotor pasti sangat mengganggu aktivitas Anda. Hilangnya suara ini akibat pita suara yang bekerja terlalu berat dan kurang istirahat.

Ada beberapa cara mudah dan alami sebagai upaya Anda mengatasi permasalahan hilangnya suara ini. Simak dan perhatikan beberapa alternatif obat alami dibawah ini yang sudah efektif mampu mengurangi permasalahan tersebut :

19 Obat Alami Suara Hilang yang Efektif untuk Kesehatan

1. Madu


Madu adalah alternatif pertama dan menjadi sangat populer untuk menjaga dan memperbaiki kualitas tubuh Anda. Madu ini juga memiliki fungsi untuk obat permasalahan hilangnya suara Anda. Cukup dengan mengkonsumsi madu sehari 4 kali saat Anda mengalami gangguan ini niscaya suara Anda akan kembali normal. Usahakan keaslian madunya karena hal tersebut sangat berpengaruh. Madu asli mampu meringankan infeksi dan bersifat antibakteri. Selain itu, khasiat madu juga mampu menghilangkan penyumbatan akibat kelebihan lendir pada tenggorokan Anda.

2. Air putih


Air putih juga dapat dijadikan alternatif obat penghilang rasa sakit dan suara hilang yang sedang Anda alami. Kebiasaan kurangnya mengkonsumsi air minum ini sering dilakukan. Teraturlah dalam mengkonsumsi air putih dapat menghindarkan Anda terkena berbagai penyakit termasuk suara hilang. Jika Anda mengalami gangguan tersebut, Gunakan air putih hangat dan konsumsi sedikit banyak dari basanya.

3. Kayu manis


Kayu manis merupakan alternatif selanjutnya sebagai obat penghilang suara hilang. Khasiat kayu manis juga menyerupai madu. Sifat anti bakteri, anti inflamasi dan antiseptic mampu menyembuhan radang tenggorokan Anda yang mengakibatkan suara hilang. Cukup sedu satu sendok teh bubuk kayu manis dan didihkan segelas air. Minum ramuan ini secara berkala saat suara Anda hilang.

4. Jahe


Jahe yang  kaya manfaat juga bermanfaat untuk menghilangkan gangguan suara Anda. Jahe sebagai rempah tradisional ini memiliki sifat anti mikroba. Gunakan jahe ini dalam minuman Anda. Badan akan terasa hangat dan gangguan suara Anda akan mereda dengan sendirinya.

5. Air lemon


Perasan lemon juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk gangguan suara. Seperti yang sudah dilakukan oleh pecinta kebudayaan yaitu sinden sering menggunakan lemon untuk menjaga suara emasnya. Jika Anda mengalami serak dan suara hilang cukup peras saja lemon ke dalam satu sendok makan lalu minum. Kandungan vitamin C tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda dari gangguan bakteri yang mengganggu tenggorokan dan pita suara Anda.

6. Jus mangga


Jus mangga sangat menyegarkan dan kaya manfaat untuk meredakan penyakit tenggorokan dan hilangnya suara. Jus buah ini dapat dijadikan sebagai alternatif sementara gejala kehilangan suara Anda. Usahakan jangan tambahkan es batu dan gula agar Anda terhindar dari serak yang lebih parah.

7. Minyak kayu putih


Minyak kayu putih yang masih orisinal dari penyulingan juga mampu menghilangkan rasa sakit tenggorokan. Anda dapat meminumnya sedikit saya sepucuk sendok makan sudah cukup mengurangi rasa sakit di tenggorokan Anda. Suara serak juga akan hilang dengan obat ini. Kalau tidak tahan dengan rasanya yang hambar, Anda dapat mengoleskannya pada area leher Anda.

8. Air garam


Kumur dengan air garam juga dapat mengurangi gangguan suara. Perhatikan jangan sampai Anda menelan air garam ini kedalam tubuh Anda, karena justru akan memperparah keadaan. Cukup dilakukan dengan berkumur kumur saja selama 1 menit dan lakukan setiap  pagi dan sore. Hentikan penggunaan setelah Anda merasa baikan.

9. Daun mint


Daun mint juga bermanfaat sebagai obat penghilang suara. Cukup dengan mencampurkan 5 helai daun mint setelah Anda cuci bersih pada minuman Anda. Remas terlebih dahulu lalu minum. Tenggorokan akan terasa lega dan suara Anda akan kembali normal seketika.

10. Bawang putih


Selain sebagai bumbu dapur, ternyata memiliki kasiat untuk meredakan tenggorokan. anti inflamasi pada bawang ini secara efektif dapat membantu membunuh bakteri. Cuku Anda iris 5 buah bawang dan rebus kedalam 5 gelas air. Tunggu hingga menjadi 3 gelas dan minumlah 3 kali sehari.

Baca Juga: 3 Jenis Bahan Pengawet Makanan yang Dilarang untuk Digunakan

Beberapa alternatif obat alami untuk suara hilang dapat dilakukan dengan beberapa bahan dibawah ini, diantaranya:


Obat Alami Suara Hilang Lainnya


11. Jus Buah Kombinasi
12. Akar licorice
13. Obat pelega tenggorokan
14. Teh Hijau
15. Kunyit
16. Kismis
17. Lidah Buaya
18. Konsumsi Sayuran
19. Marsmeloow

Tanpa Anda sadari bahwa kesemua bahan obat tersebut ada disekitar Anda. Jangan biarkan hilangnya suara Anda menjadi kendala dalam bekerja. Segera tangani dengan berbagai bahan diatas karena sudah terbukti khasiatnya.