Langsung ke konten utama

17 Obat Alami Pilek dan Batuk untuk Dewasa serta Anak-Anak

Siapa yang tidak pernah terserang batuk dan pilek? Pasti hampir semua dari kita pernah atau bahkan sering terserang batuk dan pilek. Dua penyakit ini berkaitan karena menyerang saluran pernapasan yang tersambung. Anak-anak merupakan sasaran utama batuk dan pilek yang disebabkan oleh virus karena daya tahan tubuh anak-anak masih lemah atau belum sekuat orang dewasa.

Selain mengonsumsi obat-obatan medis, batuk dan pilek sangat mudah untuk diatasi dengan beberapa obat alami atau tradisional. Mengapa perlu mencoba obat tradisional atau alami? Pertama, obat ini murah dan mudah untuk didapatkan. Yang kedua, tentu saja Anda tidak akan menerima efek samping berbahaya yang sering ditemukan dari konsumsi obat medis.

17 Obat Alami Pilek dan Batuk untuk Dewasa serta Anak-Anak

Berikut ini beberapa jenis obat alami yang efektif untuk mengatasi batuk dan pilek anak-anak dan juga dewasa. Yuk kita simak.

1. Mandi air hangat


Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan air hangat saat mandi. Selain merontokkan kulit mati, Anda yang sedang terserang pilek dan batuk bisa lebih segar dan mengatasinya dengan alami.

2. Minum air hangat


Anda juga disarankan untuk mengonsumsi air putih yang hangat. Memperbanyak minum air putih tidak hanya akan meringankan batuk dan pilek Anda, tapi juga membuat tubuh Anda terhindari dari gejala meriang.

3. Banyak minum air putih


Air putih yang dikonsumsi cukup setiap harinya akan membuat Anda mempunyai tubuh yang bisa lebih banyak melawan virus pilek dan batuk. Hal ini juga akan mencegah Anda dari dehidrasi sehingga tubuh tidak akan kekurangan cairan.

4. Konsumsi sayur


Jangan lupa perbanyak makan sayur. Sayur hijau mempunyai banyak kandungan nutrisi alami untuk tubuh Anda. Jika tubuh Anda mempunyai kesehatan yang kuat, batuk dan pilek pun bisa dicegah dan sembuh dengan lebih mudah.

5. Makan buah


Selain sayur, tentu saja Anda juga perlu mengonsumsi buah. Kandungan vitamin yang alami dalam buah dapat membantu Anda untuk menjaga imun tubuh dan menguatkan tubuh dari serangan virus, terutama pilek dan batuk.

6. Istirahat total


Gejala batuk dan pilek sebaiknya tidak disembuhkan dengan setengah-tengah. Anda perlu beristirahat total. Perbanyak makan makanan yang bergizi dan tidur yang cukup. Dijamin pilek dan batuk Anda bisa sembuh tanpa obat.

7. Aroma bawang


Bawang yang mempunyai aroma hangat khas bisa dijadikan sebagai media alami untuk menyembuhkan pilek dan batu. Kandungan anti bakteri dalam bawang juga bagus untuk kesehatan tubuh Anda dari serangan penyakit.

8. Terapi uap


Saat ini sudah banyak berbagai pengobatan alami yang tidak kalah hebatnya dari pengobatan medis, salah satunya adalah terapi uap. Terapi ini menggunakan sejenis uap yang berasal dari rempah-rempah alami dan biasanya perlu Anda hirup ketika pilek dan batuk menyerang.

9. Kumur dengan air garam


Air garam mempunyai sifat membersihkan, termasuk membersihkan kuman dan virus. Batuk dan pilek yang masuk ke bagian tenggorokan bisa diatasi dengan berkumur menggunakan air garam. Manfaatnya juga sangat bagus untuk menyehatkan mulut Anda.

10. Aroma mint atau menthol


Berbagai macam permen yang mengandung mint dan menthol bisa Anda gunakan untuk mengatasi pilek dan batuk. Kedua aroma segar ini bisa membuat hidung Anda terasa lega sehingga pilek dan batuk pun ikut berkurang.

Baca Juga: 9 Obat Alami Telinga Berdengung tanpa Efek Samping

Selain beberapa obat alami di atas, masih banyak beberapa jenis obat alami lainnya yang ampuh mengatasi batuk dan pilek, yaitu:

Obat Alami Pilek dan Batuk Lainnya


11. Makan pedas
12. Konsumsi madu dan jahe
13. Konsumsi rempah hangat
14. Air jeruk nipis hangat
15. Jus buah
16. Gunakan bantal yang tinggi
17. Permen jahe

Jika Anda tidak ingin mudah terserang batuk dan pilek kembali, Anda perlu memperbaiki aktivitas dan kebiasaan Anda setiap hari. Pastikan saja Anda tidak banyak bergadang dan minum air putih dengan cukup. Jika membutuhkan banyak vitamin untuk menjaga tubuh dari virus dan bakteri penyakit, konsumsi saja buah alami atau organic. Hal ini akan membuat tubuh Anda lebih sehat tanpa konsumsi obat.